Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Memahami Instruksi Diferensiasi beserta Contoh Penerapannya di Kelas

Apa itu Instruksi Diferensiasi beserta Contoh Penerapannya di Kelas

Apa itu Instruksi Diferensiasi beserta Contoh Penerapannya di Kelas
Instruksi Diferensiasi


Gurusd.id - Sama seperti setiap orang memiliki sidik jari yang unik, setiap siswa memiliki gaya belajar masing-masing. Kemungkinannya adalah, tidak semua siswa Anda memahami suatu mata pelajaran dengan cara yang sama atau memiliki tingkat kemampuan yang sama. Jadi, bagaimana Bapak Ibu dapat menyampaikan pelajaran dengan lebih baik untuk menjangkau semua orang di kelas? 


Silahkan Pertimbangkan Instruksi Diferensiasi atau metode yang mungkin pernah Anda dengar tetapi belum dieksplorasi, itulah sebabnya Bapak Ibu ada di sini. 


Dalam artikel ini, pelajari dengan tepat apa arti, cara kerjanya, dan kelebihan dan kekurangan Instruksi Diferensiasi.


Apa itu Instruksi Diferensiasi


Carol Ann Tomlinson adalah pemimpin di bidang pembelajaran Diferensiasi dan profesor kepemimpinan pendidikan, yayasan, dan kebijakan di University of Virginia. Tomlinson menjelaskan Instruksi Diferensiasi sebagai faktor gaya belajar individu siswa dan tingkat kesiapan terlebih dahulu sebelum merancang rencana pelajaran.


Penelitian tentang efektivitas diferensiasi menunjukkan bahwa metode ini bermanfaat bagi banyak siswa, mulai dari mereka yang memiliki ketidakmampuan belajar hingga mereka yang dianggap berkemampuan tinggi.


Instruksi Diferensiasi dapat berarti mengajarkan materi yang sama kepada semua siswa dengan menggunakan berbagai strategi pembelajaran, atau mungkin mengharuskan guru untuk menyampaikan pelajaran pada berbagai tingkat kesulitan berdasarkan kemampuan masing-masing siswa.


Guru yang mempraktikkan diferensiasi di kelas dapat:

  • Merancang pelajaran berdasarkan gaya belajar siswa.
  • Kelompokkan siswa menurut minat, topik, atau kemampuan bersama untuk tugas.
  • Menilai belajar siswa menggunakan penilaian formatif.
  • Kelola kelas untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung.
  • Terus menilai dan menyesuaikan isi pelajaran untuk memenuhi kebutuhan siswa.

Sejarah Instruksi Diferensiasi


Akar dari Instruksi Diferensiasi kembali ke hari-hari gedung sekolah satu kamar, di mana satu guru memiliki siswa dari segala usia di satu kelas. 


Ketika sistem pendidikan beralih ke sekolah penilaian, diasumsikan bahwa anak-anak pada usia yang sama belajar dengan cara yang sama. 


Namun pada tahun 1912, tes prestasi diperkenalkan, dan skor mengungkapkan kesenjangan kemampuan siswa dalam tingkat kelas.


Pada tahun 1975, Kongres mengesahkan Undang-Undang Pendidikan Individu dengan Disabilitas (IDEA), memastikan bahwa anak-anak penyandang cacat memiliki akses yang sama ke pendidikan publik. 


Untuk mencapai populasi siswa ini, banyak pendidik menggunakan strategi Instruksi Diferensiasi. 


Kemudian muncul bagian No Child Left Behind pada tahun 2000, yang selanjutnya mendorong Instruksi Diferensiasi dan berbasis keterampilan—dan itu karena itu berhasil. 


Penelitian oleh pendidik Leslie Owen Wilson mendukung Instruksi Diferensiasi di dalam kelas, menemukan bahwa kuliah adalah strategi instruksional yang paling tidak efektif, dengan hanya 5 sampai 10 persen retensi setelah 24 jam. 


Terlibat dalam diskusi, berlatih setelah terpapar konten, dan mengajar orang lain adalah cara yang jauh lebih efektif untuk memastikan retensi pembelajaran.


Empat cara untuk Instruksi Diferensiasi


Menurut Tomlinson, guru dapat melalukan Instruksi Diferensiasi melalui empat cara: 1) konten, 2) proses, 3) produk, dan 4) lingkungan belajar.


1. Konten

Seperti yang sudah Anda ketahui, isi pelajaran dasar harus mencakup standar pembelajaran yang ditetapkan oleh standar pendidikan distrik sekolah atau negara bagian. 


Tetapi beberapa siswa di kelas Anda mungkin sama sekali tidak terbiasa dengan konsep-konsep dalam pelajaran, beberapa siswa mungkin memiliki sebagian penguasaan, dan beberapa siswa mungkin sudah terbiasa dengan konten sebelum pelajaran dimulai.


Apa yang dapat Anda lakukan adalah membedakan konten dengan merancang kegiatan untuk kelompok siswa yang mencakup berbagai tingkat  Taksonomi Bloom (pengklasifikasian tingkat perilaku intelektual dari keterampilan berpikir tingkat rendah ke keterampilan berpikir tingkat tinggi). Keenam tingkatan tersebut adalah: mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.


Siswa yang tidak terbiasa dengan pelajaran dapat diminta untuk menyelesaikan tugas pada tingkat yang lebih rendah: mengingat dan memahami. Siswa dengan beberapa penguasaan dapat diminta untuk menerapkan dan menganalisis konten, dan siswa yang memiliki tingkat penguasaan yang tinggi dapat diminta untuk menyelesaikan tugas di bidang mengevaluasi dan mencipta.


Contoh kegiatan Instruksi Diferensiasi:

  • Mencocokkan kosakata dengan definisi.
  • Membaca bagian teks dan menjawab pertanyaan terkait.
  • Pikirkan situasi yang terjadi pada karakter dalam cerita dan hasil yang berbeda.
  • Bedakan fakta dengan opini dalam cerita.
  • Identifikasi posisi penulis dan berikan bukti untuk mendukung sudut pandang ini.
  • Buat presentasi PowerPoint yang meringkas pelajaran.

2. Proses

Setiap siswa memiliki gaya belajar yang disukai, dan diferensiasi yang berhasil mencakup penyampaian materi ke setiap gaya: visual, auditori dan kinestetik, dan melalui kata-kata. Metode terkait proses ini juga menjawab fakta bahwa tidak semua siswa memerlukan jumlah dukungan yang sama dari guru, dan siswa dapat memilih untuk bekerja berpasangan, kelompok kecil, atau individu. Dan sementara beberapa siswa mungkin mendapat manfaat dari interaksi satu lawan satu dengan Anda atau asisten kelas, yang lain mungkin dapat maju sendiri. Guru dapat meningkatkan pembelajaran siswa dengan menawarkan dukungan berdasarkan kebutuhan individu.


Contoh Diferensiasi dalam proses:

  • Menyediakan buku teks untuk pelajar visual dan kata.
  • Biarkan pelajar auditori mendengarkan buku audio.
  • Berikan pelajar kinestetik kesempatan untuk menyelesaikan tugas interaktif secara online.


3. Produk

Produk adalah apa yang siswa ciptakan di akhir pelajaran untuk menunjukkan penguasaan konten. Ini bisa dalam bentuk tes, proyek, laporan, atau kegiatan lainnya. 


Anda dapat menugaskan siswa untuk menyelesaikan kegiatan yang menunjukkan penguasaan konsep pendidikan dengan cara yang disukai siswa, berdasarkan gaya belajar.


Contoh Diferensiasi produk akhir:

  • Membaca dan menulis Peserta didik menulis buku laporan.
  • Pembelajar visual membuat organisator grafis dari cerita.
  • Pembelajar auditori memberikan laporan lisan.
  • Pembelajar kinestetik membangun diorama yang menggambarkan cerita.

4. Lingkungan belajar

Kondisi belajar yang optimal mencakup unsur fisik dan psikis. Tata letak ruang kelas yang fleksibel adalah kuncinya, menggabungkan berbagai jenis furnitur dan pengaturan untuk mendukung kerja individu dan kelompok.


Secara psikologis, guru harus menggunakan teknik pengelolaan kelas yang mendukung lingkungan belajar yang aman dan mendukung.


Contoh Diferensiasi lingkungan:

  • Bagi beberapa siswa ke dalam kelompok membaca untuk mendiskusikan tugas.
  • Izinkan siswa untuk membaca secara individual jika diinginkan.
  • Ciptakan ruang yang tenang di mana tidak ada gangguan.


Kelebihan dan Kekurangan Instruksi Diferensiasi


Manfaat diferensiasi di kelas sering kali disertai dengan kelemahan beban kerja yang terus meningkat. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diingat:


kelebihan

  • Penelitian menunjukkan pengajaran berdiferensiasi efektif untuk siswa berkemampuan tinggi serta siswa dengan disabilitas ringan hingga berat.
  • Ketika siswa diberi lebih banyak pilihan tentang bagaimana mereka dapat mempelajari materi, mereka mengambil lebih banyak tanggung jawab untuk pembelajaran mereka sendiri.
  • Siswa tampak lebih terlibat dalam pembelajaran, dan dilaporkan ada lebih sedikit masalah disiplin di kelas di mana guru memberikan Instruksi Diferensiasi.


Kekurangan 

  • Instruksi Diferensiasi membutuhkan lebih banyak pekerjaan selama perencanaan pelajaran, dan banyak guru berjuang untuk menemukan waktu ekstra dalam jadwal mereka.
  • Kurva pembelajaran bisa curam dan beberapa sekolah kekurangan sumber daya pengembangan profesional.
  • Kritikus berpendapat tidak ada penelitian yang cukup untuk mendukung manfaat dari Instruksi Diferensiasi melebihi waktu persiapan yang ditambahkan.


Strategi Instruksi Diferensiasi


Apa strategi Instruksi Diferensiasi yang dapat Anda gunakan di kelas Anda? Ada serangkaian metode yang dapat disesuaikan dan digunakan di berbagai mata pelajaran. 


Menurut Kathy Perez (2019) dan Pusat Aksesstrategi tersebut adalah tugas berjenjang, papan pilihan, pemadatan, pusat/kelompok minat, pengelompokan fleksibel, dan kontrak pembelajaran. 


Tugas berjenjang dirancang untuk mengajarkan keterampilan yang sama tetapi meminta siswa membuat produk yang Diferensiasi untuk menampilkan pengetahuan mereka berdasarkan keterampilan pemahaman mereka. 


Papan pilihan memungkinkan siswa untuk memilih aktivitas apa yang ingin mereka kerjakan untuk keterampilan yang dipilih guru. 


Di papan tulis biasanya pilihan untuk Instruksi Diferensiasi; kinestetik, visual, auditori, dan taktil. 


Pemadatan memungkinkan guru untuk membantu siswa mencapai tingkat berikutnya dalam pembelajaran mereka ketika mereka telah menguasai apa yang diajarkan di kelas. 


Untuk memadatkan, guru menilai tingkat pengetahuan siswa, membuat rencana tentang apa yang perlu mereka pelajari, meminta mereka untuk tidak mempelajari apa yang sudah mereka ketahui,


Pusat minat atau kelompok merupakan salah satu cara untuk memberikan otonomi dalam belajar siswa. Pengelompokan yang fleksibel memungkinkan kelompok menjadi lebih cair berdasarkan aktivitas atau topik. 


Akhirnya, kontrak pembelajaran dibuat antara siswa dan guru, meletakkan harapan guru untuk keterampilan yang diperlukan untuk ditunjukkan dan komponen tugas yang diperlukan dengan siswa meletakkan metode yang ingin mereka gunakan untuk menyelesaikan tugas. 


Kontrak ini dapat memungkinkan siswa untuk menggunakan gaya belajar pilihan mereka, bekerja dengan kecepatan yang ideal dan mendorong kemandirian dan keterampilan perencanaan. Berikut ini adalah strategi untuk beberapa mata pelajaran inti berdasarkan metode tersebut.


Strategi Instruksi Diferensiasi untuk matematika

  • Menyediakan siswa dengan papan pilihan. Mereka dapat memiliki pilihan untuk belajar tentang probabilitas dengan bermain game dengan teman sebaya, menonton video, membaca buku teks, atau mengerjakan soal di lembar kerja.
  • Ajarkan pelajaran mini kepada individu atau kelompok siswa yang tidak memahami konsep yang Anda ajarkan selama pelajaran kelompok besar.
  • Hal ini juga memberikan waktu untuk kegiatan pemadatan bagi mereka yang telah menguasai subjek.
  • Gunakan manipulatif, terutama dengan siswa yang lebih sulit memahami konsep.
  • Mintalah siswa yang sudah menguasai materi pelajaran membuat catatan untuk siswa yang masih belajar.
  • Bagi siswa yang sudah menguasai pelajaran yang diajarkan, tuntut mereka untuk memberikan penjelasan secara mendalam, langkah demi langkah proses penyelesaiannya, dengan tetap tidak kaku terhadap proses tersebut dengan siswa yang masih mempelajari dasar-dasar suatu konsep jika sudah sampai. pada jawaban yang benar.

Strategi Instruksi Diferensiasi untuk sains

  • Emma McCrea (2019) menyarankan untuk menyiapkan “Stasiun Bantuan,” di mana rekan-rekan saling membantu. Mereka yang memiliki lebih banyak pengetahuan tentang subjek akan dapat mengajar mereka yang berjuang sebagai kegiatan penyuluhan dan mereka yang berjuang akan menerima.
  • Siapkan sesi "tanya jawab" di mana peserta didik dapat mengajukan pertanyaan kepada guru atau rekan-rekan mereka, untuk mengisi kesenjangan pengetahuan sebelum mencoba eksperimen.
  • Buat dinding kata visual. Gunakan gambar dan label yang sesuai untuk membantu siswa mengingat istilah.
  • Siapkan pusat minat. Saat belajar tentang dinosaurus, Anda mungkin memiliki pusat "penggalian", pusat membaca, proyek seni dinosaurus yang berfokus pada anatomi mereka, dan pusat video.
  • Menyediakan konten pembelajaran dalam berbagai format seperti menayangkan video tentang dinosaurus, membagikan lembar kerja dengan gambar dinosaurus dan labelnya, serta menyediakan lembar kerja isian dengan fakta menarik tentang dinosaurus.

Strategi Instruksi Diferensiasi untuk Bahasa

  • ASCD (2012) menulis bahwa semua guru perlu menjadi guru bahasa agar konten yang mereka ajarkan di kelas dapat tersampaikan kepada siswa yang bahasa pertamanya bukan bahasa Inggris.
  • Mulailah dengan memberikan informasi dalam bahasa yang digunakan siswa kemudian memasangkannya dengan jumlah terbatas kosakata yang sesuai dalam bahasa Inggris.
  • Meskipun ELL membutuhkan kosakata baru dalam jumlah terbatas untuk dihafal, mereka perlu mengenal sebanyak mungkin bahasa Inggris. Ini berarti bahwa ketika mengajar, guru perlu fokus pada kata kerja dan kata sifat yang terkait dengan topik juga.
  • Kerja kelompok itu penting. Dengan cara ini mereka terpapar lebih banyak bahasa. Namun, mereka harus dikelompokkan dengan ELL lain jika memungkinkan serta diberi tugas dalam kelompok yang berada dalam jangkauan mereka seperti menggambar atau meneliti.

Strategi Instruksi Diferensiasi untuk membaca

  • Tugas berjenjang dapat digunakan dalam membaca untuk memungkinkan siswa menunjukkan apa yang telah mereka pelajari pada tingkat yang sesuai dengan mereka. Satu siswa mungkin membuat papan cerita visual sementara siswa lain mungkin menulis laporan buku. 
  • Kelompok membaca dapat memilih buku berdasarkan minat atau ditugaskan berdasarkan tingkat membaca
  • Erin Lynch (2020) menyarankan agar guru memberikan instruksi dengan memberikan penjelasan eksplisit yang jelas dengan visual. Menjelaskan topik secara verbal dan visual. Gunakan bagan jangkar, gambar, diagram, dan panduan referensi untuk mendorong pemahaman yang lebih jelas. Jika memungkinkan, sediakan klip video untuk ditonton siswa.
  • Gunakan pengelompokan yang fleksibel. Siswa mungkin berada dalam satu kelompok untuk phonics berdasarkan tingkat penilaian mereka tetapi memilih untuk berada di kelompok lain untuk membaca karena mereka lebih tertarik pada buku itu.


Strategi Instruksi Diferensiasi untuk menulis

  • Adakan konferensi menulis dengan siswa Anda baik secara individu atau dalam kelompok kecil. Bicaralah dengan mereka selama proses penulisan dimulai dengan topik mereka dan bergerak melalui tata bahasa, komposisi, dan pengeditan.
  • Biarkan siswa memilih topik tulisan mereka. Ketika topiknya menarik, mereka kemungkinan akan lebih berupaya dalam tugas dan karena itu belajar lebih banyak.
  • Melacak dan menilai kemajuan menulis siswa terus menerus sepanjang tahun. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan jurnal atau daftar periksa. Ini akan memungkinkan Anda untuk memberikan instruksi individual.
  • Bagikan organizer grafis untuk membantu siswa menguraikan tulisan mereka. Cobalah mengisi catatan yang kosong yang memandu siswa melalui setiap langkah proses menulis bagi mereka yang membutuhkan bantuan tambahan.
  • Untuk kelas dasar, berikan kertas bergaris alih-alih jurnal. Anda juga dapat memberikan jumlah garis yang berbeda berdasarkan tingkat kemampuan. Bagi mereka yang pandai menulis, beri mereka lebih banyak baris atau halaman untuk mendorong mereka menulis lebih banyak. Bagi yang masih dalam tahap awal menulis, kurangi garis agar tidak merasa kewalahan.

Strategi Instruksi Diferensiasi untuk pendidikan khusus

  • Gunakan pendekatan multi-indera. Libatkan kelima indra Anda dalam pelajaran Anda, termasuk rasa dan penciuman!
  • Gunakan pengelompokan yang fleksibel untuk menciptakan kemitraan dan ajari siswa cara bekerja sama dalam tugas. Ciptakan kemitraan di mana siswa memiliki kemampuan yang sama, kemitraan di mana sekali siswa akan ditantang oleh pasangannya dan di lain waktu mereka akan mendorong dan menantang pasangannya.
  • Teknologi bantu sering merupakan komponen penting dari instruksi diferensial dalam pendidikan khusus. Berikan siswa yang membutuhkan pembaca layar, tablet pribadi untuk komunikasi, dan perangkat lunak pengenalan suara.
  • Artikel Diferensiasi & Informasi LR untuk Guru SAS menyarankan agar guru fleksibel saat memberikan penilaian “Poster, model, pertunjukan, dan gambar dapat menunjukkan apa yang telah mereka pelajari dengan cara yang mencerminkan kekuatan pribadi mereka”. Anda dapat menguji pengetahuan menggunakan rubrik alih-alih pertanyaan pilihan ganda, atau bahkan membuat portofolio pekerjaan siswa. Anda juga bisa meminta mereka menjawab pertanyaan secara lisan.
  • Gunakan pemodelan eksplisit. Baik itu mencatat, memecahkan masalah dalam matematika, atau membuat sandwich di rumah, siswa berkebutuhan khusus sering kali memerlukan panduan langkah demi langkah untuk membuat koneksi.

Terimakasih telah berkunjung di Komunitas Guru SD, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Memahami Instruksi Diferensiasi beserta Contoh Penerapannya di Kelas"