Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Download pdf Permainan Edukatif Maze / Labirin

Download pdf Permainan Edukatif Maze / Labirin
Permainan labirn


Download Permainan Edukatif Dengan MAZE / Labirin 

LEMBAR KERJA LKS

Gurusd.id - Permainan maze atau yang dikenal dengan istilah labirin adalah sebuah permainan mencari jalan keluar dari jalan yang bercabang dan berliku. Maze pada awalnya untuk permainan dalam melatih strategi atau melatih mencari jalan keluar banyak sekali penerapannya hingga dalam dunia dunia edukatif digunakan juga sebagai alat bantu belajar anak. Dan untuk permainan ini termasuk item klasik yang menjadi wajib untuk disiapkan disetiap sekolah.


Rangkuman Materi Guru SD:


Berikut dibawah ini arti dan manfaat maze bagi anak-anak yang kami kutip dari cikalaksara.com dan mainankayu.com


Apa Itu Maze?

Maze adalah Permainan edukatif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran, yaitu maze atau biasa juga dikenal dengan labirin. Permainan ini mengajarkan dan melatih anak belajar memecahkan masalah, mengasah ketelitian, melatih kesabaran, dan keuletan. 


Maze game dirancang agar pemain melihat, berpikir, dan melakukan aksi agar bisa mencoba-coba menemukan tujuannya. Misalnya, bagaimana cara menemukan gambar harta karun di seberang pintu masuk, sementara ada banyak jalan buntu dan rintangan yang ada.


Karena mengasyikkan dan menantang, permainan Maze bisa membuat anak-anak melupakan gawai atau gadget untuk sementara waktu.


Maze game selain hadir dalam bentuk aplikasi game dan taman labirin, Maze juga seringkali ditemukan dalam lembaran buku anak dan poster secara khusus. Biasanya sebagai bonus.


Manfaat Penting Bermain Maze


Permainan yang mengasyikan dan menyenangkan ini bukan tanpa alasan. Ada tujuh faktor bagus yang bisa mendorong kemampuan dan tumbuh kembang anak.


Meningkatkan Keterampilan Kognitif

Permainan maze meningkatkan keterampilan kognitif seperti berpikir, membangun argumen, dan mengingat. 


Melalui aktivitas permainan ini, otak anak akan terstimulasi untuk melakukan hal-hal tersebut. Selain itu, bermain maze sejatinya akan menambah daya fokus dan berlatih konsentrasi pada level selanjutnya. 


Mengembangkan Motorik Halus pada Anak

Aktivitas permainan maze sangat menarik dan penuh tantangan. Salah satunya menstimulus tangan anak untuk bermain pensil untuk menggambar dan mengikuti alur jalan dalam labirin. Langkah ini akan membantu mengembangkan motorik halus anak balita.


Seiring waktu, aktivitas ini akan bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan menggambar dan menulis di atas kertas dan buku tulis. 


Meningkatkan Daya Visual Penglihatan

Daya visual atau penglihatan anak bisa dilatih dengan cara bemain maze. Di sini unsur ketelitian mata dan kejelian melihat peta dalam permainan maze akan diuji.


Anak melihat maze game dari atas, sekaligus dirangsang untuk menunjuk, membuat garis dengan panduan mata dan tangannya, agar mereka menemukan goal permainan ini. 


Mengasah Koordinasi Mata dan Tangan

Ini yang penting, terkait kemampuan mengasah motorik halus, koordinasi mata dan tangan diperlukan saat membuat garis lengkung, lurus, belok, hingga tujuannya tercapai. Poin ini akan menjadi bekal anak saat belajar menggambar dan menulis.


Memancing Anak untuk Menemukan Cara Efektif

Belajar menemukan cara yang efektif untuk sampai ke tujuan, tentu saja dengan banyak mencoba permainan maze. Semakin banyak pengalaman melihat visual maze dari atas kemungkinan mata anak semakin jeli. 


Melatih Kesabaran

Karena banyak rintangan dan banyak jebakan dalam maze game. Anak pun dilatih untuk mengendalikan diri dan emosi, agar lebih sabar dalam menemukan goal dan keluar dari aneka ‘labirin’ dalam permainan.


Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Anak

Ketika goal dalam permainan tercapai, anak-anak tidak saja lega dan senang, Kepercayaan diri pun akan tumbuh seiring banyak mencoba permainan ini.


Download file Pdf Maze Tema Hewan

Berikut dibawah ini kami sertakan File pdf yang mudah di print Maze dengan Tema Hewan melalui laman google drive


  • Download pdf Permainan Edukatif Maze / Labirin Unduh Disini


Lembar Kegiatan Anak Lainnya


Video Komunitas Guru SD



Post a Comment for "Download pdf Permainan Edukatif Maze / Labirin"