Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Anak SD Agar Berprestasi Dalam Pelajaran Matematika

Upaya Peningkatan Prestasi Anak Dalam Pembelajaran Matematika

Upaya Peningkatan Prestasi Anak Dalam Pembelajaran Matematika
Ilustrasi Murid Belajar Matematika


Gurusd.id - Untuk dapat meningkatkan prestasi anak dalam pembelajaran matematika, salah satu faktor penunjang adalah adanya proses belajar yang efektif. Kedewasaan manusia yang hidup dan berkembang adalah manusia yang selalu berubah dan perubahan itu merupakan hasil belajar.


Perubahan yang dialami seseorang karena hasil belajar dalam matematika menunjukkan pada suatu proses kedewasaan yang dialami oleh anak tersebut.


Misalnya dari tidak tahu berhitung, menjadi tahu berhitung. Dari tidak tahu bermacammacam model geometri ruang, menjadi tahu geometri ruang.


Belajar matematika adalah proses yang aktif, semakin bertambah aktif anak dalam belajar matematika semakin faham anak akan pelajaran matematika itu.


Merencanakan dan menciptakan suatu “situasi” belajar matematika yang baik di sekolah maupun di rumah, memerlukan beberapa pengertian antara lain tentang proses belajar matematika yaitu memperbesar kesanggupan untuk situasi belajar matematika.


Makin baik cara belajar matematika, makin baik pula situasi belajar matematika, makin lancar dan efektif proses belajar matematika itu berlangsung.


Proses belajar matematika dapat berlangsung dengan efektif jika orang tua bersama dengan guru mengetahui tugas apa yang akan dilaksanakan mengenai proses belajar matematika.


Berikut Sifat-sifat Proses Belajar Matematika Dalam Upaya Meningkatan Prestasi Anak SD:


Belajar matematika merupakan suatu interaksi antara anak dengan lingkungan.


Dari lingkungannya si anak memilih apa yang ia butuhkan dan apa yang dapat ia pergunakan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.


Menyediakan suatu lingkungan belajar matematika yang kaya dengan stimulus (rangsangan-rangsangan) berarti membantu anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya. 


Belajar berarti berbuat.


Belajar matematika adalah suatu kegiatan, dengan bermain, berbuat, bekerja dengan alat-alat. Dengan berbuat anak menghayati sesuatu dengan seluruh indera dan jiwanya.


Konsep-konsep matematika menjadi lebih jelas dan mudah dipahami oleh anak sehingga konsep itu benar-benar tahan lama di dalam ingatan siswa.


Belajar matematika berarti mengalami.


Mengalami berarti menghayati sesuatu secara aktual . Dengan melatih pengulangan perbuatan maka belajar matematika akan menjadi efektif, teknik akan menjadi lancar, konsep makin lama makin jelas dan generalisasi makin mudah disimpulkan.


Belajar matematika adalah suatu aktivitas yang bertujuan supaya tujuan matematika yang dirumuskan tercapai, maka pembelajaran harus menimbulkan aktivitas pada anak didik sebab dengan aktivitas dapat diperoleh pengalaman baru.


Dengan meningkatnya aktivitas anak maka semakin meningkat pula pengalaman anak.


Belajar matematika memerlukan motivasi


Anak didik adalah manusia yang membutuhkan bantuan dari sekitarnya sehingga dapat berkembang secara harmonis.


Anak didik membutuhkan kemampuan untuk berkembang, misalnya kebutuhan untuk mengetahui dan menyelidiki, memperbaiki prestasi dan mendapatkan kepuasan atas hasil pekerjaannya.


Pemenuhan kebutuhan anak akan menjadi motivasi untuk mendorong atau melakukan suatu kegiatan.


Motivasi itu dapat dirangsang melalui :

  1. Merencanakan kegiatan belajar matematika dengan memperhitungkan kebutuhan minat dan kesanggupan anak didik.
  2. Menggunakan perencanaan pembelajaran matematika bersama dengan anak didik.


Belajar matematika memerlukan kesiapan anak didik


Kesiapan artinya bahwa anak sudah matang dan sudah menguasai apa yang diperlukan. Anak yang belum siap tidak boleh dipaksa untuk belajar matematika karena akan membuat anak itu malas belajar dan merasa tidak mampu belajar. 


Belajar matematika harus menggunakan daya pikir


Berpikir konkret pada prinsipnya hanya pada jenjang SD dan setelah itu akan beralih ke taraf berpikir abstrak. Hal ini disebabkan matematika merupakan ilmu yang abstrak.


Sebagai Contoh:

  • Penjumlahan 5 + 3 = 8 dimulai dengan menggabungkan 5 lidi dengan 3 lidi.
  • Selanjutnya pada kelas yang lebih tinggi, 5 + 3 langsung dijawab dengan 8.

Untuk membantu anak berpikir abstrak, harus banyak diberikan pengalamanpengalaman dengan berbagai alat peraga.


Pengalaman-pengalaman berpikir akan memberikan kesanggupan kepada anak untuk memecahkan persoalan dalam kehidupan sehari-hari.


Belajar matematika melalui latihan (drill)


Untuk memperoleh keterampilan dalam matematika diperoleh latihan berkali-kali atau terus menerus.


Sebagai Contoh:

  • Untuk terampil menjumlah, mengurang, mengali, dan membagi, maka anak harus secara teratur melakukan latihan baik lisan maupun tertulis.


Dengan mengetahui komponen-komponen proses belajar mengajar, maka orang tua dan guru akan lebih mudah dalam meningkatkan prestasi belajar anak dalam matematika. 

Post a Comment for "Tips Anak SD Agar Berprestasi Dalam Pelajaran Matematika"