Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membagi Waktu Antara Belajar dan Bermain Anak

7 Cara Membagi Waktu Antara Belajar dan Bermain Anak

Cara Membagi Waktu Antara Belajar dan Bermain Anak
Belajar dan Bermain


Gurusd.id - Anak-anak usia sekolah baik usia SD, SMP, maupun SMA, sering kali merasa kewalahan dengan jadwal kegiatan sehari-hari mereka. Kegiatan mereka dimulai dari bangun pagi, bersiap untuk sekolah, berhadapan dengan kemacetan lalu lintas, kegiatan belajar di kelas sepanjang hari sampai ke kegiatan ekstrakurikuler atau pendalaman materi di sore hari.


Akhir pekan mereka dipenuhi dengan berbagai les, pertandingan olahraga, bergaul dengan teman-teman atau beribadah bersama keluarga.


Ketika anak menghabiskan terlalu banyak waktunya dengan belajar, maka anak akan mengalami kelelahan atau kejenuhan. 


Di sisi lain, ketika anak terlalu sering bermain atau bermalas-malasan, maka anak akan ketinggalan pelajaran dan prestasinya akan merosot. 


Oleh karena itu, penting bagi anak usia sekolah untuk mengatur waktu agar jadwal sehari-harinya tetap seimbang dan menyenangkan.


Dikutip dari laman penerbitbmedia.com, berikut kiat Membagi Waktu antara Belajar dan Bermain


Kiat Membagi Waktu antara Belajar dan Bermain


Berikut Beberapa Tips Membagi Waktu antara Belajar dan Bermain

  • Buat agenda harian. Agenda harian berfungsi sebagai jadwal rangkaian kegiatan anak setiap hari, seperti belajar, mengerjakan tugas, bermain, tidur, dan sebagainya.
  • Buat target belajar mingguan. Target apa saja yang ingin dicapai dalam minggu ini, seperti mengerjakan LKS Matematika, menghafalkan Biologi, dan semacamnya.
  • Mengatur waktu pengerjaan tugas pelajaran. Jangan menunda tugas, segera kerjakan sepulang dari sekolah.
  • Tentukan jenis-jenis sarana bermain yang boleh dilakukan setiap minggunya. Misalkan karate, sepak bola, membaca komik, menonton televisi, dan sebagainya.
  • Belajar di waktu belajar, bermain di waktu bermain. Ketika waktu belajar, maka belajarlah dengan sungguh-sungguh. Lupakan tentang bermain, malas, dan mengeluh. Begitu juga dengan waktu bermain, mainlah sepuasnya di waktu yang sudah dijadwalkan dan jangan ingat-ingat pelajaran.
  • Mengorbankan waktu bermain jika ada kegiatan sekolah yang mendadak.
  • Disiplin terhadap aturan waktu. Taatilah agenda harian yang telah disusun dengan sungguh-sungguh. Agar mudah dalam menjalani agenda harian, agenda tersebut sebaiknya ditempatkan pada tempat yang mudah dilihat.


Demikian beberapa tips yang bisa dicoba untuk membagi waktu antara waktu belajar dan waktu bermain.


Terimakasih telah berkunjung di Komunitas Guru SD, Semoga bermanfaat