Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

4 Gaya Belajar Guru dalam Mengajarkan Materi Pelajaran pada Siswa

4 Macam Gaya Belajar untuk Mengoptimalkan Pemahaman Materi Pembelajaran pada Siswa

4 Macam Gaya Belajar untuk Mengoptimalkan Pemahaman Materi Pembelajaran pada Siswa
Guru mengajarkan Materi Pelajaran di kelas fhoto by istockphoto


Gurusd.id - Setiap siswa yang belajar di lembaga pendidikan baik formal maupun non formal pasti memiliki keunikan yang berbeda setiap anak. Keunikan tersebut mengakibatkan penanganan belajar menjadi sedikit lebih sulit sehingga membutuhkan teknik khusus untuk memahami materi pembelajaran.


Teknik khusus untuk memahami materi pembelajaran tersebut salah satunya adalah gaya belajar. 


Namun gaya belajar tersebut tidak bisa diterapkan hanya dengan menggunakan satu gaya saja karena setiap anak memiliki perbedaan pada cara mereka memahami materi.


Ada empat macam gaya belajar yang dapat diterapkan untuk mendukung pemahaman materi pembelajaran siswa agar dapat berjalan dengan optimal.


Gaya belajar tersebut dapat dikelompokkan menjadi gaya belajar visual, auditori, kinestetik dan gaya belajar dengan membaca/ menulis.


Semua gaya belajar tersebut melibatkan berbagai faktor di antaranya faktor fisik, emosional, sosiologis maupun lingkungan.


Selain gaya belajar tersebut ada teknik khusus untuk menerapkan gaya belajar tersebut disesuaikan dengan kepribadian anak.


Anak yang introvert cenderung menyukai belajar sendiri sehingga mereka akan lebih mudah memahami materi apabila sedang berada pada kesendirian.


Berbeda dengan anak yang ekstrovert mereka lebih menyukai belajar secara berkelompok namun kelompok belajar ini juga harus menggabungkan anak dengan gaya belajar yang sama.


Gaya Belajar Visual


Gaya belajar visual merupakan gaya belajar yang berfokus pada indra penglihatan seperti melihat gambar, tulisan maupun video.


Siswa dengan gaya belajar visual akan cenderung lebih mudah memahami materi hanya dengan melihat benda-benda visual tersebut.


Gaya belajar ini cocok untuk siswa dengan karakteristik teratur, rapi, detail, teliti, senang membaca dan perencana.


Gaya Belajar Auditori


Gaya belajar auditori merupakan jenis gaya belajar yang berfokus pada indra pendengaran saja tanpa harus melihat gambar ataupun tulisan.


Siswa dengan gaya belajar auditori akan mudah memahami dan mengingat sesuatu hanya dengan mendengar penjelasan dari orang lain dalam hal ini guru tanpa harus mencatatnya.


Gaya belajar ini cocok untuk siswa dengan karakteristik senang berbicara keras dan senang mendengarkan.


Gaya Belajar Kinestetik


Berbeda dengan gaya belajar visual maupun auditori gaya belajar kinestetik merupakan jenis gaya belajar yang mengacu pada gerakan visual yang mana siswa dengan gaya belajar kinestetik akan cenderung melakukan berbagai gerakan untuk memahami sesuatu dan menyelesaikan masalah.


Gaya ini cocok untuk siswa yang banyak menggunakan isyarat tubuh untuk memahami materi.


Gaya Belajar Membaca/Menulis


Gaya belajar membaca/menulis merupakan jenis gaya belajar yang mana siswa dengan gaya belajar ini akan bereksplorasi dengan cara membaca artikel, mencari kata-kata di kamus serta mencari sumber lainnya yang kemudian ditulis ulang untuk memahami dari apa yang mereka pelajari.


sumber: naikpangkat.com