Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Merancang Pembelajaran yang Bermakna di Kelas

Merancang Pembelajaran yang Bermakna

Tips Merancang Pembelajaran yang Bermakna di Kelas
Merancang Pembelajaran


Gurusd.id - Belajar itu bergerak dari satu titik ke titik yang lain, selalu ada pengalaman baru, baik bagi murid maupun guru. Hal tersebut bisa dilakukan ketika ada desain pembelajaran, artinya perlu ada rencana.


Namun, tak ada gading yang tak retak, tak ada rencana yang sempurna. Meski begitu, kita harus mengusahakan yang terbaik.


Nah, mengkreasi belajar sebagai bertambahnya pengalaman dapat dilakukan dengan hal-hal berikut ini:


Membuat Kegiatan yang Menantang


Belajar harus dibuat menantang, tanpa tantangan belajar hanya akan menjadi aktivitas yang hambar. Tantangan juga akan mendorong munculnya adrenalin, membuat murid terpacu semangat dan motivasinya, ujungnya akan memicu kepuasan.


Ada Kesempatan untuk Melakukan


Mempraktikkan secara langsung jauh lebih efektif daripada hanya mendengar. Ketika praktik, banya hal yang berkembang, banyak indera yang diaktifkan.


Keterampilan-keterampilan lainnya misalnya: perencanaan, pengambilan keputusan, empati dan lai-lain juga berkembang. Praktik merangsang murid mengembangkan dan menunjukkan performa terbaiknya.


Adanya Percakapan yang Kreatif


Percakapan kreatif adalah percakapan yang memberi kesempatan kepada murid untuk berpikir mandiri dan menemukan hal-hal baru. Lazimnya, ketika ada murid yang bertanya, guru langsung memberi jawabannya.


Hal seperti ini tidak melatih murid berpikir kreatif. Alih-alih memberi jawaban, berilah pertanyaan balik yang membuat murid berpikir mencari jawaban atas pertanyaannya.


Sediakan Waktu untuk Refleksi


Refleksi adalah bagian (penting) dari proses belajar, disinilah pengikatan makna terjadi. Murid mencoba memahami hakikat apa yang dipelajarinya.


Ketika terbiasa diajak melakukan refleksi, murid akan mudah menentukan langkah perbaikan. Tak kalah penting, rekfleksi membuat murid terbuka dan jujur apda diri sendiri.


Terimakasih telah berkunjung di Komunitas Guru SD, Tulisan ini dikutip dari buku "Ada yang Asyik di Kelas yang Berisik via Suhud Rois. Semoga bermanfaat.