Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambaran Soal Observasi PPPK 2023, Lengkap dengan Jawabannya

 

Gambaran Soal Observasi PPPK 2023, Lengkap dengan Jawabannya
Observasi PPPK 2023

Contoh Soal Observasi PPPK Guru 2023, Lengkap dengan Kunci Jawaban

PPPK ASN

Gurusd.id - Berikut adalah 10 contoh soal observasi PPPK Guru 2023 yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban.


Pendaftaran PPPK 2023 sedang berlangsung dan para calon peserta yang mengambil posisi sebagai guru akan menghadapi berbagai tes, salah satu tes soal observasi.



Untuk mempersiapkan diri dengan baik, Anda bisa mempelajari beberapa contoh soal observasi PPPK Guru 2023 terlebih dahulu.


Seluruh contoh soal ini sudah dilengkapi oleh kunci jawaban untuk memudahkan Anda dalam belajar sebelum menghadapi tes dengan soal observasi nanti.


Mari simak langsung 10 contoh soal observasi PPPK Guru 2023 berikut yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.


1. Salah satu kunci keberhasilan tujuan pembelajaran adalah manajemen kelas yang baik. Salah satu kelas yang Anda ajar memiliki karakter peserta didik yang sering datang terlambat.


Berbagai upaya Anda telah dilakukan, tetapi masih ada beberapa peserta didik yang datang terlambat. Tindakan yang harus Anda ambil adalah …

  • a. membuat perjanjian bersama peserta didik dan menampilkannya di papan pengumuman di kelas
  • b. meminta ketua kelas untuk mengkoordinasikan ketertiban kelas agar tidak ada yang datang terlambat
  • c. memberikan konsekuensi kepada peserta didik yang datang terlambat di dalam kelas
  • d. terus mengingatkan peserta didik untuk datang tepat waktu ke kelas Anda


2. Anda adalah seorang wali kelas. Suatu hari, peserta didik mengeluhkan cara pengajaran salah satu guru senior. Guru tersebut sering memberi tugas, tetapi jarang menjelaskan penyelesaian soal kepada peserta didik. Tindakan yang sebaiknya Anda lakukan sebagai wali kelas adalah …

  • a. meminta peserta didik untuk memahami pola pengajaran yang dilakukan oleh guru tersebut
  • b. mengkritik cara mengajar guru tersebut secara langsung meskipun ia adalah seorang guru senior
  • c. berkomunikasi mengenai permasalahan ini melalui kepala sekolah agar dapat disampaikan kepada guru yang bersangkutan
  • d. meminta peserta didik untuk menyampaikan keluhan mereka secara langsung kepada guru yang bersangkutan


3. Sebagai seorang pendidik, Anda diharapkan mampu mengelola kelas dengan efektif. Suatu ketika, Anda sebagai guru baru di sekolah dihadapkan dengan situasi kelas yang sangat tidak kondusif terlihat dari para peserta didik yang suka ngobrol sendiri saat pembelajaran berlangsung.


Tindakan yang harus Anda ambil dalam mengatasi situasi tersebut adalah …

  • a. membuat perjanjian pembelajaran bersama peserta didik
  • b. mencari metode pembelajaran yang sesuai untuk setiap kelas
  • c. memberikan tugas tambahan kepada peserta didik yang ngobrol sendiri
  • d. menegur secara lisan peserta didik yang ngobrol sendiri


4. Sebagai guru mata pelajaran, Anda diharapkan mampu memberikan materi yang dapat dengan mudah dipahami peserta didik. Di sekolah, Anda dianggap sangat kompeten dalam mengajar.

Namun, tahun ini mata pelajaran yang Anda ajar mengalami kemerosotan, terlihat dari banyak peserta didik yang mendapatkan nilai rendah.


Langkah yang harus Anda ambil adalah ….

  • a. mengevaluasi materi pembelajaran yang Anda berikan sesuai dengan modul ajar atau tidak
  • b. meminta peserta didik yang memiliki nilai tinggi untuk membantu teman-teman mereka yang mendapatkan nilai rendah
  • c. menganggap masalah tersebut tidak signifikan karena Anda sudah mengajar sesuai dengan prosedur
  • d. mengusulkan tambahan jam belajar kepada pihak sekolah agar peserta didik dapat mendalami materi


5. Berdasarkan hasil evaluasi yang diisi oleh peserta didik, banyak yang mengeluhkan sikap Anda dalam mengajar, yaitu terlalu sering memberikan tugas kepada peserta didik.


Meskipun begitu, banyak pula peserta didik yang lebih memahami materi setelah mengerjakan tugas yang Anda berikan. Langkah yang sebaiknya Anda ambil setelah mengetahui hasil evaluasi tersebut adalah …

  • a. membuat kesepakatan dengan peserta didik mengenai proses pembelajaran dan dampaknya
  • b. tetap memberikan banyak tugas kepada peserta didik sesuai dengan prinsip Anda
  • c. mencoba mengurangi jumlah tugas yang diberikan dengan sering memberikan latihan soal di kelas
  • d. menghentikan pemberian tugas yang dianggap memberatkan peserta didik


6. Seorang guru senior mengajar siswanya dengan metode diskusi dan menggunakan media gambar yang sudah berlangsung dari tahun ke tahun. Pada awal semester baru 2019 siswa dikelas tersebut diketahui 70 persen memiliki preferensi belajar kinestetik sehingga mereka tidak fokus saat pembelajaran dan diskusi berlangsung, siswa lebih senang jika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dari kasus tersebut strategi pembelajaran yang paling tepat dipilih guru....

  • a. Kooperatif
  • b. Project based learning
  • c. Kontekstual
  • d. Inqury


7. Di sekolah seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret meja hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan....

  • a. Naturalis
  • b. Kinestetis
  • c. Visual spasial
  • d. Verbal linguistic


8. Seorang guru merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP. Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa, maka jenis evalausi yang tepat dipilih oleh guru adalah....

  • a. Evaluasi formatif
  • b. Evaluasi sumatif
  • c. Evaluasi selektif
  • d. Evaluasi diagnostik


9. Seorang Guru mencari materi dan media dari internet saat menyusun rencana pembelajaran (RPP), materi dan media tersebut akan disampaikan pada proses pembelajaran dengan maksud agar siswa tidak mengalami kesulitan memahami pelajaran. Langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang Guru saat memilih materi pelajaran....

  • a. Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator
  • b. Menganalisis potensi peserta didik; relevansi dengan karakteristik daerah; dan struktur keilmuan
  • c. Menyesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik
  • d. Melihat kebermanfaatan bagi peserta didik; aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran


10. Dengan mencermati silabus, seorang guru akan merancang pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sebagaimana yang tertuang dalam Permendikbud RI No 22 tahun 2016 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencakup sekurang-kurangnya....

  • a. Kompetesi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
  • b. Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar, dan bobot penilaian hasil belajar
  • c. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci jawaban tes
  • d. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar


Kunci Jawaban Observasi PPPK Guru 2023


  1. C
  2. A
  3. B
  4. A
  5. C
  6. B
  7. A
  8. B
  9. A
  10. D


Demikianlah 10 contoh soal observasi PPPK Guru 2023 yang dapat kamu jadikan sebagai referensi belajar.


Jangan lupa mempersiapkan diri dengan baik karena soal ini menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk Anda lolos pada posisi PPPK Guru 2023.



Video Komunitas Guru SD



Post a Comment for "Gambaran Soal Observasi PPPK 2023, Lengkap dengan Jawabannya"