Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Download 31 Poster Mengenal Satwa Dua Bahasa (Indonesia Vs Inggris)

Media Ajar 31 Poster Mengenal Satwa Dua Bahasa (Indonesia Vs Inggris)

Download 31 Poster Mengenal Satwa Dua Bahasa (Indonesia Vs Inggris)
Poster Mengenal Satwa


Gurusd.id - Satwa adalah segala macam jenis sumber daya alam hewani yang berasal dari hewan yang hidup di darat, air dan udara. juga di jelaskan dalam kamus besar bahasa Indonesia yang menyatakan satwa merupakan sinonim dari hewan atau binatang.


Baca Juga Media Ajar


Manfaat Mengenal Satwa Bagi Anak-anak


Manfaat positif yang nyata dari mengenal satwa bagi anak:


1. Memberi rasa nyaman bagi anak


Binatang peliharaan akan berpengaruh pada perasaan anak. Umumny, anak yang mengenal binatang peliharaan di rumah, perasaannya akan lebih tenang dan lebih rileks. 


Saat anak bersedih, marah atau tertekan, alihkan perhatian anak pada binatang peliharaan, dan ini adalah salah satu cara yang tepat. 


Binatang peliharaan yang dapat membawa ketenangan contohnya adalah anjing, mereka menyediakan kasih sayang yang tak terbatas bagi siapapun yang dianggap dan dikenal sebagai majikannya.


2. Mengajarkan nilai-nilai kebaikan


Bergaul bersama binatang peliharaan mengajarkan anak untuk mengenal tanggung jawab. Ia akan belajar bahwa binatang juga membutuhkan makan, mandi, bermain, dan perhatian seperti halnya manusia. 


Tangan kecilnya akan belajar bagaimana menyentuh dengan lembut binatang peliharaannya.


Dari kegiatan interaksi antara anak kepada binatang, maka ia juga akan mempelajari respon balik binatang kepadanya berdasarkan apa yang ia lakukan. 


Dari hal ini maka anak akan belajar tentang menjaga ikatan antar sesama makhluk hidup. Berperilaku baik terhadap binatang akan mengarahkan perilaku anak terhadap manusia di masa mendatang.


3. Belajar mengelola emosi dan kepedulian sosial


Selain beberapa nilai-nilai kebaikan di atas, maka anak juga akan belajar untuk mengelola emosi, belajar peduli dan juga empati. 


Itu sebabnya, binatang peliharaan sering digunakan oleh para therapist untuk melakukan terapi pada beberapa anak berkebutuhan khusus.


4. Belajar bertanggungjawab


Memiliki binatang peliharaan atau mengenalkan anak pada binatang sedari dini akan membuat anak lebih bertanggung jawab. 


“Dengan begitu mereka akan lebih pandai dan bisa bertanggung jawab lebih,” kata Gail F. Melson, PhD, Professor Emeritus bidang studi perkembangan anak di Purdue University, Indiana. 


Ya betul, dengan memiliki binatang peliharaan sendiri maka anak akan terlatih untuk memberikan makan, memandikan dan merawat binatang peliharaan mereka sendiri.


Memberikan hadiah berupa binatang peliharaan pada anak adalah cara yang baik untuk mengajar anak bertanggungjawab. 


Memelihara binatang peliharaan, butuh perawatan yang baik, karena itu berilah penjelasan dan damping anak dalam melakukan pemeliharaan dan perawatan pada binatang peliharaannya.


Selalu dampingilah anak untuk tahap awal, sesudah anak nampak siap dengan tugas dan tanggungjawab merawat binatang peliharaannya, maka biarkan dia melakukannya sendiri. 


Seperti memberi makan, menggiring hewan untuk membuang air dan mengajak jalan-jalan di halaman rumah. Dengan rutinitas seperti ini, perlahan-lahan anak akan belajar bertanggung jawab.


5. Lebih aktif dan percaya diri


Anak yang memiliki binatang peliharaan lebih penyayang, tidak mudah menarik diri dan lebih aktif. Karena ia bisa menceritakan semua hal kepada binatang peliharaannya dengan spontan. 


Seringkali terlihat anak-anak berbicara pada binatang yang dijumpainya, dan bahkan mereka tidak segan untuk menceritakan rahasia apapun kepada binatang khususnya peliharaan.


Anak-anak lebih aktif tetapi dengan cara yang baik. Daripada anak berkutat dengan gadget, lebih baik anak bermain dan berbincang dengan binatang peliharaannya.


Binatang peliharaan akan mencintai siapapun yang mencintai mereka. Sehingga mereka akan menemani apapun aktivitas anak.


Saat anak bicara dan bermain dengan binatang peliharaannya tersebut, ia tidak akan merasa kesepian sekalipun tak ada orang di sekitarnya.


Saat anak berbincang akrab dengan binatang peliharaannya, maka dia akan merasa mendapat kawan yang baik, karena binatang hanya akan duduk diam mendengarkan apapun yang dikatakan anak kepadanya.


Bahkan dari sebuah riset menyebutkan bahwa saat anak membacakan buku keras-keras kepada pendengar yang tidak punya sikap menghakimi seperti binatang, ia akan belajar membangun rasa kepercayaan dirinya.


6. Meningkatkan imun


Anak yang dari kecil sudah berinteraksi dengan binatang akan lebih mudah beradaptasi dengan mikroba baik yang ada pada binatang. Hal ini baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melatih anak agar tidak mudah alergi.


Dalam sebuah riset menyebutkan bahwa bayi dilingkungannya terdapat binatang peliharaan akan lebih jarang sakit. 


Penelitian pada tahun 2012 menemukan fakta bahwa bayi yang punya anjing peliharaan memiliki sistem imun lebih kuat daripada bayi yang tidak memiliki binatang peliharaan.


Imun anak dapat berjalan baik, jika orangtua pun ikut memantau kebersihan binatang peliharaannya. Salah satunya adalah menjaga agar binatang peliharaan tetap di dalam rumah.


Karena binatang yang biasa bermain di dalam rumah tentu akan memiliki kandungan mikroba yang berbeda dengan binatang peliharaan yang sering bermain di luar rumah.


Perlu diingat bahwa binatang juga harus divaksin secara rutin agar tidak khawatir dengan penyebaran virus dan hal-hal yang tak diinginkan yang justru akan merugikan anak dan diri sendiri.


Download Media Ajar Mengenal Satwa dalam Dua Bahasa (Indonesia dan Inggris)


Berikut dibawah ini 31 Poster Mengenal Satwa Dua Bahasa (Indonesia Vs Inggris) yang bersumber dari ebookanak.com untuk di print dan kami upload di google drive dibawah ini


Media Pembelajaran Lainnya:


Video Kumunitas Guru SD



Post a Comment for "Download 31 Poster Mengenal Satwa Dua Bahasa (Indonesia Vs Inggris)"