Berikut Adalah Jadwal dan Materi UTN Ulang PLPG untuk Guru SD terbaru

Jadwal dan Materi UTN Ulang PLPG Guru SD terbaru


Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2016 tentang Sertifikasi Guru Bagi Guru Yang Diangkat Sebelum Tahun 2016 pada pasal 6 ayat (5) dan Pasal 7 ayat (1,2,3) yang berbunyi :
Jadwal dan materi

Pasal 6 Ayat (5) : Guru dinyatakan lulus UKG pada akhir PLPG apabila memperoleh nilai paling rendah 80 (delapan puluh).

Pasal 7

  1. Guru yang tidak lulus dalam pelaksanaan UKG pada akhir PLPG sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 dapat mengikuti ujian kembali pada tahun berikutnya.
  2. Guru yang tidak lulus sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat mengikuti kembali UKG pada akhir PLPG paling banyak 4 (empat) kali dalam jangka waktu 2 (dua) tahun.
  3. Keikutsertaan UKG pada akhir PLPG sebagaimana dimaksud ayat (2) satu kali setiap semester terhitung sejak tahun berikutnya setelah mengikuti PLPG.

Ujian Tulis Nasional (UTN) merupakan kelanjutan UKG pada awal PLPG yang diperuntukkan bagi peserta sertifikasi guru dengan nilai UKG kurang dari 80. Lebih lanjut dijelaskan UTN merupakan syarat Mutlak Kelulusan sertifikasi Guru bagi guru yang mendapat skor nilai UKG kurang dari 80.

Baca Juga :
Daftar Nama Peserta Sertifikasi Guru yang sudah ditetapkan Terbaru

Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan mengenai UTN dibawah ini :
  1. Guru yang memiliki nilai ujian akhir PLPG minimal “baik” (ketentuan kelulusan diatur pada Buku 3) dinyatakan lulus PLPG dan dapat mengikuti UKG/UTN.
  2. Peserta yang belum memenuhi kriteria kelulusan ujian akhir PLPG diberi kesempatan 2 kali mengulang. Peserta yang belum lulus pada ujian akhir PLPG ulangan ke-2 diberi kesempatan 4 kali mengulang pada tahun berikutnya selama 2 tahun secara mandiri tanpa melalui proses PLPG lagi. Peserta yang mengikuti ujian akhir ulang agar mempersiapkan diri dengan belajar secara mandiri.
  3. Guru yang memiliki nilai UKG pada awal PLPG minimal 80 dan memperoleh nilai PLPG minimal “baik” dapat diberi sertifikat pendidik langsung oleh lembaga pendidikan tenaga kependidikan penyelenggara tanpa mengikuti UKG/UTN
  4. Peserta yang lulus PLPG dan memiliki skor UKG < 80 wajib mengikuti UKG/UTN dengan standar kelulusan minimal 80. UKG/UTN ulang diselenggarakan di tempat uji kompetensi (TUK) yang ditetapkan Pemerintah.
  5. Peserta yang dinyatakan lulus UKG/UTN apabila memperoleh nilai paling rendah 80 dapat diberikan sertifikat pendidik.
  6. Peserta yang tidak memenuhi standar minimal kelulusan
  7. UKG/UTN diberi kesempatan mengulang secara mandiri paling banyak 4 (empat) kali dalam jangka waktu 2 (dua) tahun. Keikutsertaan UKG/UTN dilaksanakan satu kali setiap semester terhitung sejak tahun berikutnya setelah mengikuti PLPG.
  8. UKG/UTN dilaksanakan melalui ujian dalam jejaring atau tes tertulis bertempat di Rayon, Subrayon atau di tempat lain yang ditetapkan oleh Rayon.
  9. Peserta yang mengikuti UKG/UTN ulang agar mempersiapkan diri dengan belajar secara mandiri.
Dari Penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan UTN pasca PLPG dilakukan secara online, dan hanya dilakukan satu kali di tahun berjalan. Jika skor tidak mencapai 80, maka peserta dapat mengulang di tahun berikutnya sebanyak 4 kali kesempatan selama periode 2 tahun, tanpa perlu ikut PLPG lagi.

Baca Juga :
Berkas-Berkas yang harus di Siapkan Bagi Calon Peserta Sertifikasi Guru Terbaru

Berikut Jadwal dan Tahapan UTN Ulang I Sertifikasi Guru Tahun 2016 yang dilaksanakan Tahun 2017
jadwal dan diagram UTN Ulang PLPG

Untuk Pelaksanaan UTN Ulang 1 tiap-tiap peserta saat ini sedang dalam proses persiapan tempat dan jadwal pelaksanaan.  Sedangkan untuk Cetak kartu peserta ujian dapat dilakukan oleh guru/peserta yang bersangkutan melalui halaman resmi yaitu http://kemdiknas.swin.net.id/pub/index.php apabila jadwal pelaksanaan sudah selesai ditetapkan.

Selanjutnya bagi Peserta yang mengikuti ujian akhir ulang agar mempersiapkan diri dengan belajar secara mandiri. Berikut Bahan atau Materi yang dapat disiapkan untuk mengikuti UTN Ulang yang bisa didownload dibawah ini :

Pkn

Bab I Kedudukan Pancasila Bagi Bangsa Indonesia Dan Pengembangan Sikapdan Perilaku Positif Dalam Pembelajaran Pkn
Bab II Konsep Dan Prinsip Kepribadian Nasional Demokrasi Kostitusional Indonesia Semangat Kebangsaancinta Tanah Air Serta Bela Negara 
Bab III Hak Asasi Manusia Dan Penegakan Hukum Di Indonesia
Bab IV Pengertian Dan Prinsip Kewarganegaraan Serta Nilai Moral Dan Norma Dalam Masyarakat  

Bahasa Indonesia

Bab I Hakikat Bahasa Dan Pemerolehan Bahasa
Bab II Dasar Dasar Dan Kaidah Bahasa Indonesia Sebagai Rujukan Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar
Bab III Keterampilan Berbahasa Indonesia
Bab IV Teori Dan Apresiasi Bahasa Indonesia 

Matematika

Bab I Bilangan 
Bab II Aljabar
Bab III Geometri 
Bab IV Pengukuran
Bab V Statistika

Ipa

Bab I Gejala Alam Biotik Dan Abiotik
Bab II Konsep Dan Hukum Ipa Dalam Berbagai Kehidupan Sehari Hari

Ips

Bab I Ruang Lingkup Dan Pengertian Ips Serta Konsep Dasar Ilmu Sosial
Bab II Keterampilan Dasar Dan Nilai Dalam Ips


bagi Peserta yang mengikuti ujian akhir ulang agar mempersiapkan diri dengan belajar secara mandiri. Berikut Bahan atau Materi yang dapat disiapkan untuk mengikuti UTN Ulang yang bisa didownload dibawah ini

Post a Comment

[blogger][disqus][facebook]

GuruSD.id

{picture#https://2.bp.blogspot.com/-IsySBY1ok4k/WM7C2LsvSxI/AAAAAAAAAXY/V5AmVZDFf94ykH2LhjzfJhrGLOamgUVZgCLcB/s200/Logo%2BOSIS%2BSD%2B-%2BCopy.png} GuruSD.id Mendidik Generasi Penerus Bangsa "Cerdas Berkualitas" {facebook#https://facebook.com} {twitter#https://twitter.com} {google#https://plus.google.com} {youtube#https://youtube.com}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.