Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apa itu Guru Sekolah Dasar dan Apasaja Tugas Mereka dalam Mengajar?

Apa itu Guru Sekolah Dasar dan Apasaja Tugas Mereka dalam Mengajar?

Apa itu Guru Sekolah Dasar dan Apasaja Tugas Mereka dalam Mengajar?
Guru Sekolah Dasar


Apa itu Guru Sekolah Dasar?


Gurusd.id - Guru sekolah dasar dilatih untuk mendidik anak-anak dari taman kanak-kanak sampai kelas Enam. Mereka bertanggung jawab atas pertumbuhan pendidikan dan emosional anak-anak di lingkungan kelas, serta mengelola bahan dan sumber daya yang digunakan untuk mendidik mereka. 


Meniti Karir sebagai Guru sekolah dasar dituntut dalam komunikasi, kesabaran, kreativitas, dan energi yang tinggi..


Apa yang dilakukan seorang Guru Sekolah Dasar?


Seorang guru sekolah dasar melakukan berbagai tugas selama hari kerja mereka. Tugas-tugas ini bervariasi tergantung pada kelas siswa yang mereka tangani.


Rata-rata sekolah dasar mengadakan kelas untuk siswa di taman kanak-kanak sampai kelas enam.


Seorang guru sekolah dasar bertanggung jawab atas pengetahuan akademik dan emosional siswanya. 


Dengan demikian, seorang guru sekolah dasar membutuhkan keterampilan komunikasi yang kuat serta kemampuan untuk sabar dan pengertian dengan siswa dari setiap tingkatan.


Dibutuhkan energi yang besar untuk setiap harinya, serta kreativitas yang besar agar siswa tetap tertarik untuk belajar.


Guru Taman Kanak - Kanak - akan menghabiskan hari mengajar anak-anak dengan cara yang membuat mereka tetap aktif belajar dan membantu mereka mengembangkan kecintaan untuk belajar juga.


Jenis guru ini akan membutuhkan kemampuan untuk menciptakan lingkungan yang menarik, memelihara rasa ingin tahu alami anak-anak dan juga mendorong mereka untuk belajar sendiri. 


Keterampilan dasar yang diajarkan oleh guru TK adalah pengenalan huruf, pembelajaran phonic, matematika awal, keterampilan membaca sangat dasar, keterampilan sosial yang tepat, dan kepercayaan diri.


Guru Kelas Satu - akan menggunakan banyak pendekatan pembelajaran langsung serta kelompok diskusi di kelas mereka.


Mata pelajaran inti matematika, sains, dan bahasa Inggris akan terbentuk hampir sepanjang hari, dengan seni, pendidikan jasmani, dan musik yang diajarkan sepanjang minggu kerja juga.


Guru-guru ini adalah blok bangunan penting dalam perkembangan awal, karena mereka terus membangun kepercayaan pada setiap siswa dan menciptakan pandangan positif tentang dunia dan diri mereka sendiri.


Kesabaran, keterampilan komunikasi, pemecahan masalah, dan kemampuan untuk memotivasi anak-anak kecil ini untuk belajar adalah keterampilan yang sangat penting yang dibutuhkan.


Guru Kelas Dua - menghabiskan lebih sedikit waktu untuk membantu anak-anak menyesuaikan diri dengan rutinitas sekolah standar daripada guru pra-TK, taman kanak-kanak, atau guru kelas satu. 


Seorang guru kelas dua akan mengharapkan lebih banyak dari siswa dan seringkali anak-anak akan menyadari bahwa mereka memiliki lebih banyak tanggung jawab selama hari sekolah.


Seorang guru kelas dua bertanggung jawab untuk pembelajaran lebih lanjut dalam mata pelajaran inti tersebut, serta terus membentuk perilaku dan kesejahteraan emosional setiap siswa.


Siswa pada tahap ini jauh lebih mungkin untuk melihat inkonsistensi dalam harapan dan aturan; oleh karena itu guru harus tegas dan fokus, serta adil dan mendorong.


Guru Kelas Tiga - bertanggung jawab untuk lebih banyak mata pelajaran inti karena siswa pada tahap ini siap untuk bidang pembelajaran yang lebih beragam.


Selain matematika, membaca, dan bahasa Inggris, siswa sekarang beralih ke studi ilmu sosial, sains, dan pendidikan jasmani, seni, dan musik yang lebih tinggi.


Guru akan mulai menghadapi perbedaan sosial maupun perbedaan ras pada siswa, karena siswa pada tahap ini mulai bereaksi secara kokoh terhadap keragaman di sekitar mereka.


Guru Kelas Empat - bertanggung jawab untuk semua mata pelajaran inti pembelajaran, meskipun pada titik ini pekerjaannya menjadi lebih rumit karena siswa telah matang dan membutuhkan guru yang kuat dan intuitif yang memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik dan mampu membimbing siswa secara efektif.


Seorang guru kelas empat akan membutuhkan banyak kesabaran, energi, dan kreativitas untuk menarik perhatian kelas mereka.


Sementara materi yang lebih bermakna diajarkan, para guru ini harus menemukan keseimbangan antara pengajaran klasik dan pengajaran yang menyenangkan di kelas-kelas sebelumnya.


Guru Kelas Lima dan Enam - akan membutuhkan kesabaran dan keterampilan komunikasi yang sama seperti guru kelas empat.


Pada tahap pembelajaran ini, lebih mudah untuk mengenali siswa mana yang membutuhkan perhatian lebih dari yang lain.


Mengenal setiap siswa diperlukan untuk menawarkan pengalaman belajar yang solid untuk masing-masing siswa. Guru pada tingkat ini harus tegas, tetapi baik hati.


Guru sekolah dasar memiliki kepribadian yang berbeda . Mereka cenderung menjadi individu sosial, yang berarti mereka baik, murah hati, kooperatif, sabar, peduli, membantu, empati, bijaksana, dan ramah.


Mereka unggul dalam bersosialisasi, membantu orang lain, dan mengajar. Beberapa dari mereka juga artistik, artinya mereka kreatif, intuitif, sensitif, pandai berbicara, dan ekspresif.