Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan 2022/2023

Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan
Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan


Gurusd.id - Kurikulum operasional yang digunakan di satuan pendidikan dikembangkan dan dikelola oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Struktur Kurikulum. Kurikulum operasional yang dikembangkan harus menunjukkan kesesuaian dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerah.


Dalam mengembangkan dan mengelola kurikulum operasional, satuan pendidikan sebaiknya melibatkan komite sekolah dan masyarakat.


Dalam penyusunan kurikulum operasional, satuan pendidikan perlu memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum operasional.


Prinsip pengembangan ini bertujuan untuk membantu proses berpikir dalam menyusun kurikulum operasional di satuan pendidikan dan menjadi dasar merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum.


Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan ini memuat:

  1. Analisis karakteristik satuan pendidikan, 
  2. Penyusunan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan,
  3. Pengorganisasian pembelajaran, 
  4. Perencanaan pembelajaran, serta 
  5. Pendampingan, evaluasi, dan pengembangan professional.


Satuan pendidikan memiliki keleluasaan untuk menentukan format dan sistematika penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan.


Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan pada Kurikulum Merdeka ini akan terus disempurnakan berdasarkan evaluasi dan umpan balik dari berbagai pihak.


Sejalan dengan proses evaluasi tersebut, panduan ini juga akan mengalami revisi dan pembaruan secara berkala.


Dalam menyusun kurikulum operasional, satuan pendidikan diberikan wewenang untuk menentukan format dan sistematika penyusunannya.


Panduan meliputi komponen minimal yang ditetapkan oleh Kementerian dalam regulasi yang mengatur Struktur Kurikulum Merdeka dan satu komponen tambahan, yaitu : pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional yang dapat dilaksanakan oleh satuan pendidikan yang siap untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berkelanjutan.


Panduan ini digunakan bersama dengan dokumen-dokumen terkait, di antaranya:

  • Panduan Asesmen dan Pembelajaran dan
  • Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pancasila.


Dokumen-dokumen tersebut diharapkan dapat dibaca dan dipelajari dengan seksama sebagai penunjang pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan.


Download Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan disini


Baca secara online dibawah ini: