Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Guru Itu Dimuliakan, Bukan Untuk Dilecehkan

Guru Itu Dimuliakan, Bukan Untuk Dilecehkan

Guru Itu Dimuliakan, Bukan Untuk Dilecehkan
Terima kasih Guru - Gambar: istockphoto


Gurusd.id - Saya mendapat kiriman iklan, game online, Hago. Saya tonton iklan itu berulang-ulang, sembari bertanya-tanya dalam hati “benarkah ini iklan?” Bila dijelaskan dengan bahasa tertulis, kurang lebih skenarionya begini: berikut artikel Guru Itu Dimuliakan, Bukan Untuk Dilecehkan, yang kami dikutip melalui laman jamilazzaini.com.


Disuatu kelas, terdapatlah seorang bapak guru yang galak. Ia sedang menulis materi pelajaran di papan tulis. Ada satu murid yang mendapat hukuman, berdiri di depan kelas. Siswa lain dengan terkantuk-kantuk dan kurang antusias mengikuti pelajaran dengan terpaksa.


Saat sang guru dengan wajah galak memperhatikan siswa di kelas, datanglah seorang siswa yang terlambat.


Sang guru yang digambarkan galak tersebut langsung berubah ekspresinya, wajah yang semula galak, tiba-tiba menebar senyum.


Setelah itu, sang guru segera menghampiri anak yang terlambat tersebut dengan sikap seperti seorang anak buah rendahan kepada bosnya.


Badannya sedikit dibungkukkan, lalu tasnya ia bawakan untuk diletakkan di meja siswa. Dan si anak yang berlagak seperti bos dipersilakan duduk di kursinya, sang guru berperilaku layaknya anak buah kepada majikannya.


Si anak yang terlambat duduk, dagunya ia angkat, tanpa berkata sepatah pun. Semua teman-temannya langsung melihat ke arah sang murid terlambat dengan mulut terbuka tanda bahwa mereka kagum.


Mengapa sang guru berperilaku seperti itu? Jawabnya ada di akhir iklan berdurasi 30 detik itu. Ternyata, siswa tersebut jago bermain games online dan sang bapak guru galak adalah lawan mainnya.


silakan yang ingin menonton video iklan yang melecehkan guru dibawah ini.



Sungguh, iklan ini bagi saya merendahkan profesi guru. Juga menunjukkan rendahnya adab seorang murid terhadap guru.


Saya, sebagai orang tua yang pernah anak saya kecanduan game sangat menyesalkan iklan ini. Kami pernah kesulitan mengajak anak untuk lebih produktif karena lebih suka bermain game, tiba-tiba mendapat tontonan yang membudayakan siswa dan guru bermain game.


Untuk menyadarkan anak yang kecanduan bermaib game online itu perlu waktu dan menguras energi. Menurut saya, iklan ini membuat orang tua seperti sata sangat kecewa.


Iklan tersebut adalah tontonan yang sangat tidak layak menjadi tuntunan. Bagi saya, kreativitas harus tetap menjunjung tinggi moralitas.


Terimakasih telah berkunjung di Komunitas Guru SD. Semoga bermanfaat.


Catatan: Untuk yang ingin mengirimkan Artikel terkait pendidikan silahkan kirim ke email kami di gurusd212@gmail.com dan silahkan chat konfirmasi ke laman fb kami Komunitas Guru SD

Post a Comment for "Guru Itu Dimuliakan, Bukan Untuk Dilecehkan"