Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Manfaat Belajar Menggunting untuk Anak Usia TK/PAUD

Manfaat Belajar Menggunting untuk Anak Usia TK/PAUD

Manfaat Belajar Menggunting untuk Anak Usia TK/PAUD
Belajar Menggunting - photo istockphoto


Gurusd.id - Ketika Anak sudah menginjak usia untuk masuk TK/PAUD, belajar menggunakan gunting adalah hal yang penting bagi mereka. Mungkin awalnya bisa membuat khawatir orang tua karena menggunting bisa saja membahayakan Anak.


Meski demikian, belajar menggunakan gunting sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk perkembangan usia dini, salah satunya membangun keterampilan yang akan digunakan oleh dirinya kelak. Disamping itu, ada banyak manfaat yang bisa anak dapatkan.


Apa saja kah itu? Berikut ini ulasan beberapa manfaat belajar menggunakan gunting yang kami kutip melalui laman bpkpenabur.or.id, untuk anak usia TK/PAUD yang perlu orang tua ketahui.


Download Juga:  LKS Belajar Menggunting


Mengembangkan koordinasi bilateral


Koordinasi bilateral mengacu pada kemampuan anak-anak untuk mengkoordinasikan kedua sisi tubuh mereka pada saat yang sama dengan cara yang terkendali.


Yah, memotong kertas menggunakan gunting adalah tugas yang menunjukkan perlunya anak-anak menggunakan tangan kiri dan tangan kanan mereka secara bersamaan untuk melakukan tugas berbeda.


Satu tangan memegang kertas dan tangan lainnya membuka dan menutup gunting. Keterampilan ini berguna saat melakukan hal-hal seperti membuka amplop, mengancing baju, dan mencuci piring.


Meningkatkan koordinasi tangan-mata


Menggunting tentunya mengharuskan anak menggunakan tangan dan matanya secara bersamaan. Ia harus menggunakan mata untuk melihat apa yang mereka potong untuk memotongnya seperti yang diharapkan.


Melakukan dua tugas secara bersamaan akan meningkatkan koordinasi mata-tangan. Keterampilan ini juga memudahkan anak untuk makan menggunakan garpu atau sendok, membuka-menutup resleting, dan menangkap dan melempar bola.


Hal ini merupakan cara yang baik untuk memperkuat jari dan juga tangan. Karena menggunakan gunting melibatkan penggunaan jari dan meremas tangan, yang membangun otot jari.


Seperti dikutip dari Little Pines, berlatih menggunting memiliki korelasi yang kuat antara koordinasi tangan-mata, kemampuan belajar, dan keterampilan komunikasi sosial.


Meningkatkan keterampilan motorik


Gerakan membuka dan menutup gunting memungkinkan anak-anak untuk membangun otot-otot kecil di tangan mereka. 


Begitu juga Anak yang memiliki jari dan tangan yang kuat, keterampilan motoriknya meningkat. 


Sehingga akan menjadi mudah bagi anak untuk belajar menulis menggunakan pensil saat memasuki usia taman kanak-kanak.


Tak hanya itu, tugas lain yang membutuhkan keterampilan motorik halus adalah termasuk berpakaian, mewarnai, melukis, menggunakan berbagai peralatan, dan menyikat gigi.


Pada intinya adalah keterampilan motorik ini menentukan seberapa baik anak dapat memegang, menggenggam, dan memanipulasi objek.


Meningkatkan fokus dan perhatian


Berlatih menggunting juga dapat meningkatkan fokus dan perhatian. Ketika memotong menggunakan gunting, anak akan belajar memperhatikan detail, yang akan digunakan dalam semua aspek kehidupan masa depan anak.


Selain itu, memiliki fokus dan perhatian yang kuat sangat penting dalam mengerjakan tugas-tugas tertentu, seperti mengikuti instruksi, mengerjakan proyek, dan mungkin memainkan alat musik.


Menentukan tangan yang dominan


Saat anak masih berusia balita, ia masih sulit untuk membedakan  tangan dominan dan tangan penolong.


Hal inilah yang membuat tidak semua anak dapat menentukan tangan mana yang dominan. Namun, dengan menggunakan gunting dapat membantu anda dan Anak mengetahui tangan mana yang dominan dan tangan yang membantu. 


Seorang anak akan menggunakan tangan dominan untuk membuka dan menutup gunting dan tangan yang membantu memegang kertas dan memutarnya jika diperlukan.


Cara ini juga dapat membantu anak menentukan tangan mana yang lebih nyaman untuk menulis.


Mengajarkan anak pada pola genggam yang paling sering digunakan


Perlu anda ketahui bahwa pola genggam yang paling berguna adalah tripod grip, dimana pola ini menggunakan tiga jari, yaitu jari tengah, telunjuk, dan ibu jari.


Mengingat bagaimana cara memegang gunting saat memotong, akan membantu mengembangkan pola genggaman ini, yang akan berguna saat anak mulai belajar mengencangkan kancing dan memegang pensil.


Tak hanya itu saja, tindakan memotong menggunakan gunting juga mengajarkan anak cara menggerakkan setiap jari secara mandiri.


Oleh karena itu, ia dapat belajar menggunakan ibu jari, telunjuk, jari tengah, manis, dan kelingking secara bergantian.


Mengenalkan anak pada berbagai bentuk


Belajar menggunting juga bisa menjadi alternatif untuk mengenal berbagai bentuk. Misalnya, perbedaan antara garis atau kurva, dan kotak atau lingkaran. 


Hal-hal ini dapat dengan muda dipahami oleh anak ketika ia menyadari bentuk akhir yang dapat dibentuk dengan potongan-potongan kecil.


Selain itu balita juga akan berlatih mengarahkan matanya ketika memotong garis dengan selembar kertas. Sehingga akan memberi dampak yang luar biasa dan positif pada visual motoriknya.


Nah, itulah beberapa manfaat belajar menggunting yang bisa dilakukan anak saat usia TK/PAUD. Belajar keterampilan dengan metode menggunting pada usia dini adalah cara tepat mengajarkan mereka hal-hal baru sehingga membantu tumbuh kembangnya.


Akan tetapi perlu diingat bahwa aktivitas ini harus dilakukan dibawah pengawasan orang tua atau pengasuhnya.


Terimakasih telah berkunjung di www.gurusd.id, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Manfaat Belajar Menggunting untuk Anak Usia TK/PAUD"