Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Terlihat Sepele tapi Rumit, Itulah Pekerjaan Seorang Guru SD

Terlihat Sepele tapi Rumit, Itulah Pekerjaan Seorang Guru SD
Rizma Uldiandari, Guru SD [foto:Ig @did.rizma]


Pekerjaan Seorang Guru SD adalah Suatu Pekerjaan Rumit yang Terlihat Sepele


Guru merupakan sebuah profesi yang menuntut kemampuan khusus selain mengajar, yaitu memberi pelajaran berupa ilmu pengetahuan. Terutama bagi guru sekolah dasar (SD) harus menguasai semua bahan ajar mulai dari IPA, IPS, Matematika, Bahasa sampai Muatan lokal.

Di banyak daerah, sekolah dasar rata-rata masih memakai guru kelas, karena guru terbatas jumlah dan latar belakang keilmuannya. 

Guru juga harus memiliki kemampuan mendidik, yaitu membekali murid dengan membiasakan untuk hidup bertatakrama, bersopan santun dan bersikap terbuka serta mensyukuri nikmat.

Hal itu cukup membuat guru sekolah dasar sibuk menguasai kelas ketika pembelajaran berlangsung. Beraneka ragam tingkat IQ dan latar belakang murid merupakan masalah bagi setiap guru. 

Seorang guru SD harus memiliki cara mengajar yang mudah, efektif serta bisa menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan.

Teknik mengajar yang interaktif antara guru dan murid, sehingga terjalin komunikasi dari guru dengan murid, murid dengan murid, murid dengan guru. 

Selama proses pembelajaran berlangsung guru mampu membuat murid betah untuk belajar dan akhirnya proses mengajar pun bisa berlangsung dengan sangat menyenangkan.

Tujuan guru menjadikan anak didik ber-IQ (kecerdasan intelektual), ber-EQ (kecerdasan emosional), dan ber-SC (kecerdasan spiritual), sedangkan seorang guru sekolah dasar memiliki tantangan tersendiri, terutama pada tahap awal kelas sekolah dasar yang untuk pertama kali belajar menulis, membaca, berhitung (calistung).

Keberhasilan tingkat pendidikan pada jenjang selanjutnya berawal dari pendidikan dasar. Seorang guru harus memiliki kiat-kiat yang dapat digunakan di lapangan guna memudahkan pekerjaan dalam menghadapi anak-anak yang mempunyai akal, kemauan, perasaan, pemikiran dan latar belakang orang tua yang berbeda.

Jadi, dapat disimpulkan pekerjaan seorang guru sekolah dasar adalah suatu pekerjaan rumit yang terlihat sepele.

Guru mengajar satu kelas minimal diisi oleh 30 orang murid dengan karakter anak yang berbeda, lingkungan anak yang berbeda. 

Guru berusaha dan bekerja keras mengatasi setiap masalah pantang menyerah, ulet, tetapi bersikap ceria dan humoris dalam mengajar dan mendidik.

Guru harus terbiasa mengevaluasi diri karena guru selalu dituntut untuk merefleksi segala yang telah dikerjakan. Sehingga apa yang terasa masih kurang dapat dikaji ulang dengan memberi pengayaan.


Kebutuhan Guru


USAID merilis hasil studi Supply and Demand (suplai dan kebutuhan) Guru Kelas Baru di Sekolah Dasar (SD). Studi ini ditujukan membantu Kemenristekdikti dan Kemendikbud menganalisis cara untuk memperkecil kesenjangan antara menyiapkan suplai dan kebutuhan guru kelas SD.

“Hasil studi ini sudah kami rilis di Jakarta. Melalui studi ini, kita bisa melihat berapa besar seharusnya jumlah tamatan program PGSD LPTK agar bisa diserap oleh sekolah. Kami melakukan studi selama 18 bulan dengan melibatkan ahli tata kelola dan manajemen pendidikan,” papar juru bicara USAID Prioritas Sumut Erix Hutasoit.

Direktur Program USAID Prioritas Stuart Weston mengatakan, berdasar data Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2015, Indonesia masih kekurangan guru kelas PNS sebesar 282.224 guru.

Namun, jumlah tersebut belum termasuk guru bukan PNS atau guru honor. Jika data guru bukan PNS dihitung, maka ada kelebihan 82.245 guru kelas.

Sementara, pada tahun yang sama, sebanyak 415 lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan (LPTK), akan meluluskan 91.247 orang dari Program PGSD. Itu artinya sampai 2025, diproyeksikan lulusan Program PGSD mencapai 444.551 lulusan.

“Dengan mengetahui data guru kelas di sekolah dasar maka LPTK dapat mempertimbangkan kuota mahasiswanya sesuai kebutuhan guru kelas baru di sekolah dasar,” katanya.

Studi ini mengungkap, bahwa kebutuhan guru kelas baru di SD akan meningkat seiring berjalannya waktu, seperti guru yang pensiun, semakin sedikit guru baru yang masuk ke dalam sistem, dan jumlah siswa di sekolah yang meningkat.


Sumber: neraca.co, berjudul "Tantangan Buat Guru SD" oleh Muhamad Bari Baihaqi

Post a Comment for "Terlihat Sepele tapi Rumit, Itulah Pekerjaan Seorang Guru SD"