Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Manfaat Belajar Matematika untuk Perkembangan Otak Anak

5 Manfaat Belajar Matematika untuk Perkembangan Otak Anak

Belajar Matematika - fhoto by istockphoto


Gurusd.id - Ibu Bapak mempunyai tugas penting dalam mendidik anak sehingga siap menyongsong masa depan. Dalam prosesnya, ada banyak pengetahuan yang dibutuhkan oleh anak, termasuk matematika.


Ibu Bapak mungkin berpikir kalau manfaat belajar matematika hanya untuk kepentingan akademik. Padahal, anak bisa memperoleh manfaat jauh lebih besar dari itu, lho. 


Manfaat Belajar Matematika untuk Anak


Berikut dibawah ini lima manfaat besar yang bisa didapatkan oleh anak ketika belajar matematika yang kami kutip melalui laman sekolahmuridmerdeka.id


1. Bagus untuk Perkembangan Otak


Riset oleh Dr. Tanya Evans dari Universitas Stanford pada 2015 memperlihatkan bagaimana proses belajar matematika mendorong perkembangan otak anak. 


Dalam riset tersebut, terungkap kalau anak yang belajar matematika mempunyai perkembangan otak lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak belajar matematika. 


Tingkat perkembangan otak pada anak yang belajar matematika itu secara khusus berkaitan erat dengan berbagai kemampuan kognitif. 


Beberapa di antaranya adalah terkait kemampuan mengambil keputusan serta memfokuskan pikiran pada objek tertentu. 


2. Membantu Belajar Mengelola Keuangan


Ketika anak belajar matematika, mereka akan memiliki kemampuan berhitung yang baik. Pengetahuan ini, selanjutnya dapat membantu mereka dalam proses belajar mengelola keuangan pribadi. 


Mereka punya kemampuan untuk mengatur agar pengeluaran tidak lebih besar dibanding yang yang dimiliki. 


Pengelolaan keuangan pribadi adalah kemampuan penting yang harus dimiliki oleh anak. Keahlian ini dapat membantu anak untuk menjaga agar keuangan pribadi tetap sehat. 


Beban utang yang mereka punyai juga sangat minim dan tidak akan terlalu berdampak pada kondisi keuangan secara menyeluruh.


3. Mendorong Kemampuan Problem Solving


Manfaat belajar matematika bagi anak yang tidak kalah penting adalah mendorong kemampuan mereka dalam menyelesaikan sebuah permasalahan atau problem solving. 


Belajar matematika membantu anak untuk terbiasa melakukan analisis dan mencari solusi yang terbaik untuk sebuah permasalahan. 


Kemampuan analisis berkaitan erat dengan cara berpikir anak secara kritis dalam memandang setiap permasalahan di sekitar. 


Di waktu yang sama, matematika mendorong anak untuk mengembangkan kemampuan berpikir yang logis dalam setiap menghadapi setiap problem. 


Kemampuan berpikir logis mempunyai kaitan yang sangat erat dengan problem solving. Anak yang terbiasa berpikir secara logis akan memilih untuk membagi permasalahan dalam skala yang lebih kecil. 


Selanjutnya, mereka bisa mencari setiap solusi atas masing-masing permasalahan. 


Cara berpikir seperti ini membuat anak bisa mencoba cara yang kreatif dalam setiap penyelesaian masalah. Dengan begitu, mereka akan terbiasa untuk mencari sebuah solusi secara kreatif dan cerdas. 


4. Matematika Dibutuhkan dalam Kehidupan Sehari-hari


Manfaat belajar matematika tidak hanya dibutuhkan ketika anak bercita-cita menjadi seorang ahli matematika atau ilmuwan. 


Anak juga memerlukan keahlian matematika ketika mereka menjalani karier lain di masa depan. Setidaknya, mereka perlu memahami konsep matematika dasar. 


Contohnya, seorang programmer harus mempunyai cara berpikir yang logis dan kerap memerlukan kemampuan berhitung dalam proses pembangunan sebuah software. 


Demikian pula seorang tenaga arsitek atau ahli sipil yang perlu memiliki dasar matematika yang kuat agar dapat menghasilkan desain bangunan yang estetis dan berkualitas. 


5. Meningkatkan Kemampuan Logika


Manfaat terakhir dan tidak kalah penting adalah terkait dengan pengembangan kemampuan berpikir logis. 


Hal ini berkaitan erat dengan tujuan pembelajaran matematika dalam memahami sebuah pola yang terlihat abstrak.


Awalnya, anak akan belajar dengan pola yang terlihat sederhana dan dapat mereka selesaikan dengan mudah.


Seiring waktu, anak bakal memiliki kemampuan untuk mengenali serta menyelesaikan problem dengan pola yang rumit. 


Nah, itulah manfaat belajar matematika bagi anak yang perlu Ibu Bapak ketahui.


Ibu Bapak pun bisa mulai mengajarkan konsep matematika kepada anak sejak dini, termasuk ketika berada di rumah. 


Konsep dasar tersebut selanjutnya bisa membantu anak dalam memahami pembelajaran matematika di sekolah. 


Dengan cara seperti itu, matematika akan menjadi bagian dari keseharian anak. Mereka tidak akan menganggapnya sebagai sebuah beban, melainkan hal yang menyenangkan.


Video Kreatif Komunitas Guru SD



Terimakasih telah berkunjung di www.gurusd.id, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Manfaat Belajar Matematika untuk Perkembangan Otak Anak"