Tehnik Pembelajaran Menyenangkan di dalam Kelas

Tehnik Pembelajaran Menyenangkan di dalam Kelas


Secara umum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dirancang untuk memberikan arahan, ilmu pengetahuan dan materi - materi pelajaran dari guru kepada siswa pada saat melaksanakan proses belajar mengajar di depan kelas.
Ilustrasi Kegiatan Belajar Mengajar di SD ( Sumber : republika.co.id )

Tugas guru dalam kegiatan belajar mengaj4r yaitu melakukan pengelolaan pembelajaran (mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian), serta menguasai kompetensi dalam kegiatan belajar mengajar dikelas. Hal ini ditujukan agar siswa dapat mencapai tujuan belajar secara maksimal.

Akan tetapi, ada kalanya seorang guru tidak mampu mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan tersebut sehingga mengakibatkan rendahnya gairah siswa dalam belajar. Dampak tersebut tentunya kurang baik, di antaranya siswa tidak dapat menguasai kompetensi atau tujuan pelajaran.

Dilansir dari laman Ruangguru.com, Berikut ada beberapa langkah yang dapat dilakukan agar seorang guru bisa membuat siswa senang belajar di kelas.

baca juga :
Inilah Payung Hukum Perlindungan Guru dalam Mendidik Siswa Sehingga Tidak Ada Lagi Guru yang di Penjara karena Mendidik Siswanya

1. Lingkungan yang menginspirasi


Lingkungan sangat berpengaruh besar terhadap perilaku individu, begitu juga dengan lingkungan kelas. Oleh karena itu, lingkungan kelas harus memiliki pengaruh positif terhadap siswa. Agar semangat belajar siswa tumbuh, maka lingkungan kelas sebaiknya dapat menginspirasi siswa untuk belajar.

Di Mulai dari cahaya, udara, warna, sarana, dan sebagainya. Jika ruangan kelas kurang cahaya dan udara, maka akan menyesakkan dada dan membuat mata lelah. Kemudian untuk penentuan warna, usahakan pilih yang cerah. Jangan lupa sertakan pajangan yang inspiratif. Tokoh-tokoh hebat, kalimat motivasi, hasil karya siswa, alat peraga, dan lain-lain.

2. Proses belajar yang efektif dan menyenangkan


Suasana hati siswa juga dipengaruhi dengan suasana belajar di kelas. Dengan demikian, jika proses belajar mengajar berjalan dengan menyenangkan, maka motivasi belajar siswa otomatis meningkat. Kelas jadi lebih interaktif karena keaktifan siswa. Dalam menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan, teknik penilaian pun harus disiapkan secara variatif. Ajukan pertanyaan pada siswa sesuai pada apa yang hendak diukur.

Supaya kreativitas dan orisinalitas bangkit, maka perlu di buat pertanyaan terbuka. Pertanyaan ini sifatnya membuat siswa merasa tertantang untuk mencapai sesuatu yang lebih, namun tetap dalam jangkauan. Jika pertanyaan monoton itu-itu saja, terlalu mudah, maka semangat siswa untuk memberikan usaha lebih tidak akan bangkit. Demikian sebaliknya, apabila terlalu sulit maka bisa juga mematikan usaha siswa. Untuk itu, Seorang Guru harus menjadi guru yang kreatif.

baca juga :
Tehnik Kreatif dalam mendidik Siswa Lewat Permainan Tradisional

3. Suasana kompetisi kelas yang menantang


Pada umumnya, setiap Orang akan merasa bangga jika memiliki sesuatu yang lebih dibanding orang lain. Sebut saja lebih pandai, lebih berhasil, lebih baik, dan masih banyak lagi. Begitu juga sebaliknya, orang akan merasa sedih jika dirinya berada di bawah orang lain. Misalnya, lebih bodoh, paling malas, selalu gagal, dan lainnya. Nah, dari sinilah setiap orang punya naluri untuk berkompetisi.

Sebagai seorang guru, kita perlu menyiapkan strategi agar kompetisi yang terjadi di kelas berjalan dengan baik. Aturlah agar kompetisi tetap bisa diikuti oleh seluruh siswa dan menghasilkan juara bergilir setiap waktu. Jadi tidak melulu siswa yang itu-itu saja yang menang. Biarkan setiap siswa memiliki kesempatan menjadi juara di bidangnya masing-masing.

4. Sumber belajar


Seringkali siswa malas belajar karena kurang memadainya sumber pembelajaran. Sumber belajar yang memadai haruslah mendukung kurikulum, berkaitan dengan pengembangan diri, serta pengembangan karir. Buku cetak yang terpercaya, audio, video, media ajar yang menarik sehingga siswa tidak jenuh dengan penyampaian materi yang monoton. Semakin beragam dan lengkap sumber yang tersedia di kelas, akan semakin besar kecenderungan siswa suka belajar.

model Pembelajaran menarik :
Metode Inovatif yang baik dicontoh dalam Mengajar Ala Dragon Zakura
Strategi Kreatif dalam Memacu Partisipasi Siswa di Kelas

5. Bantuan belajar yang siap siaga


Ketika siswa mengalami kesulitan belajar, mereka butuh bantuan dari yang lebih paham. Jika bantuan yang dibutuhkan tidak ada, maka akan timbul kecenderungan siswa malas melanjutkan belajar. Bantuan belajar di sini bisa berasal dari guru kelas, atau guru lain yang ditugaskan membantu siswa. Jadi, dengan disediakannya bantuan belajar bagi siswa di kelas, maka mereka akan lebih suka belajar.

sumber gambar : republika.co.id
sumber artikel : blog.Ruangguru.com

Supaya kreativitas dan orisinalitas bangkit, maka perlu di buat pertanyaan terbuka. Pertanyaan ini sifatnya membuat siswa merasa tertantang untuk mencapai sesuatu yang lebih, namun tetap dalam jangkauan. Jika pertanyaan monoton itu-itu saja, terlalu mudah, maka semangat siswa untuk memberikan usaha lebih tidak akan bangkit

Post a Comment

[blogger][disqus][facebook]

GuruSD.id

{picture#https://2.bp.blogspot.com/-IsySBY1ok4k/WM7C2LsvSxI/AAAAAAAAAXY/V5AmVZDFf94ykH2LhjzfJhrGLOamgUVZgCLcB/s200/Logo%2BOSIS%2BSD%2B-%2BCopy.png} GuruSD.id Mendidik Generasi Penerus Bangsa "Cerdas Berkualitas" {facebook#https://facebook.com} {twitter#https://twitter.com} {google#https://plus.google.com} {youtube#https://youtube.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.