Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

15 Ide Kreatif Membuat Hiasan Pensil dan Pulpen

15 Ide Kreatif Membuat Hiasan Pensil dan Pulpen yang Bisa Buat Anak Semangat Belajar di Rumah dan Kelas

15 Ide Kreatif Membuat Hiasan Pensil dan Pulpen
Hiasan Pensil dan Pulpen


Gurusd.id - Tugas besar terutama bagi para orang tua, harus pintar dan memiliki trik untuk mengajak anak fokus dan mau untuk belajar hal baru yang umumnya mulai banyak berhubungan dengan kegiatan belajar dan menulis.


Berikut dibawah ini ada tips yang bisa dicoba bagi para orang tua dan guru untuk membuat peralatan belajar yang menghibur dan tidak monoton, salah satunya perlengkapan alat tulis yang dibuat unik sedemikian rupa supaya anak tetap semangat sewaktu belajar.


Hiasan alat tulis yang umumnya terdiri dari pensil dan pulpen yang bisa dihias untuk menemani proses belajar anak? Yuk langsung cek deretan ide berikut yang kami kutip melalui laman nggo.com.


1. Hiasan roket



Hiasan kali ini cocok bagi para anak lelaki, bila ingin membuat sendiri caranya pun tidak terlalu sulit, bisa memanfaatkan kertas berwarna yang saat sudah jadi lalu langsung ditempelkan pada bagian atas dari pensil atau pulpen


2. Rajutan wajah hewan



Dengan bentuk kepala hewan yang lucu, kalau belum bisa membuat sendiri para orangtua bisa mendapatkannya dengan membeli dalam bentuk jadi, beragam bentuk dan warna bisa disesuikan dengan karakter kesukaan anak.


3. Karakter princess



Kalau yang satu ini sudah pasti jadi favorit para anak perempuan, tinggal memilih karakter putri kesukaan yang terdiri mulai dari Snow White sampai Cinderella.


4. Penghapus berbentuk wajah



Sebenarnya bukan hal baru, penghapus pada bagian atas pensil memang bisa diandalkan dan memudahkan anak ketika ada kesalahan saat menulis.


Bedanya, keberadaan penghapus di bagian atas pensil ini bisa dibuat dengan bentuk dan karakter yang lucu serta unik.


5. Karakter manusia salju



Bukan cuma sebatas pensil dengan warna dan bentuk kayu sederhana, penyertaan bungkusan yang identik dengan perayaan tertentu, disertai karakter serupa bisa jadi pilihan hiasan yang unik lho.


6. Karakter hewan flannel



Kalau sebelumnya ada karakter hewan dari bahan rajut, kali ini kamu bisa membuat sendiri di rumah dengan lebih gampang menggunakan sisa kain flannel yang dibentuk menyerupai karakter hewan tertentu.


7. Bintang dan kreasi



Yang satu ini lengkap dengan cara membuat bagi kamu yang mau mencoba sendiri, bisa ajak sang anak juga dalam pembuatannya.


Di sisi lain, apabila anak membuat sendiri hiasan alat tulisnya, bukan tidak mungkin akan menambah semangat untuk belajar menggunakan alat tulis yang dia kreasikan sendiri.


8. Karakter burung hantu



Untuk bisa membuat hiasan pensil dengan bentuk seperti gambar di atas caranya cukup mudah, hanya perlu menggunakan kertas warna yang dibentuk pola hingga menyerupai burung hantu, karakter bisa semakin dibuat beragam dengan keberadaan bentuk mata.


9. Hewan dan bunga berwarna pastel



Pilihan lain untuk anak perempuan yang biasanya menyukai warna-warna sederhana tapi unik seperti pastel, dengan pilihan warna ini bisa membuat bentuk bunga, kupu-kupu, dan hewan sejenisnya.


10. Bentuk kincir angin



Selain karakter hewan, bunga, dan tumbuhan, kamu juga bisa membuat benda lain yang penuh warna seperti bentuk kincir angin, menggunakan barang bekas seperti kancing untuk bagian tengah kincir angin juga sangat bisa dilakukan lho.


11. Karakter khusus perempuan dan laki-laki



Ide ini bisa coba diterapkan bagi kamu yang mungkin berprofesi sebagai guru di taman kanak-kanak, saat situasi sudah normal dan pembelajaran tatap muka sudah kembali dilakukan. 


Coba buat hiasan alat tulis seperti gambar satu ini yang bisa dibagikan kepada masing-masing anak.


12. Lilitan karakter di sepanjang pensil



Kalau sebelumnya hanya berupa hiasan di bagian ujung pensil, kali ini bisa dibuat lebih bervariasi dengan lilitan tali penuh warna cerah yang dipakaikan dari bagian tengah pensil sampai ujungnya yang diakhiri dengan karakter wajah, dijamin bakal menarik perhatian anak nih.


13. Hiasan abjad



Bukan cuma karakter berbentuk hewan, bunga, tanaman, dan kartun, bisa juga loh menggunakan abjad di setiap pensil dan memilih abjad yang sesuia dengan inisial nama anak, atau mungkin sekedar abjad kesukaannya.


14. Hiasan berbentuk buku



Bentuk karakter buku tersenyum juga bisa kamu pilih sebagai objek yang mau dijadikan hiasan untuk pensil yang digunakan untuk anak.


Jangan lupa variasikan dengan warna yang beragam supaya lebih menarik ya.


15. Karakter berambut lebat



Kalau yang satu ini pasti sudah lumayan sering dijumpai sebagai salah satu bentuk untuk hiasan di alat tulis baik berupa pensil atau pulpen.


Selain berbahan kain penuh warna seperti gambar di atas, banyak juga ditemui yang berbahan serabut kayu.


Terimakasih telah berkunjung di Komunitas Guru SD, semoga bermanfaat.