Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kumpulan Lembar Kerja Siswa Kategori Baca Tulis Huruf

Kumpulan Lembar Kerja Siswa Kategori Baca Tulis Mengenal dan Menulis Huruf

Kumpulan Lembar Kerja Siswa Kategori Baca Tulis Mengenal dan Menulis Huruf
Lembar Kerja Siswa Baca Tulis Huruf


Gurusd.id - Lembar Kerja Siswa Kategori Baca Tulis Huruf ini sangat menyenangkan dengan lembar kerja yang penuh warna. lembar kerja (worksheet) yang dapat diunduh secara GRATIS oleh orang tua dan guru.


Materi soal-soal yang terdapat pada lembar kerja ini telah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia untuk jenjang PAUD hingga SD Kelas 6.


Lembar kerja ini kami ambil dari website lembarkerja.com yang tersedia dan dapat dipergunakan untuk lingkungan keluarga, baik yang menjalani homeschooling maupun tidak.


Juga dapat digunakan sebagai bahan pengayaan untuk lingkungan sekolah dan madrasah.


Jangan lupa untuk menginstal PDF Reader terlebih dahulu jika Anda belum memiliki PDF reader untuk dapat membaca file-nya.


Dan saat akan mencetak (print), jangan lupa untuk memastikan ukuran kertas adalah A4.


Berikut Kumpulan Lembar Kerja Siswa Kategori Baca Tulis Mengenal dan Menulis Huruf :


Menulis Garis Zig-Zag


Untuk menyelesaikan lembar kerja ini, ananda perlu menebalkan garis zig-zag yang menghubungkan binatang dengan makanannya. Aktivitas ini melatih koordinasi mata dan tangan serta melatih keterampilan motorik halusnya.


Melengkapi Kalimat


Bantu ananda untuk melengkapi kalimat ini agar menjadi lengkap sesuai dengan aktivitas pada gambar. Lembar kerja ini menawarkan bantuan agar ananda dapat menyusun kalimat dalam struktur lengkap (subjek – predikat – objek/keterangan).


Mengenal dan Menulis Huruf A


Bantu si kecil untuk mengenal huruf alfabet dimulai dari huruf A dengan memperkenalkannya melalui benda-benda yang akrab di sekitarnya.


Lembar kerja ini dapat dipergunakan untuk usia kelompok bermain atau level pemula dalam membangun pengetahuannya mengenai huruf dan kesadaran fonologis.


Mengenal dan Menulis Huruf B


Yuk, bantu si kecil untuk mengenal huruf b dan benda-benda yang berawalan huruf b.


Mengenal dan Menulis Huruf C


Dalam lembar aktivitas ini, anak-anak mendapatkan latihan pengenalan huruf secara langsung saat mereka melingkari gambar benda yang sudah dikenal. 


Lembar kerja ini mendukung anak-anak prasekolah dan pembaca awal lainnya saat mereka berlatih mendengar suara awal dan mengembangkan kesadaran fonologis mereka. 


Tingkatkan aktivitas ini dengan mendorong anak-anak untuk mengucapkan setiap kata dengan keras saat mereka melingkari gambar yang sesuai.


Mengenal dan Menulis Huruf D


Lembar kerja berikut ini mengajak si kecil untuk menulis kata dengan awalan huruf d. Huruf d untuk delima dan domba. Ayo, coba sebutkan nama benda lainnya yang berawalan huruf d!


Dorong ananda untuk tetap semangat belajar menulis huruf alfabet. Lembar kerja menulis huruf d kecil yang tersedia ini sangat cocok digunakan untuk anak usia TK A yang sedang bersiap untuk belajar menulis pada tahapan selanjutnya.


Mengenal dan Menulis Huruf E


Lembar kerja menulis alfabet yang selanjutnya adalah menulis huruf e kecil. Huruf e untuk emas. Ajak ananda untuk membedakan bunyi huruf e pada kata “ember” dan “emas”. Selanjutnya, menuliskan huruf e kecil sesuai contoh!


Lembar kerja ini mengenalkan ananda pada huruf E besar. Huruf E untuk ember. Ananda dapat menebalkan huruf E besar yang telah dicontohkan, kemudian menyelesaikan lembar kerja ini dengan menuliskan huruf E besarnya sendiri.


Mengenal dan Menulis Huruf F


Cari tahu lagi, benda apa saja yang berawalan huruf f. Huruf f untuk fosil. Apakah ananda sudah tahu apa itu fosil? Ayo, gali dan gali lagi dengan berlatih menulis huruf f!


Ayo, menulis huruf alfabet lagi. Kali ini, ajak ananda mengenal huruf F besar dan benda-benda yang berawalan huruf f. Lembar kerja ini akan membantu ananda melatih kemampuan menulisnya di tahap awal.


Mengenal dan Menulis Huruf G


Lembar kerja menulis yang selanjutnya adalah menulis huruf g kecil. G untuk gigi. Apakah ananda sudah rajin menggosok gigi? Ayo, tanamkan untuk rajin merawat gigi sambil belajar menulis huruf g kecil.


Binatang apa yang berbadan besar, bertelinga lebar, dan memiliki belalai panjang? Iya, gajah! Huruf G besar, untuk gajah. Lembar kerja ini mengenalkan ananda pada huruf G Besar dan bagaimana menuliskannya.


Mengenal dan Menulis Huruf H


Helikopter adalah salah satu benda yang berawalan huruf h. Ayo, belajar menulis huruf h kecil dengan lembar kerja yang menarik ini.


Hujan memiliki awalan huruf h. Dapatkah ananda menulis huruf h besar? Lembar kerja ini membantu ananda untuk belajar menulis huruf H besar dan mengenal kosakata berawalan huruf h.


Mengenal dan Menulis Huruf I


Kata “ikan” memiliki awalan huruf i. Kali ini, kita akan belajar menulis huruf i kecil. Cara menulisnya mudah, seperti menarik garis lurus kemudian diberi titik di atasnya.


Iglo memiliki awalan huruf i. Dapatkah ananda menuliskan huruf i besar? Caranya mudah saja, seperti menarik garis saat menggambar rintik hujan!


Mengenal dan Menulis Huruf J


Kata “jagung” memiliki awalan huruf j. Kali ini, kita akan belajar menulis huruf j kecil. Cara menulisnya mudah, seperti menarik garis lurus kemudian sedikit melengkung seperti pancing dan kemudian diberi titik kecil di atasnya.


Kata “jerapah” memiliki awalan huruf j. Kali ini, kita akan belajar menulis huruf j besar. Cara menulisnya mudah, seperti menarik garis lurus kemudian sedikit melengkung seperti pancing.


Mengenal dan Menulis Huruf K


Kata “koala” memiliki awalan huruf k. Kali ini, kita akan belajar menulis huruf k kecil. Cara menulisnya mudah, seperti menarik garis lurus kemudian dari titik tengah, kalian menarik garis miring ke kanan atas dan dari titik yang sama ke arah kanan bawah.


Kata “kepiting” memiliki awalan huruf k. Kali ini, kita akan belajar menulis huruf k besar. Cara menulisnya mudah, seperti menarik garis lurus kemudian dari titik tengah, kalian menarik garis miring ke kanan atas dan dari titik yang sama ke arah kanan bawah.


Mengenal dan Menulis Huruf L


Kata “lemon” memiliki awalan huruf l. Lembar kerja ini dapat digunakan untuk berlatih menulis huruf l kecil. Cara menulisnya mudah, seperti menarik garis lurus angka 1 atau rintik hujan. Huruf l kecil terkadang bagi anak-anak yang baru belajar membaca sering keliru dengan huruf i besar karena cara menulisnya yang sama.


Kata “lampu” memiliki awalan huruf l. Lembar kerja ini dapat digunakan untuk berlatih menulis huruf l besar. Cara menulisnya mudah, seperti menarik garis lurus kemudian dari menarik garis lagi ke arah kanan.


Mengenal dan Menulis Huruf M


Kata “madu” memiliki awalan huruf m. Lembar kerja ini menawarkan latihan menulis huruf m kecil untuk anak usia TK A atau siswa jenjang manapun yang membutuhkannya. Ayah dan Bunda di rumah dapat mendampingi ananda untuk mengerjakan worksheet ini bersama-sama.


Kata “mobil” memiliki awalan huruf m. Lembar kerja ini menawarkan latihan menulis huruf m besar untuk anak usia TK A atau siswa jenjang manapun yang membutuhkannya. Ayah dan Bunda di rumah dapat mendampingi ananda untuk mengerjakan worksheet ini bersama-sama.


Mengenal dan Menulis Huruf N


Kata “nangka” memiliki awalan huruf n. Lembar kerja ini menawarkan latihan menulis huruf n besar untuk anak usia TK A atau siswa jenjang manapun yang membutuhkannya. Ayah dan Bunda di rumah dapat mendampingi ananda untuk mengerjakan worksheet ini bersama-sama.


Kata “nanas” memiliki awalan huruf n. Lembar kerja ini menawarkan latihan menulis huruf n besar untuk anak usia TK A atau siswa jenjang manapun yang membutuhkannya. Ayah dan Bunda di rumah dapat mendampingi ananda untuk mengerjakan worksheet ini bersama-sama.


Mengenal dan Menulis Huruf O


Dulu, sebelum listrik merata memasuki penjuru negeri, orang-orang menggunakan obor sebagai penerang. Obor dibuat dari bambu yang diisi minyak tanah dan ujungnya diberi serat kain atau bahan lain seperti sabut kelapa yang mudah terbakar api. Sampai sekarang, obor masih digunakan untuk acara tertentu sebagai simbol prosesi, seperti olimpiade.


Kata “obor” memiliki awalan huruf o. Sama seperti odol, obeng, dan lain-lain. Cara menulisnya juga mudah, tidak berbeda dengan huruf O besar, seperti menggambar lingkaran kecil di buku tulis. Tetapi, huruf o kecil ukurannya lebih kecil dari huruf o besar.


Mengenal dan Menulis Huruf P


Apa yang biasanya muncul setelah hujan? Pelangi, benar. Warna-warninya sangat indah dan mengagumkan, sungguh indah ciptaan Allah. Jangan lupa ucapkan “maa syaa Allah” ketika kamu melihat hal yang menakjubkan, ya. Tahukah kamu apa saja warna pelangi itu?


Kata “pelangi” memiliki awalan huruf p. Sama seperti paku, palu, payung, pisang, perahu, dan lain-lain. Cara menulis huruf p kecil itu mudah. Dari titik tengah bukumu, buatlah garis lurus ke bawah melewati garis, kemudian dari titik awal, buatlah setengah lingkaran. Huruf p!


Mengenal dan Menulis Huruf Q


Kata “qari” juga memiliki awalan huruf q. Sedikit berbeda dengan huruf q besar, huruf q kecil cara menulisnya seperti menulis huruf p kecil terbalik. Kalian sudah bisa kan?


Kata “quran” memiliki awalan huruf q. Lembar kerja kali ini adalah menulis huruf q besar. Jika kemarin kalian sudah belajar menulis huruf o, maka menulis huruf q besar sangat mudah. Caranya, buatlah huruf o besar, kemudian tarik garis kecil miring dari kiri atas ke kanan bawah. Huruf Q!


Mengenal dan Menulis Huruf R


Kata “robot” memiliki awalan huruf r. Kali ini, kalian akan belajar menulis huruf r kecil. Caranya mudah, karena kalian sebelumnya sudah belajar menulis huruf n. Menulis huruf r kecil seperti menulis huruf n dengan satu kaki!


Kata “radio” memiliki awalan huruf r. Dapatkah kalian menuliskannya? Dan coba cari kata benda lainnya yang berawalan huruf r!


Mengenal dan Menulis Huruf S


Kata “sepatu” memiliki awalan huruf s. Lembar kerja kali ini mengajak ananda untuk belajar menulis huruf s kecil yang cara menulisnya sama dengan menulis huruf s besar.


Kata “sapu” memiliki awalan huruf s. Lembar kerja berikut ini melatih anak-anak usia TK A atau TK B untuk belajar menulis huruf s besar.


Mengenal dan Menulis Huruf T


Caranya, tari garis lurus dari atas ke bawah, kemudian sedikit lengkungkan. Lalu dari suatu titik di bawah titik awal huruf, tarik garis kecil dari kiri ke kanan. Huruf t kecil.


Cara menulis huruf t besar, sangat mudah. Buatlah satu garis lurus dari kiri ke kanan, kemudian dari titik tengahnya, tariklah garus lurus ke bawah. Huruf t besar sudah jadi!


Mengenal dan Menulis Huruf U


Kata usus memiliki awalan huruf u. Sekarang, kita akan belajar menulis huruf u kecil. Apakah kalian siap?


Nah, ulat memiliki awalan huruf u. Ayo kita belajar menulis huruf u besar.


Mengenal dan Menulis Huruf V


Vespa adalah salah satu merk dagang kendaraan dari Italia. Ayo, ajak ananda untuk belajar menulis huruf v kecil.


Lembar kerja menulis alfabet selanjutnya adalah menulis huruf V Besar. Kenalkan pada anak benda apa saja yang memiliki awalan huruf v.


Mengenal dan Menulis Huruf W


Lembar kerja berikut adalah latihan menulis huruf w kecil. Coba sebutkan benda apa lagi yang memiliki awalan huruf w selain wajan dan wasit?


Lembar kerja kali ini adalah latihan menulis huruf w besar. Cara menulisnya mudah, seperti menggabungkan dua huruf v!


Mengenal dan Menulis Huruf X


Mencari kata berawalan huruf x ternyata cukup sulit, ya? Salah satu benda berawalan huruf x selain xerofit adalah xilosa (dibaca: silosa).


Kalian tentu pernah melihat tanaman ini. Ini adalah kaktus. Awas hati-hati, kaktus memiliki duri-duri kecil yang terkadang bisa melukai tanganmu.


Kaktus adalah salah satu jenis tanaman xerofit (baca: serofit). Xerofit adalah tanaman yang dapat hidup di daerah sangat kering seperti gurun. Apakah kamu pernah melihat dan menyentuh kaktus?


Mengenal dan Menulis Huruf Y


Apakah kalian pernah minum yoghurt? Bagaimana rasanya? Ya, yoghurt adalah susu yang difermentasi sehingga rasanya asam. Yoghurt memiliki awalan huruf y. Dan kali ini, kita akan belajar menulis huruf y kecil.


Ini adalah permainan yang menyenangkan dan bermanfaat melatih fokus kalian. Cara bermainnya adalah dengan mengayunkan yoyo hingga benangnya terulur dan kemudian menggulung lagi ke atas untuk ditangkap dengan tangan yang mengayunnya.


Mengenal dan Menulis Huruf Z


Salah satunya, minyaknya dapat digunakan untuk merawat kulit dan rambutmu agar tetap sehat. Zaitun juga memiliki awalan huruf z. Sekarang, ayo kita belajar menulis huruf z kecil.


Ini zebra. Apakah kalian pernah melihat zebra? Zebra dapat kalian lihat secara langsung ketika kalian berkunjung ke kebun binatang. Zebra memiliki awalan huruf z. Yuk, kita belajar menulis huruf Z besar.


Lembar Kerja anak Kategori BAca Tulis Huruf ini GRATIS, siapapun dipersilakan mengunduh dan menyebarkan file di website ini untuk tujuan NON KOMERSIAL.


Artinya, seluruh lembar kerja kami ini TIDAK UNTUK DIPERJUALBELIKAN, baik dalam bentuk cetak maupun digital.


Lembar Kerja Lainnya:


Terimakasih telah berkunjung dan mendownload file di Komunitas Guru SD, semoga bermanfaat.