Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Takut Jarum dan Phobia Berikut Cara untuk Mengatasinya

Takut Jarum dan Phobia – Temukan Cara untuk Mengatasinya

Takut Jarum dan Phobia – Temukan Cara untuk Mengatasinya
Ilustrasi Phobia Jarum Suntik


Gurusd.id - Banyak orang tidak menyukai jarum suntik sebagai bagian dari prosedur medis ketika mereka menerima perawatan. Tetapi bagi sebagian orang, ketakutan akan jarum suntik begitu besar sehingga dapat mencegah mereka mendapatkan perawatan medis yang menyelamatkan jiwa, seperti vaksinasi.


Ketakutan ini sering menyerang anak-anak tetapi juga dapat mempengaruhi orang dewasa. Takut jarum juga umum pada orang dengan kondisi tertentu yang menyebabkan kesulitan dalam mengelola sensasi yang kuat, seperti pada orang dengan gangguan mental, emosional, atau perilaku.


Ketakutan akan jarum suntik juga bisa terjadi pada penyandang disabilitas yang menyulitkan mereka untuk memahami prosedur dan mengomunikasikan kekhawatiran mereka.


Ada cara untuk mengelola ketakutan ini. Pelajari apa yang dapat Anda lakukan agar rasa takut tidak menghalangi perawatan medis penting termasuk vaksin.


Ketika Ketakutan Menjadi Fobia


Mendapatkan obat atau vaksin melalui jarum - atau darah atau cairan lain diambil dengan jarum - bisa menyakitkan.


Banyak orang mengingat ketidaknyamanan dan rasa sakit dan khawatir tentang hal itu terjadi lagi ketika mereka kembali untuk mendapatkan prosedur kesehatan yang melibatkan jarum suntik.


Ini tipikal. Anak-anak yang lebih kecil memiliki lebih sedikit cara untuk menangani ketakutan mereka dan membutuhkan bantuan dan kenyamanan dari orang tua mereka atau pengasuh lainnya.


Seiring bertambahnya usia anak-anak, banyak yang menemukan cara untuk mengatasi ketakutan mereka sendiri.


Tetapi bagi sebagian orang, ketakutan ini lebih parah, dapat bertahan hingga remaja dan dewasa, dan paling tepat digambarkan sebagai fobia.


Fobia jarum dapat dipelajari dari pengalaman nyeri masa lalu, tetapi ada juga komponen biologis yang membuat beberapa orang bereaksi sangat kuat terhadap gagasan prosedur yang melibatkan jarum.


Fobia berarti ketakutan ekstrem yang tidak sesuai dengan bahaya atau kerusakan yang ditimbulkan. Fobia kadang-kadang disebut 'irasional' karena perasaan itu nyata tetapi jauh lebih ekstrem daripada bahaya atau bahaya yang sebenarnya.


Fobia ini dapat membuat prosedur terasa lebih menyakitkan, menyebabkan kepanikan yang parah, dan dalam beberapa kasus menyebabkan respons fisik yang menyebabkan pingsan.


Hal ini dapat membuat sangat sulit untuk mempertimbangkan mendapatkan prosedur medis yang melibatkan jarum.


Perkiraan menunjukkan bahwa sebanyak 2 dari 3 anak-anak dan 1 dari 4 orang dewasa memiliki ketakutan yang kuat terhadap jarum suntik. Sebanyak 1 dari 10 orang mungkin menunda vaksin COVID-19 karena ketakutan ini.


Orang yang memiliki gangguan mental, emosional, atau perilaku seperti gangguan kecemasan, penyandang disabilitas tertentu, dan orang dengan kondisi tertentu yang memengaruhi cara mereka mengelola sensasi seperti sentuhan atau gerakan, mungkin lebih sulit mengelola ketakutan tersebut. 


Penyandang disabilitas mungkin lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan vaksinasi meskipun mereka mungkin lebih berisiko terhadap penyakit tertentu, seperti efek parah COVID-19.


Memahami Ketakutan dan Fobia


Menunjukkan rasa takut adalah tipikal untuk anak-anak yang lebih kecil; tetapi memiliki ketakutan ekstrem yang berlangsung hingga remaja dan dewasa dapat menyebabkan perasaan malu.


Orang dengan fobia dapat mencakup mereka yang sangat toleran terhadap rasa sakit dan risiko, seperti mereka yang berolahraga, menangani cedera dan penyakit tanpa keluhan, atau bahkan bekerja di tempat perawatan kesehatan.


Bahaya itu dibayangkan, tetapi bagi orang itu, ketakutan atau fobia itu nyata dan bukan pilihan. Itu bisa terasa seperti bagian otak memainkan trik di bagian otak lainnya.


Memiliki fobia tidak berarti menggunakan rasa takut untuk mencari perhatian – orang dengan fobia bahkan mungkin menyembunyikan fobia tersebut dan menggunakan alasan lain untuk menghindari perawatan kesehatan yang mereka butuhkan.


Berada di sekitar orang-orang yang bereaksi negatif (dengan menjadi marah atau terlalu khawatir atau takut akan ketakutan orang tersebut) dapat memperburuk ketakutan tersebut. Ada banyak cara positif orang tua,


Mengelola Ketakutan dan Fobia


Ketakutan dan fobia dapat bervariasi dari ringan hingga berat. Untuk kasus yang lebih ringan, persiapan, dukungan, dan manajemen nyeri dapat membantu.


Informasi tentang prosedur

Memahami mengapa prosedur melibatkan jarum dan bagaimana hal itu akan melindungi orang tersebut dapat membantu.


Memahami penyebab ketakutan

  • Gambar: Melihat gambar jarum suntik dan menonton berita tentang vaksinasi dapat menimbulkan perasaan takut. Mungkin berguna untuk menghindari gambar-gambar ini kecuali jika digunakan oleh penyedia kesehatan mental yang terlatih sebagai bagian dari terapi.
  • Kata-kata: Bagi sebagian orang, mengganti kata-kata seperti 'shot' dengan 'poke' mungkin membantu membatasi respons rasa takut.
  • Lingkungan: Untuk orang yang ketakutan, mungkin lebih baik berada di ruang pribadi daripada ruangan besar dengan orang lain yang juga menjalani prosedur. Vaksinasi drive-through dapat membantu beberapa orang dengan membiarkan mereka berada dalam kenyamanan mobil mereka sendiri. Klinik khusus untuk penyandang disabilitas mungkin menawarkan ruang yang tenang dan hening.


Memahami prosedur

Mengetahui di mana prosedur akan dilakukan, siapa yang akan berada di sekitar, dan apa yang akan terjadi sebelum, selama, dan setelah dapat membantu mengurangi rasa takut.

  • Seringkali yang terbaik adalah bersikap realistis – penyedia atau orang tua dapat menjelaskan bahwa vaksinasi mungkin terasa seperti cubitan atau tusukan, mungkin sakit, tetapi biasanya hanya sesaat.
  • Merencanakan dan mempraktekkan apa yang akan terjadi, termasuk bermain peran atau menggunakan buku dan video yang menunjukkan langkah-langkahnya, dapat membantu orang yang ketakutan bersiap.

Mengelola rasa sakit

Meskipun rasa sakit akibat jarum suntik biasanya tidak parah, otak masih berfokus pada hal itu; mengelola rasa sakit dapat mengurangi rasa takut dan panik.

  • Krim dan semprotan mati rasa: Penyedia layanan kesehatan dapat menggunakan obat yang membuat kulit mati rasa dan mencegah orang tersebut merasakan prosedur tersebut.
  • Getaran atau pendinginan: Perangkat kecil yang menciptakan perasaan mendengung atau mendinginkan kulit dapat membantu otak fokus pada sensasi itu dan menghalangi rasa sakit dari prosedur.
  • Gangguan: Berfokus pada hal lain seperti video, mainan, atau bahkan perangkat realitas virtual dapat membuat pikiran orang tersebut sibuk dan jauh dari rasa takut.
  • Relaksasi, kontrol napas, dan hipnosis: Mempelajari cara melakukan pernapasan santai dan menggunakan hipnosis atau self-hypnosis untuk menenangkan pikiran dapat membantu.


Menyesuaikan strategi

  • Setiap orang berbeda, dan apa yang berhasil tergantung pada individu. Menggabungkan strategi yang berbeda dapat membantu. 


  • Penyedia layanan kesehatan dapat membantu mengembangkan rencana yang paling sesuai untuk setiap orang.


Untuk ketakutan yang ekstrem, yang terbaik adalah berbicara dengan penyedia kesehatan mental untuk memahami seberapa parah masalahnya dan merencanakan strategi terbaik untuk mengobati fobia. 


Perawatan untuk fobia dapat mencakup konseling, terapi pemaparan di mana orang tersebut secara bertahap menghadapi ketakutan mereka dengan dukungan dari penyedia kesehatan mental dalam langkah-langkah yang direncanakan dengan hati-hati, dan/atau pengobatan.


Yang Dapat dilakukan Orang Tua, Pengasuh, dan Teman


Orang dengan ketakutan dan fobia membutuhkan dukungan saat mereka bekerja untuk mengelola perasaan mereka selama prosedur yang melibatkan jarum. 


Memiliki orang tepercaya yang memahami rasa takut, tetap tenang, dan memberikan kenyamanan selama prosedur dapat membantu orang yang ketakutan. 


Juga membantu untuk memberi tahu orang yang ketakutan bahwa tidak ada rasa malu memiliki rasa takut, bahkan ketika bahayanya tidak nyata. 


Ketakutan bukanlah sebuah pilihan, dan ketakutan tidak perlu dihilangkan; tujuannya adalah untuk mengelola rasa takut yang cukup untuk mendapatkan prosedur penting yang berpotensi menyelamatkan nyawa. 


Keluarga dan teman dapat menjadi bagian dari rencana yang paling cocok untuk seseorang dan membantu mendorong dan mendukung pilihan orang tersebut untuk mengatasi dan mengelola ketakutan mereka.


Yang Dapat Dilakukan Penyedia Layanan Kesehatan


Penyedia layanan kesehatan dapat meningkatkan kesadaran mereka sendiri akan ketakutan dan fobia jarum suntik.


Penyedia dapat memberi tahu pasien dan anggota keluarga mereka bahwa mereka memahami bahwa ketakutan dan fobia ekstrem adalah masalah nyata.


Penyedia layanan kesehatan dapat menawarkan informasi dan dukungan untuk mengurangi perasaan malu dan takut dan membantu orang mengembangkan rencana untuk mengelola ketakutan mereka. 


Strategi yang berbeda untuk manajemen nyeri dapat ditawarkan sebagai bagian rutin dari prosedur yang melibatkan jarum.


Orang yang memiliki ketakutan mungkin tidak membicarakannya dengan penyedia layanan mereka dan mungkin ragu mendapatkan perawatan medis yang melibatkan kemungkinan jarum suntik. 


Penyedia layanan kesehatan dapat memberikan cara untuk berbicara dengan pasien tentang ketakutan mereka dan mengembangkan kepercayaan sebagai langkah pertama untuk mendapatkan perawatan yang dibutuhkan.


Penyedia layanan kesehatan dapat bekerja dengan keluarga dan pengasuh untuk menemukan cara agar mendapatkan vaksinasi lebih mudah.


Untuk orang dengan ketakutan yang parah, rujukan ke penyedia kesehatan mental mungkin tepat.

Post a Comment for "Takut Jarum dan Phobia Berikut Cara untuk Mengatasinya"