Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Memahami Prinsip Pembelajaran dengan Metode Ilmiah

Pembelajaran dengan Metode Ilmiah

Pembelajaran dengan Metode Ilmiah


Gurusd.id - Pengertian Metode ilmiah merupakan metode yang biasa digunakan oleh para ilmuwan dalam menemukan pengetahuan/teori/konsep. Dalam konteks pembelajaran, metode ilmiah digunakan untuk mengembangkan cara-cara berpikir dan bekerja secara ilmiah.


Pembelajaran dengan pendekatan ilmiah dapat juga dipahami sebagai pembelajaran yang terdiri atas:

  • Kegiatan mengamati (untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin/perlu/belum diketahui),
  • Menanya/merumuskan pertanyaan,
  • Mengumpulkan informasi dengan satu atau lebih cara/teknik,
  • Menalar/mengasosiasi (menggunakan data/informasi untuk menjawab pertanyaan/menarik kesimpulan), dan
  • Mengomunikasikan jawaban/kesimpulan.


Langkah-langkah tersebut diatas dapat dilanjutkan dengan kegiatan mencipta.


Langkah Pembelajaran dengan Metode Ilmiah


Secara umum pembelajaran dengan metode ilmiah dilakukan melalui beberapa langkah sebagai berikut.


1) Melakukan pengamatan terhadap suatu fenomena untuk menemukan masalah


Pada langkah ini peserta didik mengamati fenomena dengan panca indera (mendengarkan, melihat, membau, meraba, mengecap) dengan atau tanpa alat (untuk menemukan masalah atau gap of knowledge/skill). 


Fenomena dapat berupa kejadian/keadaan alam (IPA), peristiwa/situasi sosial (IPS dan Pendidikan Agama), interaksi/komunikasi verbal (Bahasa), sesuai karakteristik mata pelajaran dan kompetensi yang dipelajari.


2) Merumuskan pertanyaan


Peserta didik merumuskan pertanyaan berangkat dari masalah (gap of knowledge and/or skill) yang diperoleh dari pengamatan.


3) Mencoba/mengumpulkan data/informasi dengan berbagai teknik


Peserta didik mengumpulkan informasi/data dengan satu atau lebih teknik yang sesuai, misalnya eksperimen, pengamatan, wawancara, survei, dan membaca dokumen-dokumen.


4) Mengasosiasi/menganalisis data atau informasi untuk menarik kesimpulan


Dalam tahap ini peserta didik menggunakan informasi/data yang sudah dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan dan menarik kesimpulan. 


Jawaban terhadap pertanyaan atau kesimpulan tersebut merupakan pengetahuan dan/atau keterampilan baru yang diperoleh oleh peserta didik.


5) Mengkomunikasikan kesimpulan


Peserta didik menyampaikan jawaban atas pertanyaan (kesimpulan) secara lisan dan/atau tertulis.


6) Mencipta


Peserta didik menciptakan dan/atau menginovasi produk, model, gagasan, dsb. dengan pengetahuan dan/atau keterampilan yang telah diperoleh. 


Mencipta merupakan kegiatan penerapan pengetahuan dan/atau keterampilan yang diperoleh yang hasilnya berwujud (misalnya produk dan karya) maupun yang tidak berwujud (seperti gagasan atau ide).


Demikian yang dapat kami sampaikan terkait Memahami Prinsip Pembelajaran dengan Metode Ilmiah yang merupakan Metode Pembelajaran Abad 21, Semoga bermanfaat.