Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Soal Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Versi 1 dengan Jawaban

Soal Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Versi 1 dengan Jawaban
Soal Uji Kompetensi Guru UKKJ


Soal Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Versi 1

Karir Guru Soal UKKJ

Gurusd.id - Program Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) adalah program yang digunakan untuk melakukan pengukuran dan penilaian terhadap penguasaan kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural bagi pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka menduduki jenjang jabatan setingkat lebih tinggi.


Kunjungi juga:


Uji Kompetensi merupakan proses pengukuran dan penilaian terhadap kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural dari pegawai aparatur sipil negara pada JF Guru, JF Pamong Belajar, JF Pengawas Sekolah dan JF Penilik.


Berikut dibawah ini Soal Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Versi 1 yang kami kutip dari datadikdasmen.com, semoga bermanfaat.


SOAL KENAIKAN JABATAN VERSI 1


1. Penyebab kegagalan guru dalam mengelola pembelajaran mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya tata surya adalah...

  • a. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
  • b. Guru tidak memulai pembelajaran dengan pengamatan terhadap fakta
  • c. Guru tidak menjelaskan terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan
  • d. Guru tidak membawa alat peraga yang sesuai dengan kompetensi dasar


Jawaban yang benar

  • b. Guru tidak memulai pembelajaran dengan pengamatan terhadap fakta
  • d. Guru tidak membawa alat peraga yang sesuai dengan kompetensi dasar



2. Salah satu ciri seorang guru memiliki kompetensi pedagogik adalah... *

  • a. guru tersebut menunjukkan etos kerja tanggung jawab, dan bangga menjadi guru
  • b. guru tersebut menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu
  • c. guru tersebut menguasai karakter peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, emosional, kultural dan intelektual
  • d. guru tersebut mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun terhadap sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.


Jawaban yang benar
  • c. guru tersebut menguasai karakter peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, emosional, kultural dan intelektual

3. Karya tulis guru yang berisi ide/gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal yang ada di satuan pendidikannya, dipresentasikan dalam suatu forum ilmiah (di sekolah/ madrasahnya), disebut ...

  • a. Artikel
  • b. Tulisan ilmiah popular
  • c. Makalah
  • d. Penelitian tindakan Kelas


Jawaban yang benar
  • c. Makalah

4. “Siswa melakukan sholat jenazah dengan benar”. Rumusan indikator pencapaian kompetensi yang paling sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah...

  • a. mengidentifikasi, menjelaskan, mempraktikkan sholat jenazah
  • b. menjelaskan hukum dan bacaan serta tatacara sholat jenazah
  • c. memahami hukum, bacaan dan tata cara sholat jenazah
  • d. menjelaskan, menyebutkan, dan mengidentifikasi sholat jenazah


Jawaban yang benar
  • a. mengidentifikasi, menjelaskan, mempraktikkan sholat jenazah

5. Salah satu upaya guru dalam melaksanakan langkahlangkah perbaikan pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain ...

  • a. Guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
  • b. Guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional
  • c. Guru mengevaluasi kembali rancangan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran yang telah dilakukan guru melalui penerapan beberapa model pembelajaran
  • d. Guru melakukan introspeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru


Jawaban yang benar
  • c. Guru mengevaluasi kembali rancangan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran yang telah dilakukan guru melalui penerapan beberapa model pembelajaran

6. Anda guru IPA di salah satu sekolah. Hari itu anda akan membahas Materi Pokok “Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari”. Langkah pembelajaran yang terpenting agar tujuan pembelajaran tercapai adalah...

  • a. menjelaskan tentang pengertian, jenis, fungsi dan contoh alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
  • b. mengenalkan alat ukur dan melakukan pengukuran dasar dengan menggunakan alat ukur yang digunakan dalam kehidupan seharihari
  • c. mencatat fungsi dan contoh alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
  • d. mendiskusikan pengertian, jenis, fungsi alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari


Jawaban yang benar
  • b. Mengenalkan alat ukur dan melakukan pengukuran dasar dengan menggunakan alat ukur yang digunakan dalam kehidupan seharihari


7. Prinsip demokratis dalam supervisi manajerial ditunjukkan melalui hubungan kemanusiaan. Perilaku yang menggambarkan prinsip tersebut adalah ….
  • a. mampu menciptakan suasana kerja yang menyenangkan, bukan cara-cara yang menakutkan
  • b. dilaksanakan secara sistematis berencana dan kontinyu, untuk memperbaiki kinerja kepala sekolah
  • c. memberikan support menstimulus guru dan kepala sekolah, sehingga mereka merasa tumbuh bersama
  • d. membangun hubungan yang akrab sehingga guru dan kepala sekolah merasa nyaman dalam menjalankan tugasnya

Jawaban yang benar
  • d. membangun hubungan yang akrab sehingga guru dan kepala sekolah merasanyaman dalam menjalankan tugasnya

8. Aktivitas utama KBM dengan strategi problem based learning untuk materi pokok “ Perubahan lingkungan dan dampak perubahan bagi kehidupan” dalam mata pelajaran IPA adalah ...

  • a. siswa diberi tugas jangka panjang dalam bentuk laporan yang dikerjakan berkelompok
  • b. siswa berupaya menemukan konsep-konsep terkait materi pokok dengan bimbingan guru
  • c. siswa menyelesaikan tugas permasalahan kehidupan terkait materi pokok
  • d. siswa memecahkan masalah dengan menjawab pertanyaan diberikan guru


Jawaban yang benar
  • b. siswa berupaya menemukan konsep-konsep terkait materi pokok dengan bimbingan guru


9. Berikut ini aspek-aspek yang harus ada dalam format Rencana Pengawasa Akademik untuk pembimbingan dan pelatihan professional guru adalah . . . .

  • a. Uraian kegiatan supervisi, tujuan, indikator keberhasilan, metode/teknik, skenario kegiatan, sumber daya yang digunakan, penilaian dan instrumen, rencana tindak lanjut, keterangan
  • b. Uraian kegiatan supervisi, tujuan, indikator keberhasilan, metode/teknik, skenario kegiatan, sumber daya yang digunakan, penilaian dan instrumen, rencana tindak lanjut, nama guru/kepala sekolah
  • c. Uraian kegiatan supervisi, tujuan, indikator keberhasilan, metode/teknik, skenario kegiatan, penilaian dan instrumen, rencana tindak lanjut, keterangan
  • d. Uraian kegiatan supervisi, tujuan, indikator keberhasilan, metode/teknik, sumber daya yang digunakan, penilaian dan instrumen, rencana tindak lanjut, keterangan


Jawaban yang benar
  • a. Uraian kegiatan supervisi, tujuan, indikator keberhasilan, metode/teknik, skenario kegiatan, sumber daya yang digunakan, penilaian dan instrumen, rencana tindak lanjut, keterangan

10. Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, ... (Jawaban lebih dari satu)

  • a. metode mengajar yang digunakan guru
  • b. karakteristik bahan ajar / mata pelajaran
  • c. waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran
  • d. buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran


Jawaban yang benar

  • a. metode mengajar yang digunakan guru
  • b. karakteristik bahan ajar / mata pelajaran
  • d. buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran


11. Bagaimanakah respon anda atas capaian target rekan sejawat anda?

  • a. Saya mudah memberikan apresiasi positif kepada rekan sejawat atas capaian yang diperoleh
  • b. Saya akan memberikan apresiasi positif kepada rekan sejawat jika progressnya melebihi target
  • c. Saya akan memberikan sekedarnya kepada rekan sejawat, katakan baik jika baik, katakan tidak jika memang tidak
  • d. Saya tidak memberikan apresiasi positif kepada rekan sejawat kecuali progressnya luar biasa


Jawaban yang benar
  • a. Saya mudah memberikan apresiasi positif kepada rekan sejawat atas capaian yang diperoleh

12. Apakah anda merasa kesulitan untuk meminta sesuatu pertolongan kepada rekan sejawat anda?

  • a. Merasa sulit karena tidak mau memberatkan orang lain atas tugas saya
  • b. Jika dalam kondisi benar-benar mendesak maka saya meminta pertolongan kepada teman atau orang lain
  • c. Tergantung situasi dan urgensi meminta tolong kepada teman, terkadang tidak jika tidak dibutuhkan
  • d. Tidak meminta tolong karena sudah menjadi tanggungjawab saya


Jawaban yang benar
  • b. Jika dalam kondisi benar-benar mendesak maka saya meminta pertolongan kepada teman atau orang lain

13. Anda sedang membantu seseorang yang berlumuran darah karena jatuh dari motor. Anda memerlukan bantuan orang lain untuk memapahnya ke pinggir jalan. Pada saat itu ada seseorang di dekat Anda. Ia hanya melihat saja tanpa memberikan bantuan karena merasa syok dan tegang yang mengakibatkan dia tidak tahu apa yang harus dilakukan. Apa tindakan yang lakukan ketika menemui situasi tersebut?

  • a. Menunggu syoknya sampai reda baru memintanya untuk bantuannya
  • b. Menanyakan kepadanya apakah dia mau membantu anda
  • c. Meneriakinya agar sesegera mungkin membantu Anda
  • d. Menangani masalah sendiri tanpa meminta bantuannya


Jawaban yang benar
  • d. Menangani masalah sendiri tanpa meminta bantuannya

14. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:

  • 1. Pembelajaran mengutamakan bagian-bagian kecil
  • 2. Pembelajaran mementingkan pembentukan stimulus dan respon
  • 3. Pengetahuan itu ditemukan sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar mandiri
  • 4. Siswa menentukan sendiri apa yang akan dipelajari 


Dari pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar tingkah laku behavioristik adalah....

  • 1 dan 3
  • 2 dan 4
  • 3 dan 4
  • 1 dan 4


Jawaban yang benar
  • 1 dan 3

15. Kemampuan membuat keputusan yang baik secara tepat waktu dan dengan keyakinan diri setelah mempertimbangkan prinsip kehati-hatian, dirumuskan secara sistematis dan seksama berdasarkan berbagai informasi, alternatif pemecahan masalah dan konsekuensinya, serta bertanggung jawab atas keputusan yang diambil ....

  • a. Pengembangan diri dan pada orang lain
  • b. Mengelola perubahan
  • c. Pengambilan keputusan
  • d. Kemampuan sosial kultural perekat bangsa


Jawaban yang benar
  • c. Pengambilan keputusan

16. Anda mengajukan usulan untuk atasan anda, namun usulan anda tersebut menurut atasan anda kurang tepat. Sikap anda dengan kondisi ini ...

  • a. Merasa sangat kecewa
  • b. Mencoba mencari alternatif usulan lain untuk diajukan kembali
  • c. Merasa kecewa, namun berusaha melupakan penolakan tersebut
  • d. Berusaha memberi alasan dan pembenaran usulan sampai pada batas keyakinan atasan


Jawaban yang benar
  • b. Mencoba mencari alternatif usulan lain untuk diajukan kembali

17. Anda dan 3 orang lainnya tergabung dalam satu tim untuk mengerjakan sebuah project. Sebelum project dijalankan, tim harus mempresentasikan rencana project tersebut di hadapan pimpinan. Pada hari presentasi, rekan satu tim yang sudah ditunjuk untuk melakukan presentasi akan datang terlambat karena terjebak macet. Seluruh audience sudah hadir di ruangan. Apa yang akan anda lakukan?
  • a. Berkomunikasi terus menerus dengan rekan tersebut dan mencarikan jalan alternatif yang tidak macet
  • b. Memikirkan dan bersiap untuk solusi terakhir yaitu menggantikan posisi sebagai presenter
  • c. Meminta perpanjangan waktu kepada audience yang sudah hadir dan menginformasikan bahwa presenter akan telat
  • d. Menyerahkan keputusan kepada anggota tim lainnya, dan apabila ditunjuk, siap untuk presentasi

Jawaban yang benar
  • d. Menyerahkan keputusan kepada anggota tim lainnya, dan apabila ditunjuk, siap untuk presentasi

18. Anda ditugaskan di front office untuk melayani pimpinan, sementara pada saat itu pimpinan tidak di tempat dan ada tamu yang memerlukan keputusan segera, sedangkan atasan tidak dapat dihubungi. Sikap anda dalam kondisi ini ...

  • a. Mengambil keputusan meskipun tanpa petunjuk atasan selama tidak bertentangan dengan kebijakan umum pimpinan.
  • b. Tidak berani mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan
  • c. Ragu dalam mengambil keputusan terlebih tanpa petunjuk atasan
  • d. Mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan karena sudah mendesak


Jawaban yang benar
  • a. Mengambil keputusan meskipun tanpa petunjuk atasan selama tidak bertentangan dengan kebijakan umum pimpinan.

19. Anda ditegur oleh pihak internal karena menyalahi SOP, ternyata SOP yang anda langgar adalah ketentuan baru yang belum diinformasikan oleh atasan. Atasan tetap menyatakan bahwa ini adalah kesalahan anda, seharusnya anda lebih inisiatif terhadap informasi terbaru. Apa yang anda lakukan mengahadapi situasi ini?

  • a. Memberikan feedback secara langsung kepada atasan karena belum mengetahui SOP terbaru dan meminta agar kesalahan dianulir
  • b. Meneruskan persoalan ini ke atasan yang lebih tinggi agar diselesaikan
  • c. Menerima konsekuensi dari kesalahan tersebut karena sudah terjadi dan menghindari perdebatan
  • d. Tentu keberatan apabila kesalahan dilimpahkan kepada kamu sepenuhnya tersebut karena atasan seharusnya meneruskan informasi tersebut agar kesalahan dapat dihindari


Jawaban yang benar
  • a. Memberikan feedback secara langsung kepada atasan karena belum mengetahui SOP terbaru dan meminta agar kesalahan dianulir

20. Anda ditugaskan oleh pimpinan untuk menganalisa data keterlambatananggota tim yang lain. Anda mengetahui bahwa seorang teman dekat sering terlambat dalam satu bulan terakhir ini namun di record data sistem (finger scan record) tidak ada catatan keterlambatan sama sekali. Apa yang akan anda lakukan?

  • a. Memberitahukan kepada atasan bahwa teman yang sering terlambat namun tidak ter-record pada sistem, kemudian menyerahkan analisisnya kepada atasan dan meminta kepada atasannya untuk menutupi identitasnya sebagai pelapor
  • b. Mencari kebenaran dengan konfirmasi langsung ke yang bersangkutan dan apabila terdapat kecurangan, tetap akan melaporkan hal tersebut ke atasan
  • c. Melaporkan sesuai data yang anda terima yaitu tidak ada record keterlambatan sama sekali dalam tim tersebut
  • d. Memberitahukan fakta keterlambatan tersebut kepada atasan dan bersedia dikonfrontasi dengan yang bersangkutan


Jawaban yang benar
  • b. Mencari kebenaran dengan konfirmasi langsung ke yang bersangkutan dan apabila terdapat kecurangan, tetap akan melaporkan hal tersebut ke atasan


Karir Guru


Post a Comment for "Soal Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Versi 1 dengan Jawaban"