Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

ELEMEN DASAR TAHAPAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

ELEMEN DASAR TAHAPAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
HOTS


ELEMEN DASAR TAHAPAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS


Gurusd.id - Berpikir kritis merupakan proses dimana segala pengetahuan dan keterampilan dikerahkan dalam memecahkan permasalahan yang muncul, mengambil keputusan, menganalisis semua asumsi yang muncul dan melakukan investigasi atau penelitian berdasarkan data dan informasi yang telah didapatkan sehingga menghasilkan informasi atau simpulan yang diinginkan.

Keterampilan berpikir kritis dan kreatif berperan penting dalam mempersiapkan peserta didik agar menjadi pemecah masalah yang baik dan mampu membuat keputusan maupun kesimpulan yang matang dan mampu dipertanggungjawabkan secara akademis.

Adapun elemen dasar tahapan keterampilan berpikir kritis, yaitu FRISCO. Kiranya keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu modal menghadapi abad 21.

Berikut definisi Elemen Dasar Tahapan Keterampilan berpikir kritis:
  • F (Focus) yaitu Mengidentifikasi masalah dengan baik
  • R (Reason) yaitu Alasan-alasan yang diberikan bersifat logis atau tidak untuk disimpulkan seperti yang telah ditentukan dalam permasalahan.
  • I (Inference) yaitu Jika alasan yang dikembangkan adalah tepat, maka alasan tersebut harus cukup samapi pada kesimpulan yang sebenarnya.
  • S (Situation) yaitu Membandingkan dengan situasi yang sebenarnya.
  • C (Clarity) yaitu Harus ada kejelasan istilah maupun penjelasan yang digunakan pada argumen sehingga tidak terjadi kesalahan dalam mengambil kesimpulan.
  • O (Overview) yaitu Pengecekan terhadap sesuatu yang telah ditemukan, diputuskan, diperhatikan, dipelajari dan disimpulkan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.