Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka (Semua Jenjang) Edisi Revisi

Perubahan Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB dan Paket Terbaru

Perubahan Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB dan Paket Terbaru
CP Kurikulum Merdeka Edisi Revisi Terbaru


Gurusd.id - Capaian pembelajaran dikenal juga dengan istilah learning achievement, achievement standard atau learning outcomes. Secara sederhana, capaian pembelajaran bisa didefinisikan sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap perkembangan peserta didik untuk setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah.


Capaian pembelajaran memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.


Model alternatif ini berfokus pada apa yang diharapkan dari siswa yang harus dilakukan di akhir modul atau program. Oleh karena itu, pendekatan ini biasa disebut sebagai pendekatan berbasis hasil.


Capaian pembelajaran terdiri dari 6 fase (A-F) atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA), sedangkan untuk SLB capaian pembelajaran didasarkan pada usía mental yang ditetapkan berdasarkan hasil asesmen.


Khusus untuk PAUD, istilah capaian pembelajaran mengacu kepada capaian perkembangan bukan capaian pembelajaran.


Mengingat pembelajaran di PAUD berbasis pada enam aspek perkembangan kognitif, sosial emosi, bahasa, fisik dan motorik serta seni.


Aspek-aspek inilah yang menjadi satu kesatuan dalam pembelajaran.


Berikut dibawah ini Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB dan Paket, Terbaru yang sudah Revisi sesuai dengan Keputusan Kepala BSKAP Nomor 033/H/KR/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala BSKAP Nomor 008/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.


  • Download Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka (Semua Jenjang) Edisi Revisi : Lihat/Unduh


Terimakasih telah berkunjung dan mendownload file di Komunitas Guru SD, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka (Semua Jenjang) Edisi Revisi"