Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Struktur Kurikulum Merdeka TK/PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB

Struktur Kurikulum Merdeka TK/PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB

Struktur Kurikulum Merdeka TK/PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB
Struktur Kurikulum Merdeka Belajar


Gurusd.id - Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pelayanan kedalam muatan kurikulum. Kurikulum Merdeka terdiri dari kegiatan intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan ekstrakurikuler.


Alokasi jam pelajaran pada Struktur Kurikulum Merdeka dituliskan secara total dalam satu tahun dan dilengkapi dengan saran alokasi jam pelajaran jika disampaikan secara reguler/mingguan.


Selain itu, terdapat penyesuaian dalam pengaturan mata pelajaran yang secara terperinci dijelaskan dalam daftar tanya jawab per jenjang.


Struktur Kurikulum Merdeka terdiri dari dua kelompok yaitu A. Umum,  dan B. untuk Kejuruan. Waktu Praktik Kerja Lapangan adalah 6 bulan di kelas XII pada SMK program 3 tahun dan minimal 10 bulan di kelas XIII pada SMK program 4 tahun.


Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD/TK, SD, SMP, SMA


Pembaharuan pembelajaran bertujuan untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran yang sudah dimulai pada kurikulum-kurikulum sebelumnya.


Karena itu, pembelajaran paradigma baru pun disertai dengan penyesuaian kurikulum ke Kurikulum Merdeka. Struktur kurikulum ini didasari tiga hal yaitu berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel dan karakter Pancasila.


Selain itu, struktur kurikulum berbasis konteks satuan pendidikan pun kembali dikuatkan. Beberapa prinsip dalam pengembangan struktur Kurikulum Merdeka yaitu:

  • Struktur Minimum: Struktur kurikulum minimum ditetapkan tapi satuan pendidikan bisa mengembangkan program dan kegiatan tambahan sesuai visi misi dan juga sumber daya yang tersedia.
  • Otonomi: Kurikulum memberi kemerdekaan pada satuan pendidikan dan pendidik untuk merancang proses dan materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual.
  • Sederhana: Perubahan yang terjadi adalah seminimal mungkin dengan beberapa aspek yang berubah secara signifikan dari kurikulum sebelumnya. Tapi, tujuan, arah perubahan, dan rancangannya jelas dan mudah dipahami sekolah dan pemangku kepentingan.
  • Gotong Royong: Pengembangan kurikulum dan bahan ajar adalah hasil kolaborasi puluhan institusi, di antaranya Kementerian Agama, universitas, sekolah dan lembaga pendidikan lainnya.


Download Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD/TK, SD, SMP, SMA


Pembelajaran diatur berdasarkan jenjang, seperti yang sudah diterapkan pada Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan.


Berikut dibawah ini Sturktur Kurikulum Per jenjang yang dapat didownload atau dibaca secara online melalui google drive:

Struktur Kurikulum PAUD/TK 



Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang SLB (SDLB, SMPLB, SMALB)


Struktur ini didasarkan pada struktur sekolah regular (SD, SMP, dan SMA) dengan menyesuaikan kebutuhan anak berkebutuhan khusus yaitu keterampilan fungsional dan mata pelajaran menunjang kebutuhan tersebut.


Tidak ada perubahan yang signifikan dalam jumlah jam pelajaran. Beban belajar per minggu bisa ditambah sesuai kebutuhan belajar peserta didik dan/atau kebutuhan akademik, sosial, budaya, dan faktor lain yang dianggap penting.


Penyesuaian Struktur Kurikulum SLB:

  • Jam mata pelajaran paling besar adalah Keterampilan (SMPLB dan SMALB) dan Seni dan Prakarya (SDLB).
  • Mata pelajaran Bahasa Inggris bersifat pilihan.
  • Mata pelajaran Seni di SMPLB dan SMALB pada kelompok mata pelajaran umum berfungsi sebagai sarana apresiasi dan terapi.
  • Namun, mata pelajaran Seni pada kelompok keterampilan berfungsi sebagai pembekalan untuk profesi. Tujuan Program Kebutuhan Khusus adalah membantu anak memaksimalkan indera yang dimilikinya dan mengatasi keterbatasannya.
  • Tunanetra: Pengembangan Orientasi, Mobilitas, Sosial dan Komunikasi
  • Tunarungu: Pengembangan Komunikasi, Persepsi Bunyi, dan Irama
  • Tunagrahita: Pengembangan Diri
  • Tunadaksa: Pengembangan Diri dan Gerak
  • Autis: Pengembangan Komunikasi, Interaksi Sosial, dan Perilaku


Struktur Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB)


  • Jumlah jam pelajaran di SDLB sama dengan jumlah mata pelajaran di SD reguler.
  • Satu jam pelajaran di SDLB adalah 35 menit.
  • Sama seperti SD reguler, IPAS diajarkan mulai kelas 3 SD.
  • Pembedanya adalah penekanan jam pelajaran beberapa mata pelajaran yang dianggap relevan dengan penyiapan keterampilan


Struktur Kurikulum SDLB => Lihat File/Download


Struktur Kurikulum Merdeka Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB)


  • Struktur kurikulum SMPLB sama dengan SMP reguler.
  • Satu jam pelajaran di SDLB adalah 40 menit.
  • Pembedanya adalah jumlah jam pelajaran di mata pelajaran tertentu, adanya mata pelajaran keterampilan yang dapat dipilih sesuai bakat dan minat, serta adanya program kebutuhan khusus.


Struktur Kurikulum SMPLB => Lihat File/Download


Struktur Kurikulum Merdeka Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB)


  • Struktur kurikulum SMALB sama dengan SMA reguler.
  • Satu jam pelajaran di SMALB adalah 45 menit.
  • Pembedanya adalah jumlah jam pelajaran di mata pelajaran tertentu, adanya mata pelajaran keterampilan yang dapat dipilih sesuai bakat, minat dan ketersediaan program.


Struktur Kurikulum SMALB => Lihat File/Download


Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang SMK


Struktur Kurikulum SMK dibagi menjadi dua bagian utama yaitu Kelompok Umum dan Kelompok Kejuruan. Selain itu, ada juga penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pengembangan Karakter, Budaya Kerja dan Muatan Lokal.


Kelompok Umum


Kelompok mata pelajaran yang berfungsi membentuk peserta didik menjadi pribadi yang utuh, sesuai fase perkembangannya. Peserta didik diharapkan memiliki norma-norma kehidupan baik sebagai makhluk individu atau makhluk sosial, sebagai warga negara Indonesia atau pun warga dunia.


Beberapa mata pelajaran yang termasuk dalam kelompok umum:

  • IPAS. Mata pelajaran yang memuat literasi ilmu pengetahuan dan sosial yang dirancang dalam tema-teman kehidupan yang kontekstual dan aktual.
  • Bahasa Inggris dan Matematika. Di kelas X, kedua mata pelajaran ini berisi materi umum dan dasar. Sementara di kelas XI dan XII, fokus dua mata pelajaran ini adalah pendalamam materi secara kontekstual terhadap substansi kejuruan pada masing-masing Program Keahlian.
  • Informatika. Mata pelajaran ini dirancang sama dengan satuan pendidikan lain tapi bisa disesuaikan dengan Program Keahlian peserta didik.


Kelompok Kejuruan


Kelompok mata pelajaran yang berfungsi membentuk peserta didik sebagai individu agar memiliki kompetensi sesuai perkembangan dunia kerja serta Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan Budaya.


Beberapa mata pelajaran Kelompok Kejuruan yang ada di SMK:

  • Mata Pelajaran Kejuruan. Di kelas X, Mata Pelajaran Kejuruan berpusat pada pelajaran dasar-dasar Program Keahlian. Di kelas XI dan XII, mata pelajaran ini mencakup kelompok unit kompetensi yang dikembangkan sekolah sesuai dengan Program Keahlian.
  • Mata Pelajaran Kreatif dan Kewirausahaan. Mata pelajaran ini menjadi alat bagi peserta didik untuk mengaktualisisasikan dan mengekspresikan kompetensi yang dikuasai. Hal ini dilakukan melalui pembuatan produk atau pekerjaan layanan jasa secara kreatif dan bernilai ekonomis.
  • Mata Pelajaran Pilihan. Mata pelajaran yang dipilih oleh peserta didik sesuai dengan renjana (passion) untuk pengembangan diri, melanjutkan pendidikan, berwirausaha ataupun bekerja pada bidang yang dipilih. Contohnya adalah mata pelajaran bahasa asing selain Bahasa Inggris atau Mata Pelajaran Kejuruan lintas konsentrasi keahlian.


Pemilihan Konsentrasi Pada Satu Program Keahlian


Ada beberapa hal terkait pemilihan konsentrasi pada satu program keahlian yang perlu diperhatikan:

  1. Pemilihan konsentrasi dilakukan berdasarkan kebutuhan tenaga kerja di dunia kerja yang menjadi sasaran lulusan konsentrasi.
  2. Satu program keahlian bisa mencakup satu atau lebih konsentrasi.
  3. Jika ada konsentrasi yang berbeda dalam satu program keahlian, maka akan diselenggarakan dalam rombongan belajar yang berbeda.
  4. Konsentrasi bisa dilakukan lewat penambahan jam belajar mata pelajaran tertentu sesuai konsentrasi yang dipilih.
  5. Konsentrasi khusus atas permintaan dunia kerja bisa dilakukan lewat penajaman (penambahan jam dan materi) mata pelajaran kejuruan atau pun mata pelajaran pilihan.


Perubahan Penataan Mata Pelajaran dalam Struktur Kurikulum SMK => Lihat File/Download


Post a Comment for "Struktur Kurikulum Merdeka TK/PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB"