Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

7 Cara Mengatasi Bosan dan Jenuh Saat Mengajar

Bosan Saat Mengajar? Ini 7 Cara Mengatasinya

Bosan Saat Mengajar? Ini 7 Cara Mengatasinya
Guru Bosan dan Jenus Saat Mengajar


Gurusd.id - Rasa bosan yang muncul saat mengajar menang sangat normal terjadi. Namun, jangan biarkan hal ini terjadi secara terus menerus. Karena jika dibiarkan rasa bosan justru bisa menurunkan produktivitas mengajar. Oleh karena itu, kamu wajib tahu beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bosan saat mengajar di bawah ini.


Dikutip dari laman pijar.info, Rasa bosan biasanya timbul karena seseorang terus melakukan hal yang sama setiap harinya.


Selain itu, rasa bosan saat mengajar biasanya dipicu oleh suasana mengajar yang kurang menyenangkan, materi pelajaran yang terlalu berat, atau tubuh yang lelah.


Tips mengatasi rasa bosan saat mengajar


Pada dasarnya mengatasi rasa bosan saat mengajar bisa dilakukan di kelas ketika mengajar atau ketika sedang tidak mengajar. 


Kalau kamu ingin tahu informasi lebih lengkap tentang cara mengatasi rasa bosan saat mengajar, simak informasi di bawah ini:


1 .Ubah metode mengajar

Mengubah metode mengajar memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, tidak ada salahnya jika mulai sekarang sesekali kamu mengubah metode mengajar saat rasa bosan muncul. 


Karena mengubah metode mengajar telah terbukti efektif mengatasi rasa bosan.


Beberapa contoh mengubah metode mengajar yang mudah dilakukan adalah mengubah metode mengajar dari menyampaikan materi satu arah menjadi diskusi atau sebaliknya. 


Namun, tetap batasi durasi mengubah metode mengajar ya. Karena jika dilakukan terlalu sering, hal ini justru bisa mengganggu kenyamanan siswa.


2. Ciptakan suasana kelas yang menyenangkan


Suasana kelas yang menyenangkan ternyata juga bisa bermanfaat untuk membuat suasana hati guru dan murid senantiasa selalu baik lho. 


Jadi, guru akan terhindar dari rasa bosan dan bisa selalu semangat menyampaikan materi pelajaran dengan sebaik mungkin. 


Beberapa cara membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan adalah menghias kelas dengan hasil karya murid atau membuat yel-yel khusus dan mengucapkannya di saat suasana kerja terasa membosankan.


Selain itu, sesekali kamu juga bisa mengajak murid untuk belajar di luar kelas. Karena hal ini telah terbukti mengatasi rasa bosan yang guru alami dan membuat murid bisa memahami materi pelajaran dengan lebih baik. 


Saat school from home, kamu bisa membuat suasana belajar lebih menyenangkan dengan cara  membuat sesi diskusi di luar materi pelajaran dengan murid atau menyalakan lagu dengan alunan musik pelan. 


Karena hal ini juga telah terbukti bermanfaat untuk mengatasi rasa bosan.


Namun, jangan lupa untuk bertanya kepada murid terlebih dahulu, apakah mereka bersedia jika belajar dengan adanya alunan musik. Karena beberapa murid bisa terganggu dengan adanya alunan musik.


3. Sisipkan waktu untuk istirahat saat mengajar


Menyisipkan waktu untuk istirahat sejenak di tengah padatnya aktivitas mengajar ternyata bisa bermanfaat untuk mengatasi rasa bosan. 


Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengambil istirahat singkat setiap 2-3 jam sekali saat mengajar.


Durasi istirahatnya juga gak perlu lama, yaitu 5-10 menit untuk sekedar bersantai dan membuka media sosial juga sudah cukup bermanfaat untuk mengatasi rasa bosan. 


Namun, sebelum mengambil jeda istirahat beri tahu murid terlebih dahulu ya. Hal ini bermanfaat untuk membuat murid merasa tidak terganggu.


4. Rajin olahraga


Sesibuk apapun kamu usahakan untuk selalu olahraga setiap hari ya. Gak perlu waktu yang lama kok, kadang olahraga selama 5-10 menit saja sudah cukup bermanfaat untuk mengatasi rasa bosan. 


Selain itu, rajin olahraga juga bermanfaat untuk membuat suasana hati (mood) menjadi lebih baik, jadi kamu bisa mengajar dengan perasaan yang senang.


Olahraga yang kamu lakukan juga gak harus berat kok melakukan yoga atau meditasi di pagi hari setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur juga sudah cukup untuk mencegah stres.


5. Tidur yang cukup


Meskipun terlihat sederhana, faktanya tidur yang cukup bisa sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi rasa bosan lho. 


Hal ini karena kurang tidur dapat menyebabkan berkurangnya energi. Ketika tubuh kekurangan energi, maka tubuh akan merasa mudah bosan dan lelah. 


Sebaliknya tidur yang cukup justru bisa bermanfaat untuk menambah energi, sehingga tubuh terhindar dari rasa bosan. 


Untuk mengatasi dan mencegah rasa bosan, idealnya kamu tidur selama 7-9 jam setiap hari.


6. Pelajari hal baru


Rasa bosan biasanya muncul karena kamu hanya mengerjakan hal yang sama setiap harinya.


Untuk mengatasi rasa ini tidak ada salahnya jika kamu mulai mempelajari hal baru di luar mengajar, misalnya belajar memasak, melukis, atau berkebun. 


Karena mempelajari hal baru bisa bermanfaat untuk mengatasi rasa bosan.


7. Kerjakan hobi


Di akhir pekan atau ketika tidak mengajar, jangan lupa untuk mengerjakan hobi. Karena mengerjakan hobi telah terbukti efektif untuk mencegah dan mengatasi rasa bosan. 


Bila perlu di sela-sela mengajar, kamu juga bisa mengerjakan hobi yang mudah dilakukan, seperti menulis artikel atau melukis. 


Kadang ada kalanya untuk menghilangkan rasa bosan, guru perlu melibatkan murid. Ketika hal ini terjadi, selalu berdiskusi dengan murid ya, apakah murid merasa terganggu dengan cara yang guru lakukan  atau tidak.


Jika murid merasa terganggu, ada baiknya guru mencari cara lain untuk mengatasi rasa bosan.


Karena bagaimanapun kenyamanan murid harus selalu diutamakan.


Nah itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa bosan saat mengajar. Jadi, mulai sekarang ketika rasa bosan muncul, jangan lupa untuk melakukan beberapa hal di atas ya.


Karena jika dibiarkan rasa bosan bisa mengganggu produktivitas mengajar. Terimakasih telah berkunjung di Komunitas Guru SD, Semoga bermanfaat.