Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kiat Mudah dalam Membantu Anak Belajar Membaca

15 Cara mudah dalam membantu anak belajar membaca

15 Tips Mudah dalam Membantu Anak Belajar Membaca
Anak Belajar Membaca. photo by: istockphoto


Gurusd.id - Anak sedang belajar membaca? Ikuti 15 kiat mudah yang dapat membantu Anak dalam belajar membaca. Sesungguhnya, pembelajaran Anak dimulai dari rumah, dengan orangtua sebagai guru pertamanya. Untuk membantu anak belajar membaca, yang harus kita lakukan adalah memberi landasan kepada anak untuk mengenal huruf terlebih dahulu.


15 Langkah mudah dan praktis membantu Anak belajar membaca


Untuk memudahkan Anda, berikut kami rangkum 15 langkah praktis agar Orang Tua bisa membantu Anak belajar membaca sekaligus menjadi pembaca yang baik di kemudian hari:


1. Hias ruangan dengan kata dan huruf


Membiasakan anak melihat huruf dan huruf yang membentuk kata, akan membuat anak hafal pula dengan bentuk huruf dan kata tersebut. 


Jadi, hiaslah kamar anak dengan poster huruf, quotes yang menginspirasi, atau malah nama Anak sendiri.


Cara ini mirip dengan sight word recognition, salah satu cara efektif untuk belajar huruf dan kata.


Sight word recognition membantu anak belajar membaca di tahap awal dengan cara mengenali dan mengamati kata yang paling sering digunakan.


Dalam bahasa Inggris, sight words biasanya berupa kata “a”, “is”, “the”, “that”, “I”, and “you”. 


Untuk bahasa Indonesia Orang Tua bisa mencoba dengan kata “aku”, “di”, "mama", atau kata lain yang umum digunakan di sekitar anak.


2. Bangun perpustakaan rumah


Kebiasaan membaca akan terbangun dengan adanya suasana yang mendukung di rumah. Coba letakkan rak buku di salah satu sudut favorit rumah.


Lengkapi dengan kursi yang nyaman dan letakkan koleksi buku anak pada rak yang mudah mereka raih.


Jangan lupa, untuk selalu memperbaharui koleksi perpustakaan Orang Tua dengan majalah dan buku-buku yang Anak bisa baca setiap saat.


3. Bacakan mereka cerita setiap hari


Pilih sebuah buku cerita dan bacakan untuk Anak. Tak perlu harus selesai membacakannya dalam satu waktu.


Alih-alih, jadikan kegiatan membaca buku tersebut sebagai aktivitas harian bersama baik pada siang ataupun malam sebelum tidur.


Jadikan pula kegiatan membawa buku sebagai kebiasaan Orang Tua dan Anak. Masukkan selalu satu atau dua buah buku dalam tas kecilnya, agar Orang Tua dapat selalu membaca buku bersama saat ada kesempatan. Misal saat berdiri di antrian bank atau di ruang tunggu dokter.


4. Pilih dan sediakan buku sesuai kemampuan membaca mereka


Pilihan koleksi buku bisa membuat perbedan yang sangat besar. Tentu saja akan menjadi sia-sia bila kita memilih untuk mengoleksi buku yang memang tidak sesuai untuk kemampuan membaca atau usia mereka.


Jadi, biasakan untuk membaca petunjuk usia dan level membaca pada buku. Cara lain? Cobalah cari di internet. Ada banyak sekali daftar buku yang bisa Orang Tua pilih untuk koleksi Anak.


5 Ajak anak untuk membaca selain buku


Ajak anak untuk membaca apa saja yang dijumpai. Misalnya majalah, judul film yang sedang ditonton, game, manual dari mainan, baleho, iklan di jalan , e-book.


Semua itu adalah beberapa ide untuk mengajak Anak lebih lancar membaca.


6. Ajukan pertanyaan dan dorong anak untuk bertanya


Saat membaca, cobalah ajukan pertanyaan pada Anak tentang karakter atau alur cerita buku yang dibaca. Dorong juga mereka untuk bertanya.


Misalkan andai mereka menjadi teman dari tokoh utama, apa yang mereka kerjakan. Atau bila buku yang dibaca adalah ensiklopedia, tanyakan apakah mereka mengerti apa yang baru dibaca, jika tidak apakah ada hal yang hendak mereka tanyakan.


7. Temukan pesan moral dalam cerita


Buku dapat mengajarkan banyak hal penting untuk anak-anak: penggalan sejarah , fakta dunia, dan juga ajaran moral.


Seusai membaca, ajaklah Anak ngobrol tentang pesan atau pelajaran dari buku yang usai dibaca.


Cara ini akan mengajarkan anak pentingnya belajar, dan mendorong mereka untuk terus membaca guna menambah pengetahuan mereka.


8. Jadilah contoh untuk anak


Bila Orang Tua memang ingin mendorong Anak untuk suka membaca, maka jadilah contoh yang baik bagi mereka dengan menunjukkan kebiasaan membaca Orang Tua.


Menunjukkan kepada anak-anak betapa pentingnya membaca diharapkan akan membuat mereka untuk merasakan hal yang sama.


Jadi, bila kemudian Anak penasaran dengan apa yang sedang Orang Tua baca, mintalah ia untuk mengambil buku mereka sendiri dan duduk bersama sejenak untuk membaca.


9. Tulis pesan kecil untuk Anak baca


Untuk anak yang sudah masuk TK, menyelipkan catatan kecil ke dalam tas sekolah atau pada kotak makan siang Anak, tidak hanya akan menunjukkan kepedulian Orang Tua pada mereka, namun juga akan “memaksa” Anak untuk membaca.


Pesan seperti doa Orang Tua untuk kesuksesan Anak atau sebuah teka-teki kejutan berisi ucapan “Halo” tentu akan menyenangkan.


10. Minta anak membacakan cerita untuk mereka


Meskipun Anak baru belajar membaca satu-dua kata, sesekali minta Anak membaca buku untuk Orang Tua.


Untuk anak yang lebih besar, Orang Tua dapat bergantian membaca paragraf atau halaman yang ada pada buku.


11. Cari tahu buku apa yang dibaca teman-temannya


Cobalah bertanya pada beberapa orangtua atau pustakawan di sekolah, buku apa yang sedang menjadi favorit anak-anak.


Jika mungkin, usahakan buku-buku favorit tersebut juga ada dalam koleksi buku di rumah. Kadang, mengetahui buku apa yang sedang dibaca teman-temannya bisa membangkitkan minat baca anak.


12. Ajak teman-temannya untuk membaca bersama


Bila Orang Tua melihat ada beberapa teman Anak di sekitar rumah yang juga suka membaca, coba ajak mereka untuk membaca bersama atau membentuk kelompok membaca.

Membaca bersama teman dapat mendorong Anak untuk membaca lebih banyak.


13. Tetapkan jam membaca di rumah


Tanyakan pada Anak kapan waktu yang ia inginkan untuk membaca bersama. Orang Tua bisa mengusulkan waktu pulang sekolah atau malah saat minum teh di sore hari.


Jadikan, waktu tersebut sebagai waktu membaca untuk seluruh keluarga. Matikan TV, singkirkan sejenak sosia media, dan nikmati waktu untuk membaca bersama.


14. Jadikan membaca sebagai aktivitas yang menyenangkan


Membuat aktivitas membaca menyenangkan dengan menggunakan kartu-kartu membaca atau permainan sederhana (monopoili, ular tangga).


Bila Anak suka bermain dengan gadget, cobalah game membaca untuk anak seperti Sesame street (berbahasa inggris) yang bisa diakses melalui situs PBS Kids, atau Petualangan Boci, game story books yang interaktif.


15. Ganti waktu bermain gadget dengan membaca


Buatlah aturan untuk menyeimbangkan waktu membaca Anak dengan waktu ia bermain gadget.


Bisa juga dengan membuat perjanjian, jika mereka bisa menyelesaikan jam target membaca, maka mereka akan memperoleh hadiah tambahan beberapa menit bermain game.


Terimakasih telah berkunjung di Komunitas Guru SD, Semoga bermanfaat Sekian dan terimakasih.


sumber: https://id.theasianparent.com/