Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

4 Manfaat yang Diperoleh dalam Mencatat Materi Pelajaran

Pentingnya Mencatat Materi Pelajaran

4 Manfaat yang Diperoleh dalam Mencatat Materi Pelajaran
Kegiatan Mencatat Materi pelajaran


Gurusd.id - Sebagai seorang siswa, tentu kita punya segudang informasi yang harus diserap, terutama informasi terkait materi pelajaran. Oleh karena itu, memiliki catatan yang jelas dan efektif sangatlah penting dan berguna untuk kita.


Dikutip dari penerbitbmedia.com berikut beberapa manfaat yang dapat dirasakan jika kita rajin mencatat materi pelajaran.


Membantu mengingat materi pelajaran sekolah.


Kegiatan menulis memberikan manfaat bagi siswa sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dalam mengingat pelajaran yang telah disampaikan guru saat di kelas maupun dari proses belajar mandiri siswa. 


Kegiatan mencatat dengan menulis apa yang disampaikan guru di depan kelas bisa dilakukan dengan menuliskan poin-poin inti atau bisa langsung dibuat semacam diagram pikiran (mind map). 


Begitu pula dengan proses belajar mandiri siswa dengan membaca buku teks pelajaran atau dari sumber-sumber lain yang juga bisa diabadikan dengan menulis catatan.


Meningkatkan kemampuan membaca.


Seseorang untuk bisa menulis secara baik maka dia juga harus menjadi pembaca yang baik pula. 


Berbagai macam ide dan pemikiran dari apa yang dia baca itu nantinya akan menjadi bahan untuk diolah di otaknya hingga nantinya akan tertuang menjadi tulisan-tulisan yang dia buat. 


Proses seperti ini yang akan menjadikan seorang penulis memiliki kemampuan membaca yang juga di atas rata-rata.


Meningkatkan kemampuan mendengar.


Seorang penulis juga dituntut untuk selalu meningkatkan kemampuannya menangkap segala macam inspirasi dari proses mendengar. 


Penulis yang baik seharusnya juga bisa menjadi pendengar yang baik juga. Seorang siswa akan dilatih meningkatkan kemampuan keterampilan mendengar melalui proses kegiatan menulis.


Melatih kreativitas.


Menulis catatan atau rangkuman juga berfungsi untuk melatih kreativitas siswa dalam menulis. Ketika siswa mulai membaca buku pelajaran, siswa mulai bisa menarik kesimpulan dari apa yang mereka baca dan dari situ siswa bisa menulis catatan atau rangkuman sesuai dengan bahasa dan pemahaman mereka dalam membaca buku pelajaran.


Demikian beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan sering mencatat atau menulis. 


Terimakasih telah berkunjung di Komunitas Guru SD, Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "4 Manfaat yang Diperoleh dalam Mencatat Materi Pelajaran"