Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menjelaskan Konsep Bilangan Desimal pada Anak

Cara Menjelaskan Konsep Bilangan Desimal pada Anak

Cara Menjelaskan Konsep Bilangan Desimal pada Anak
Konsep bilangan desimal. istockphoto


Gurusd.id - Ibu Bapak, apakah anak anda sudah mulai belajar tentang bilangan desimal? Apa anak merasa sulit menangkap konsepnya? Menjelaskan konsep bilangan yang satu ini pada anak memang sedikit sulit. 


Bilangan desimal sebenarnya merupakan cara lain dalam melihat angka dan pecahan. Tapi untuk memahami ini, anak mungkin butuh beberapa bantuan contoh dan penjelasan.


Nah, supaya Ibu Bapak tidak pusing, bisa disimak cara menjelaskan konsep bilangan desimal pada anak berikut ini yang kami kutip melalui laman sekolah.mu.


Apa itu Angka Desimal?


Angka desimal adalah angka yang berada di belakang koma dan merupakan sebuah cara untuk menuliskan angka yang tidak utuh atau yang mengandung pecahan. 


Hubungan antara desimal dan pecahan adalah kunci bagi anak untuk memahami konsep desimal. Bahwa angka desimal adalah cara lain mengekspresikan pecahan.


Bilangan desimal bisa dibilang juga sebagai bilangan di antara, contohnya 7,5 adalah bilangan di antara 7 dan 8. 


Jelaskan Posisi Angka Dalam Setiap Digit 


Selain mengetahui pengertian dan contoh angka desimal, anak juga butuh memahami posisi angka dalam setiap digitnya.


Ibu Bapak bisa menuliskan serangkaian angka dan menjelaskan nilai dalam setiap posisi angka tersebut.


Sebagai contoh, Ibu Bapak bisa menuliskan angka 879. Lalu bisa lanjut menjelaskan bahwa angka 8 mewakili ratusan, angka 7 mewakili puluhan, dan angka 9 mewakili satuan. 


Jelaskan Bilangan Desimal Sebagai Bilangan Di Tengah


Setelah memahami posisi angka dalam setiap digit, Ibu Bapak bisa menjelaskan bahwa tidak semua angka utuh seperti itu. 


Ada banyak angka di antara dua angka yang utuh. Ibu Bapak bisa menuliskan koma di samping kanan sebuah angka dan menjelaskan bahwa angka yang ditulis setelah tanda koma tersebut menunjukkan nilai yang lebih besar dari angka tersebut namun lebih kecil dari angka selanjutnya.


Contoh, Ibu Bapak menuliskan angka 5 dan menambahkan angka desimal setelahnya, misal 5,5. Jelaskan bahwa angka 5,5 tersebut lebih besar dari angka 5 tapi belum sampai ke angka 6.


Menggunakan Bagan Kosong


Salah satu cara lain untuk menjelaskan konsep bilangan desimal adalah dengan menggunakan bagan kosong, berupa diagram kotak yang berisi kotak-kotak kosong.


Jumlah kotak bisa dimulai dengan 10 kotak yang setiap kotaknya mewakili 0.1 atau 1/10 atau 100 kotak yang setiap kotaknya mewakili 0.01 atau 1/100. 


Diagram kotak ini bisa memberikan pemahaman konkrit seperti pembagian atau partisi kecil dari bilangan utuh.


Setiap kotak bisa diwarnai untuk menunjukkan pertambahan nilainya. Misal dua kotak berwarna pada diagram 10 kotak menunjukkan nilai 0.2.


Jelaskan Kesetaraan Bilangan Desimal Dengan Pecahan 


Dari bagan kosong di atas, Ibu Bapak bisa sekaligus menjelaskan bahwa bilangan desimal dan pecahan sebenarnya adalah dua cara merepresentasikan nilai yang sama.


Bisa juga dengan merobek potongan salah satu kotak dari 10 kotaknya, dan menjelaskan bahwa ini mewakili 1/10 atau 0,1.


Selain itu, Ibu Bapak bisa menjelaskan juga konversi dari pecahan menjadi desimal, seperti bagaimana 25/100 bisa dituliskan sebagai 0,25. 


Menggunakan Stik


Cara lain untuk memvisualisasi bilangan desimal adalah dengan cara membuat stik desimal. Tidak sulit membuatnya, cukup ambil sebuah stik panjang kemudian tempel angka 1 di sebelah ujung kanannya, dan 0 di ujung satunya.


Lalu minta anak untuk menempelkan angka 0,5 di tengah-tengahnya. Ajak anak untuk berpikir angka-angka desimal lain di antaranya.


Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Cara Menjelaskan Konsep Bilangan Desimal pada Anak, terimakasih telah berkunjung di Komunitas Guru SD, semoga bermanfaat.