Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi di SD, SMP, SMA

Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Jenjang SD, SMP, SMA

Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi di SD, SMP, SMA
 Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi


Gurusd.id- Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar Di SD, SMP dan SMA. Differentiated Instruction adalah jawaban untuk pertanyaan, “bagaimana kurikulum yang fleksibel dapat diterapkan di sekolah yang dapat memberikan layanan pembelajaran yang bervariasi kepada peserta didik (teaching at the right level)? 


Jawaban ini terangkum dalam naskah pengembangan model yang diimplementasikan dalam tiga jenjang sekolah.


Seperti diketahui bahwa di dalam sebuah sekolah atau bahkan sebuah kelas, terdapat berbagai macam karakteristik peserta didik yang memiliki tingkat kesiapan belajar, minat, bakat, dan gaya belajar yang berbeda satu dengan yang lain. 


Oleh karena itu, mereka memerlukan pelayanan pengajaran yang berbeda satu dengan yang lainnya dalam mencapai tujuan pembelajaran.


Carol A. Tomlinson, seorang pendidik sejak tahun 1995 telah menuliskan idenya dalam buku yang berjudul How to Differentiate Instruction in Mixed Ability Classrooms mengenai suatu pengajaran yang memperhatikan perbedaan individu peserta didik.


Kemudian idenya dikenal dengan nama differentiated instruction atau pembelajaran berdiferensiasi. Di dalam pembelajaran berdiferensiasi, guru mengajarkan materi dengan memperhatikan tingkat kesiapan, minat, dan gaya belajar peserta didik.


Guru juga dapat memodifikasi isi pelajaran (konten), proses pembelajaran, produk atau hasil dari pembelajaran yang diajarkan, serta lingkungan belajar di mana para peserta didik belajar. 


Proses pembelajaran berdiferensiasi diterapkan oleh sekolah agar dapat memerdekakan peserta didik dalam belajar karena peserta didik tidak dituntut harus sama dalam segala hal dengan yang lain.


Satuan Pendidikan dapat mengadaptasi pembelajaran berdiferensiasi yang dikembangkan oleh sekolah model


Berikut dibawah ini Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Jenjang SD, SMP, SMA

  • Jenjang SD Download/Baca Online disini
  • Jenjang SMP Download/Baca Online disini
  • Jenjang SMA Download/Baca Online disini

Buku ini merupakan hasil pengembangan perangkat kurikulum dan pembelajaran dalam rangka Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (differentiated instruction) pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar.


Semoga model ini dapat memberikan manfaat bagi sekolah dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.