Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Buku 1 Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja

Buku Teknik Belajar Membaca Tanpa Mengeja
Teknik Belajar Membaca Tanpa Mengeja


Download Buku Belajar Membaca Tanpa Mengeja Bagian 1

Belajar Membaca Metode Pembelajaran

Gurusd.id - Belajar membaca bagi anak adalah bagian terpenting bagi hidupnya karena merupakan awal bagi mereka mengenal proses belajar secara sistematis. Jadikan kegiatan belajar membaca sebagai sarana yang mencerdaskan mereka, sebagai investasi dalam membangun karakter dan kesempatan baginya untuk merasa istimewa.


Proses belajar membaca hendaknya dijadikan suatu hal yang menyenangkan. Hingga mereka nantinya akan memiliki rasa senang belajar dan suka membaca.


Lembar Kerja Membaca


Salah satu ciri khas buku metode membaca tanpa mengeja adalah pada ahap awal anak tidak langsung dikenalkan dengan huruf, apa lagi sampa menyuruh mereka menghafalnya, karena ini dapat membebani mereka. Jika anak merasa terbebani maka akan menjadikan mereka enggan belajar bersama kita.


Setelah mereka mengenal beberapa suku kata, berilah mereka beberapa kalimat, minta mereka untuk membaca. Berikanlah penghargaan jika mereka bisa membaca apa yang kita minta, misalkan dengan pujian atau dengan hal positif lainnya yang dapat membuat mereka senang dan merasa dihargai.


Selain mereka akan lebih semangat untuk belajar membaca, ibu dan bapak pun lebih dekat dengan mereka.


Bisa membaca di usia dini mungkin bukan segalanya, ada hal yang lebih penting dari kemampuan membaca yang justru sering terlewatkan, yaitu bagaimana membuat anak-anak senang dengan buku dan kegiatan membaca.


Jika pembentukan kebiasaan membaca kurang dibangung, tak jarang ada anak yang sudah bisa membaca tapi tidak tertarik dengan buku. Akan tetapi, tidaklah berlebihan jika orangtua mulai menyediakan media belajar membaca pada saat anak-anak terlihat antusias dengan buku dan kegiatan membaca, meskipun mereka masih berusia balita bahkan batita.


Kontroversi tentang mengajarkan anak membaca di usia dini membang masih selalu hangat dibicarakan dan tak akan pernah ada habisnya. Beberapa pihak bahkan melarang orang tua atau guru untuk mengajarkan keterampilan membaca pada usia dini, dengan alasan anak-anak takut jadi terbebani, sehingga mereka benci dengan kata belajar.


Metode belajar membaca tanpa mengeja sangat berbeda dengan metode-metode pembelajaran membaca yang pernah ada. Bertolak dari teori Glen Doman, metode ini memanfaatkan rasa ingin tahu yang dimiliki anak sejak lahir.


Perkenalkan aktivitas membaca sejak dini dengan menggunakan metode ini. Karena dengan demikian anak tidak sekedar bisa, tetapi juga suka. Kegiatan membaca akan lebih menyenangkan dan akan menjadi aktivitas yang ditunggu anak-anak anda.


Pada Buku 1 Metode Belajar Membaca tanpa Mengeja ini, anak akan dikenalkan pada suku kata-suku kata dan kata-kata sederhana yang biasa mereka temui pada kehidupan sehari-hari. Setiap suku kata dan kata telah dirancang agar mereka cepat bisa membaca.


Keunggulan Mengajar dengan Metode Tanpa Mengeja

Keunggulan Mengajar membaca dengan metode tanpa mengeja, antara lain:

  • Metode ini sangat menyenangkan dan tidak membebani anak untuk banyak menghafal. Hal ini akan menjadikan anak senantiasa senang ketika belajar membaca.
  • Anak bersifat aktif, artinya hanya dengan diberi contoh membaca judulnya saja siswa bisa belajar membaca dengan mandiri.
  • Jika diterapkan dengan sistem klasikal, Guru bisa menerapkan sistem asistensi, yaitu dengan bantuan siswa lain yang sudah lebih lancar membaca.
  • Dengan memiliki buku ini, selain bisa untuk belajar di sekolah, anak bisa belajar sendiri dirumah dengan bantuan orangtua.
  • Hasil belajar sangat nyata, bahkan dengan bimbingan yang intensif 15 hari anak akan sudah bisa membaca.


Petunjuk Mengajar Buku 1 Metode Belajar Membaca Tanpa mengeja

Petunjuk mengajar ini sangat penting untuk diperhatikan karena sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar-mengajar.

  • Dilarang keras mengeja, harus dibaca langsung.
  • Jangan memperkenalkan kepada anak huruf demi huruf tapi langsung dibaca setiap suku katanya.
  • Pada buku pertama tidak ada pemisahan huruf, karena kalau ada pemisahan huruf siswa akan bingung, kecuali bila sebelumnya siswa sudah mengenal huruf.
  • Guru atau Orangtua hanya memberikan contoh bahan ajar pokoknya saja (Judulnya saja).
  • Apabila siswa belum lancar maka jangan dilanjutkan.
  • Anak boleh naik kepelajaran berikutnya apabila sudah benar-benar lancar.
  • Untuk menghindari kejenuhan, bisa diselingi dengan lagu-lagu dan tepuk-tepuk yang dapat menggugah semangat siswa.


Buku ini Merupakan Pratinjau Terbatas yang pertama kali dipublikasikan untuk publik oleh Google Books atas persetujuan penerbit dan dikompilasi dalam bentuk file pdf oleh Pustaka Ebook Gratis 78 (PG78). ebook pratinjau terbatas ini boleh disebarluaskan tanpa menghilangkan identitas pemilik hak cipta (www.pustaka78.com)


Download Buku 1 Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja Oleh Intan Noviana Msi

Berikut dibawah ini Buku 1 (Pratinjau Terbatas) Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja Oleh Intan Noviana Msi yang diterbitkan oleh Pustaka Widyatama yang kami upload melalui Google drive dibawah ini



Buku Belajar Membaca Lainnya


Video Komunitas Guru SD


Post a Comment for "Buku 1 Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja"