Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

15 Ide Kreatif Membuat Mainan dari Barang Bekas

15 Ide Kreatif Membuat Mainan dari Barang Bekas yang Menarik

15 Ide Kreatif Membuat Mainan dari Barang Bekas
Mainan dari Barang Bekas


Gurusd.id - Mainan anak tidak harus selalu mahal. Anda juga bisa membuat mainan anak dari barang bekas yang tak kalah mengasyikkan. Bahkan, anak-anak juga bisa ikut membuat mainan tersebut bersama Anda sebelum memainkannya.


Ada banyak barang bekas yang bisa Anda kreasikan menjadi mainan si anak. Jika Anda tertarik, berikut ini beberapa ide kreatif membuat mainan anak dari berbagai barang bekas yang kami kutip dari laman temonggo.com.


1 Robot dari Botol Aqua



Salah satu barang bekas yang sering dimanfaatkan untuk membuat mainan anak adalah Botol Aqua. Jadi, mulai sekarang Anda perlu mempertimbangkan untuk tidak begitu saja membuang Botol Aqua tersebut.


2 Truk dari Kertas jeruk



Membuat truk dari kertas jeruk pun tidak sulit. Selain kertas jeruk Anda hanya perlu menyiapkan kertas warna, cat, gunting, dan lem saja.


Gunakan cat untuk mewarnai permukaan kertas jeruk. Kemudian, tempelkan kertas warna yang sudah dibentuk menjadi truk pada kertas jeruk tersebut.


Untuk membuat dasarnya, buat saja persegi panjang lalu lipat menjadi dua. Mudah bukan?


3 Mobil-mobilan dari Botol Kisprey



Selain dikreasikan menjadi rumah-rumahan, Anda juga bisa menyulap botol kisprey menjadi mainan berbentuk mobil ini.


Sama halnya dengan rumah-rumahan, Anda tidak perlu menyiapkan banyak alat dan bahan untuk membuatnya. Mobil tersebut dibuat menggunakan botol kisprey dan cat.


4 Helikopter dari Pipet



Anda bisa membuat helikopter yang dilapisi permukaan pipet dengan botol aqua warna terlebih dulu. Kemudian, bentuk pipet dan boto aqua warna seperti sayap.


Tempelkan kertas warna tersebut pada pipet lalu pasang pada bagian belakang . Setelah itu, tempelkan bola di bagian atas pipet.


5 Helikopter dari Stik



Si kecil, terkadang memiliki banyak stik yang tersisa. Anda bisa memanfaatkan barang tak terpakai tersebut untuk membuat mainan yang murah namun tetap menyenangkan.


6 Rumah dari stik



Anda bisa menyulap stik menjadi rumah seperti pada gambar. Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan pewarna kuning untuk mewarnai stik tersebut.


Kemudian sedikan juga stik warna hijau untuk atapnya.


7 Dinasaurus dari botol bekas



Anda bisa menambahkan detail kepala dinasaurus  dan buntut tersebut menggunakan spidol atau cat warna lain.


Jangan lupa untuk menambah detail seperti mata serta kulit pada bagian kepala dan kakinya.


8 Mainan Bentuk Peswat dari Botol Plastik



Mainan dari botol bekas ini bisa Anda buat sendiri di rumah. Anda bisa membuatnya menggunakan botol bekas pewangi pakaian.


Meskipun terlihat sulit, proses pembuatan mainan bentuk pesawat ini sebenarnya cukup mudah. Anda bahkan tidak perlu memotong botol bekas tersebut terlebih dahulu.


9 Roket Mainan dari Botol Plastik



Anda juga bisa membuat roket dari botol plastik dan kertas karton. Supaya lebih mudah, gunakan botol bekas air mineral dengan tutup yang menyerupai roket.


Kemudian, cat seluruh permukaan botol tersebut dengan warna putih. Anda bisa membuat sayapnya dari karton yang dilapisi kertas warna perak.


Siapkan juga empat tutup botol bekas yang berbentuk bulat. Tempelkan pada bagian bawah botol untuk melengkapi roket mainan tersebut.


10 Pesawat Terbang dari stik



Kreasi mainan dari barang bekas ini tidak membutuhkan banyak modal. Bahkan, Anda mungkin tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali untuk membuat mainan berbentuk pesawat terbang ini.


Mainan ini dibuat dengan menggunakan stik bekas. Sedangkan alat yang dibutuhkan hanya lem dan gunting saja.


Proses pembuatannya pun tidak sulit. Anda bisa mengajak si kecil untuk ikut membuatnya.


Daripada membiarkan badan pesawat dari stik tersebut terlihat monoton, Anda juga bisa mengecatnya dengan warna kesukaan si kecil. Tambahkan juga hiasan lain agar semakin menarik.


11 Kapal berlayar dari Botol Plastik



Siapkan datu botol plastik bekas minuman bersoda. Kemudian gunakan cat semport untuk mewarnai botol-botol tersebut.


Setelah itu, Anda bisa menggambar karakter kapal pada botol tersebut sesuai kreativitas dan selera.


Setelah selesai, jangan lupa sediakan lidi sebagai penopangnya. Meskipun tidak sama persis, anak-anak tetap bisa memainkannya dengan seru.


12 Mobil untuk Botol bekas



Anak Anda suka bermain mobil-mobilan? Mainan  ini bisa menjadi alternatif yang murah dan mudah dibuat.


Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyediakan satu botol bekas yang masih berbentuk boks. 


Susun botol bekas dan tutupnya tersebut seperti pada gambar. Anda bisa menempelkan satu dus dengan lainnya menggunakan lem serbaguna supaya tidak mudah terpisah.


Setelah itu, biarkan si kecil mendekorasi mobil tersebut sendiri.


13 Mainan Bentuk Kereta Api dari Kardus



Mainan dari kardus ini bisa menjadi pilihan berikutnya. Selain dijadikan mainan, kardus yang dibentuk seperti kereta api ini juga bisa diletakkan di atas meja sebagai pajangan.


Proses pembuatannya pun cukup mudah. Anda bisa memanfaatkan pola kreasi kereta api dari kardus yang sudah ada di internet. 


Setelah tersusun menjadi kereta api, Anda bisa mengecatnya dengan warna favorit si kecil. Anda juga bisa menambahkan hiasan lain pada kereta api tersebut.


14 Kapal Mainan dari Kardus



Mainan berbentuk kapal ini terbuat dari kardus. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Tidak ada aturan khusus untuk membuatnya, jadi gunakan kreativitas Anda sebisa mungkin.


Anda bisa memanfaatkan kardus bekas kulkas atau barang elektronik lainnya yang cukup besar untuk membuat kapal mainan tersebut.


Sebagai hiasan, sediakan juga CD yang sudah tidak terpakai, kertas warna, cat, dan stiker.


Setelah jadi, Anda bisa meminta si kecil untuk menghias kapal tersebut sendiri menggunakan barang-barang yang sudah disediakan.


Jika Anda tidak punya waktu untuk membuat versi besarnya, tak ada salahnya mencoba mengkreasikan kardus tersebut menjadi kapal mainan berukuran kecil.


15 Kostum Mainan dari Kardus



Bukan rahasia jika anak-anak mempunyai kreativitas dan imajinasi tanpa batas. Oleh sebab itu, mereka terkadang suka bermain peran.


Untuk mendukung hobi mereka tersebut, Anda bisa membuatkan kostum mainan dari kardus.


Anda bisa membuatkan perlengkapan baju zirah seperti topi dan perisai perang dari kardus. Anda juga bisa membuat pedang mainan dari bahan yang sama.


Demikianlah beberapa inspirasi mainan anak dari barang bekas yang mudah dibuat. Terimakasih telah berkunjung di Komunitas Guru SD, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "15 Ide Kreatif Membuat Mainan dari Barang Bekas"