Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apakah Anak Saya Mengalami Keterlambatan Perkembangan di Usia Prasekolah?

Apakah Anak Saya Mengalami Keterlambatan Perkembangan di Usia Prasekolah?

Apakah Anak Saya Mengalami Keterlambatan Perkembangan di Usia Prasekolah?
Perkembangan Anak Usia Pra-sekolah


Gurusd.id - Wajar jika Ibu dan Bapak menginginkan yang terbaik untuk anaknya, dan khawatir ketika Ibu dan Bapak mulai curiga bahwa mungkin ada masalah dengan Anaknya. Orang tua dan pengasuh sering kali menjadi orang pertama yang menyadari keterlambatan, dan kekhawatiran ini harus didiskusikan dengan dokter keluarga atau dokter anak. Diagnosis keterlambatan perkembangan dapat dibuat oleh dokter setelah evaluasi yang cermat dan menyeluruh.


Tonggak perkembangan Anak ada banyak untuk beberapa bidang, misalnya keterampilan motorik, bahasa, sosial dan berpikir. 


Penting untuk diingat bahwa ada rentang yang banyak dalam setiap rangkaian pencapaian. 


Keterlambatan perkembangan bukanlah perbedaan kecil dalam mencapai tonggak, mereka lebih berkelanjutan, dan mencerminkan keterlambatan besar dalam pembangunan .


Masalah bahasa dan bicara adalah salah satu jenis keterlambatan perkembangan yang paling umum. 


Ucapan berkaitan dengan bagaimana anak Anda menghasilkan suara dan kata-kata dan suaranya, dan bahasa berkaitan dengan seberapa baik anak Anda memahami orang lain dan seberapa baik anak Anda dapat berbagi pikiran, ide, dan perasaan. 


Penting untuk berbicara dengan dokter Anda tentang perkembangan bicara dan bahasa di setiap kunjungan rutin anak sehat.


Menurut American Speech-Language-Hearing Association, seorang anak berusia dua hingga tiga tahun harus dapat memahami perbedaan makna (besar-kecil, naik-turun) dan dapat mengikuti permintaan ("Dapatkan buku dan meletakkannya di atas meja.") 


Sebagian besar anak berusia dua hingga tiga tahun memiliki kata untuk hampir semua hal, dapat menggunakan dua atau tiga kata untuk membicarakan dan menanyakan sesuatu, dan ucapan mereka dipahami oleh mereka yang mengetahuinya. anak. 


Pada usia tiga hingga empat tahun, seorang anak dapat menjawab dengan sederhana, "Siapa?", "Apa?", "Di mana?" pertanyaan, dipahami oleh orang di luar keluarga, dan dapat berbicara dalam kalimat yang terdiri dari empat kata atau lebih.


Jika Anda memiliki kekhawatiran atau pertanyaan tentang perkembangan bicara dan bahasa anak Anda, jangan ragu untuk menghubungi dokter anak atau dokter keluarga Anda. 


Dokter Anda mungkin mendorong Anda untuk mencari bantuan dari ahli patologi wicara-bahasa bersertifikat, atau mengarahkan Anda ke beberapa layanan intervensi awal. 


Semakin dini Anda mencari bantuan, semakin dini anak prasekolah Anda dapat menerima bantuan tambahan yang mungkin ia butuhkan.


Terimakasih telah berkunjung di Komunitas Guru Sd, Semoga bermanfaat.