Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengapa Guru Membutuhkan Penilaian Formatif Siswa

Mengapa Guru Membutuhkan Penilaian Formatif

Mengapa Guru Membutuhkan Penilaian Formatif Siswa
Penilaian Formati. Photo kredit istockphoto.com


Gurusd.id - Penilaian formatif, meskipun bukan konsep baru, telah menerima banyak perhatian baru-baru ini karena diskusi tentang hilangnya pembelajaran siswa dan kebutuhan akan solusi yang lebih digital untuk pelajar jarak jauh.


Menurut Council of Chief State School Officers, penilaian formatif adalah “proses berkelanjutan yang direncanakan yang digunakan oleh semua siswa dan guru selama belajar dan mengajar untuk memperoleh dan menggunakan bukti pembelajaran siswa untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang hasil pembelajaran disiplin yang dimaksudkan dan mendukung siswa untuk menjadi pembelajar yang mandiri.”


Pada akhirnya, di kelas, tindakan instruksional guru yang disatukan oleh tujuan pembelajaran, keterampilan, konsep, atau standar yang menentukan siswa untuk menunjukkan kemajuan atau penguasaan materi yang ditetapkan itu dianggap penilaian formatif.


Ini menentukan gagasan bahwa interaksi guru dan siswa yang tak terhitung jumlahnya dapat ditetapkan sebagai alat penilaian.


Tapi apa sebenarnya yang membuat penilaian formatif menjadi salah satu alat terpenting dalam praktik instruksional seorang pendidik?


Selain membantu mengidentifikasi kebutuhan instruksional siswa, penilaian formatif memberikan interaksi guru dengan siswa yang nyata dan otentik.



Mengapa penilaian formatif sangat penting?


Sebelum menguraikan pentingnya penilaian formatif yang tak terbantahkan, konteks mengenai penilaian secara keseluruhan selalu dibenarkan. 


Seringkali, sekolah menggunakan berbagai jenis penilaian untuk menginformasikan keputusan instruksional di berbagai tingkat sekolah (yaitu, tingkat kelas, tingkat sekolah, tingkat kabupaten, dll).


Beberapa yang lebih umum adalah diagnostik, interim, sumatif, dan, seperti yang disebutkan di atas, formatif.


Namun, banyak sekolah berjuang untuk menarik wawasan penting dari kumpulan data penilaian yang dikumpulkan secara tepat waktu membuat pendidik menafsirkannya sangat "kaya data, tetapi miskin informasi."


Adalah penting bahwa guru tidak terjun ke dalam memberikan penilaian (dan bisa dibilang administrator dalam mengimplementasikannya) tanpa rencana yang efektif yang menguraikan alasan yang berbeda untuk penilaian.


Ini tidak berarti bahwa penilaian selain formatif dalam praktiknya tidak penting.


Sebaliknya, “ penilaian lain diperlukan untuk 'memberikan pandangan multi-faceted pembelajaran di kelas individu, distrik, dan tingkat negara bagian .'”


Namun, tanpa hubungan dan tujuan yang jelas antara setiap jenis penilaian yang diterapkan, frasa “Mengapa apakah saya belajar dan/atau melakukan ini?” menjadi jauh lebih sulit bagi pendidik untuk menjawab.


Hubungan yang jelas berasal dari granular, tingkat tujuan pembelajaran. Tujuan ini disusun oleh pendidik berdasarkan berbagai standar dan keterampilan yang perlu dikuasai siswa, dan tujuan tersebut muncul di berbagai penilaian yang dilakukan siswa untuk memberikan paparan dan praktik yang optimal.


Ketika mengembangkan sistem penilaian yang seimbang, pendidik harus tahu bahwa ada penekanan yang lebih besar ditempatkan pada penilaian formatif.


Ini karena penilaian formatif biasanya taruhannya lebih rendah dan mewakili gambaran pembelajaran siswa yang lebih bernuansa dan dapat dikelola (yaitu, individu atau kelompok keterampilan dan standar).


Implementasinya dibangun di atas individu, momen-momen penting berturut-turut dari pembelajaran yang mempersiapkan siswa untuk penilaian yang lebih besar dan berisiko tinggi.


Dari cara informal seperti memberi siswa dorongan dan mengundang mereka untuk memberikan "acungan jempol atau jempol ke bawah," hingga opsi yang lebih formal seperti memberikan tugas atau kuis akhir unit, penilaian formatif dan hasil mereka memastikan bahwa semua interaksi di dalam kelas difokuskan untuk memenuhi kebutuhan instruksional siswasecara khusus.


Bertemu siswa di mana mereka berada dan menyoroti bidang kekuatan dan kebutuhan mereka memastikan bahwa pendidik memberikan instruksi kepada siswa yang terinformasi, bermakna, dan spesifik.


Hal ini juga memungkinkan pendidik untuk menjadi praktisi reflektif , mengasah dan meningkatkan metodologi dan praktik instruksional mereka untuk membantu pembelajaran siswa dan membantu siswa mencapai potensi mereka.


Mengapa guru harus menerapkan penilaian formal


Selain terstruktur untuk mengidentifikasi kebutuhan instruksional siswa, penilaian formatif memberikan interaksi guru-siswa yang nyata dan otentik.


Di masa lalu, penilaian telah menjadi istilah yang tidak menyenangkan yang telah memberikan kecemasan dan demotivasi kepada siswa dan guru.


Namun, dengan penilaian formatif, ada banyak sekali manfaat yang dapat memerangi reservasi ini. Terutama ketika mempertimbangkan teknologi pendidikan dan jalan digitalisasi yang lebih baru, penilaian formatif dapat lebih mudah diakses, mudah diterapkan, dan serbaguna.


Dengan jenis item yang lebih baru dan ditingkatkan secara teknologi, bidang studi yang mungkin terlalu sulit untuk dirumuskan penilaian tradisional setelah di masa lalu (musik, seni, dll.), kini memiliki tempat dalam rangkaian penilaian sekolah.


Guru bukan satu-satunya dermawan dari jenis penilaian ini. Siswa juga dapat merasakan segudang manfaat.


Penilaian formatif dibuat atau direncanakan untuk memenuhi siswa pada tingkat pencapaian mereka saat ini, menunjukkan dengan tepat area kebutuhan khusus dengan keterampilan, konsep, dan tujuan pembelajaran khusus mata pelajaran.


Tergantung pada format dan implementasinya, penilaian dapat membantu melibatkan dan memotivasi siswa dalam pembelajaran mereka.


Dan, dengan dorongan untuk pembelajaran yang lebih diarahkan pada siswa, siswa dapat menjadi peserta aktif dalam pengembangan penilaian mereka, menyediakan sarana di mana mereka dapat mengambil kepemilikan atas kemajuan mereka.


Pada akhirnya, rute formatif membuat penilaian dengan sengaja dapat ditindaklanjuti baik oleh siswa maupun guru, bukan sesuatu yang hanya "terjadi" pada mereka sebagai persyaratan.


Baik siswa maupun guru dapat mengambil peran yang diberdayakan, mengarahkan pembelajaran ke jalur yang membantu membangun hubungan kelas dan keinginan yang antusias untuk belajar.


#Penilaian #AsesmenNasional #ANBK #AKM #Litersai #Numerasi #Merdekamengajar #Merdekabelajar #Gurupenggerak


sumber: https://www.eschoolnews.com/2022/04/06/205598/

Post a Comment for "Mengapa Guru Membutuhkan Penilaian Formatif Siswa"