Soal Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Versi 1 dengan Jawaban
Soal Uji Kompetensi Guru UKKJ |
Soal Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Versi 1
Gurusd.id - Program Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) adalah program yang digunakan untuk melakukan pengukuran dan penilaian terhadap penguasaan kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural bagi pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka menduduki jenjang jabatan setingkat lebih tinggi.
Kunjungi juga:
Uji Kompetensi merupakan proses pengukuran dan penilaian terhadap kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural dari pegawai aparatur sipil negara pada JF Guru, JF Pamong Belajar, JF Pengawas Sekolah dan JF Penilik.
Berikut dibawah ini Soal Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Versi 1 yang kami kutip dari datadikdasmen.com, semoga bermanfaat.
SOAL KENAIKAN JABATAN VERSI 1
1. Penyebab kegagalan guru dalam mengelola pembelajaran mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya tata surya adalah...
- a. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
- b. Guru tidak memulai pembelajaran dengan pengamatan terhadap fakta
- c. Guru tidak menjelaskan terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan
- d. Guru tidak membawa alat peraga yang sesuai dengan kompetensi dasar
Jawaban yang benar
- b. Guru tidak memulai pembelajaran dengan pengamatan terhadap fakta
- d. Guru tidak membawa alat peraga yang sesuai dengan kompetensi dasar
- a. guru tersebut menunjukkan etos kerja tanggung jawab, dan bangga menjadi guru
- b. guru tersebut menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu
- c. guru tersebut menguasai karakter peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, emosional, kultural dan intelektual
- d. guru tersebut mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun terhadap sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
- c. guru tersebut menguasai karakter peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, emosional, kultural dan intelektual
- a. Artikel
- b. Tulisan ilmiah popular
- c. Makalah
- d. Penelitian tindakan Kelas
- c. Makalah
- a. mengidentifikasi, menjelaskan, mempraktikkan sholat jenazah
- b. menjelaskan hukum dan bacaan serta tatacara sholat jenazah
- c. memahami hukum, bacaan dan tata cara sholat jenazah
- d. menjelaskan, menyebutkan, dan mengidentifikasi sholat jenazah
- a. mengidentifikasi, menjelaskan, mempraktikkan sholat jenazah
- a. Guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
- b. Guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional
- c. Guru mengevaluasi kembali rancangan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran yang telah dilakukan guru melalui penerapan beberapa model pembelajaran
- d. Guru melakukan introspeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
- c. Guru mengevaluasi kembali rancangan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran yang telah dilakukan guru melalui penerapan beberapa model pembelajaran
- a. menjelaskan tentang pengertian, jenis, fungsi dan contoh alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
- b. mengenalkan alat ukur dan melakukan pengukuran dasar dengan menggunakan alat ukur yang digunakan dalam kehidupan seharihari
- c. mencatat fungsi dan contoh alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
- d. mendiskusikan pengertian, jenis, fungsi alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
- b. Mengenalkan alat ukur dan melakukan pengukuran dasar dengan menggunakan alat ukur yang digunakan dalam kehidupan seharihari
- a. mampu menciptakan suasana kerja yang menyenangkan, bukan cara-cara yang menakutkan
- b. dilaksanakan secara sistematis berencana dan kontinyu, untuk memperbaiki kinerja kepala sekolah
- c. memberikan support menstimulus guru dan kepala sekolah, sehingga mereka merasa tumbuh bersama
- d. membangun hubungan yang akrab sehingga guru dan kepala sekolah merasa nyaman dalam menjalankan tugasnya
- d. membangun hubungan yang akrab sehingga guru dan kepala sekolah merasanyaman dalam menjalankan tugasnya
- a. siswa diberi tugas jangka panjang dalam bentuk laporan yang dikerjakan berkelompok
- b. siswa berupaya menemukan konsep-konsep terkait materi pokok dengan bimbingan guru
- c. siswa menyelesaikan tugas permasalahan kehidupan terkait materi pokok
- d. siswa memecahkan masalah dengan menjawab pertanyaan diberikan guru
- b. siswa berupaya menemukan konsep-konsep terkait materi pokok dengan bimbingan guru
- a. Uraian kegiatan supervisi, tujuan, indikator keberhasilan, metode/teknik, skenario kegiatan, sumber daya yang digunakan, penilaian dan instrumen, rencana tindak lanjut, keterangan
- b. Uraian kegiatan supervisi, tujuan, indikator keberhasilan, metode/teknik, skenario kegiatan, sumber daya yang digunakan, penilaian dan instrumen, rencana tindak lanjut, nama guru/kepala sekolah
- c. Uraian kegiatan supervisi, tujuan, indikator keberhasilan, metode/teknik, skenario kegiatan, penilaian dan instrumen, rencana tindak lanjut, keterangan
- d. Uraian kegiatan supervisi, tujuan, indikator keberhasilan, metode/teknik, sumber daya yang digunakan, penilaian dan instrumen, rencana tindak lanjut, keterangan
- a. Uraian kegiatan supervisi, tujuan, indikator keberhasilan, metode/teknik, skenario kegiatan, sumber daya yang digunakan, penilaian dan instrumen, rencana tindak lanjut, keterangan
- a. metode mengajar yang digunakan guru
- b. karakteristik bahan ajar / mata pelajaran
- c. waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran
- d. buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran
- a. metode mengajar yang digunakan guru
- b. karakteristik bahan ajar / mata pelajaran
- d. buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran
- a. Saya mudah memberikan apresiasi positif kepada rekan sejawat atas capaian yang diperoleh
- b. Saya akan memberikan apresiasi positif kepada rekan sejawat jika progressnya melebihi target
- c. Saya akan memberikan sekedarnya kepada rekan sejawat, katakan baik jika baik, katakan tidak jika memang tidak
- d. Saya tidak memberikan apresiasi positif kepada rekan sejawat kecuali progressnya luar biasa
- a. Saya mudah memberikan apresiasi positif kepada rekan sejawat atas capaian yang diperoleh
- a. Merasa sulit karena tidak mau memberatkan orang lain atas tugas saya
- b. Jika dalam kondisi benar-benar mendesak maka saya meminta pertolongan kepada teman atau orang lain
- c. Tergantung situasi dan urgensi meminta tolong kepada teman, terkadang tidak jika tidak dibutuhkan
- d. Tidak meminta tolong karena sudah menjadi tanggungjawab saya
- b. Jika dalam kondisi benar-benar mendesak maka saya meminta pertolongan kepada teman atau orang lain
13. Anda sedang membantu seseorang yang berlumuran darah karena jatuh dari motor. Anda memerlukan bantuan orang lain untuk memapahnya ke pinggir jalan. Pada saat itu ada seseorang di dekat Anda. Ia hanya melihat saja tanpa memberikan bantuan karena merasa syok dan tegang yang mengakibatkan dia tidak tahu apa yang harus dilakukan. Apa tindakan yang lakukan ketika menemui situasi tersebut?
- a. Menunggu syoknya sampai reda baru memintanya untuk bantuannya
- b. Menanyakan kepadanya apakah dia mau membantu anda
- c. Meneriakinya agar sesegera mungkin membantu Anda
- d. Menangani masalah sendiri tanpa meminta bantuannya
- d. Menangani masalah sendiri tanpa meminta bantuannya
- 1. Pembelajaran mengutamakan bagian-bagian kecil
- 2. Pembelajaran mementingkan pembentukan stimulus dan respon
- 3. Pengetahuan itu ditemukan sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar mandiri
- 4. Siswa menentukan sendiri apa yang akan dipelajari
- 1 dan 3
- 2 dan 4
- 3 dan 4
- 1 dan 4
- 1 dan 3
- a. Pengembangan diri dan pada orang lain
- b. Mengelola perubahan
- c. Pengambilan keputusan
- d. Kemampuan sosial kultural perekat bangsa
- c. Pengambilan keputusan
- a. Merasa sangat kecewa
- b. Mencoba mencari alternatif usulan lain untuk diajukan kembali
- c. Merasa kecewa, namun berusaha melupakan penolakan tersebut
- d. Berusaha memberi alasan dan pembenaran usulan sampai pada batas keyakinan atasan
- b. Mencoba mencari alternatif usulan lain untuk diajukan kembali
- a. Berkomunikasi terus menerus dengan rekan tersebut dan mencarikan jalan alternatif yang tidak macet
- b. Memikirkan dan bersiap untuk solusi terakhir yaitu menggantikan posisi sebagai presenter
- c. Meminta perpanjangan waktu kepada audience yang sudah hadir dan menginformasikan bahwa presenter akan telat
- d. Menyerahkan keputusan kepada anggota tim lainnya, dan apabila ditunjuk, siap untuk presentasi
- d. Menyerahkan keputusan kepada anggota tim lainnya, dan apabila ditunjuk, siap untuk presentasi
- a. Mengambil keputusan meskipun tanpa petunjuk atasan selama tidak bertentangan dengan kebijakan umum pimpinan.
- b. Tidak berani mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan
- c. Ragu dalam mengambil keputusan terlebih tanpa petunjuk atasan
- d. Mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan karena sudah mendesak
- a. Mengambil keputusan meskipun tanpa petunjuk atasan selama tidak bertentangan dengan kebijakan umum pimpinan.
- a. Memberikan feedback secara langsung kepada atasan karena belum mengetahui SOP terbaru dan meminta agar kesalahan dianulir
- b. Meneruskan persoalan ini ke atasan yang lebih tinggi agar diselesaikan
- c. Menerima konsekuensi dari kesalahan tersebut karena sudah terjadi dan menghindari perdebatan
- d. Tentu keberatan apabila kesalahan dilimpahkan kepada kamu sepenuhnya tersebut karena atasan seharusnya meneruskan informasi tersebut agar kesalahan dapat dihindari
- a. Memberikan feedback secara langsung kepada atasan karena belum mengetahui SOP terbaru dan meminta agar kesalahan dianulir
- a. Memberitahukan kepada atasan bahwa teman yang sering terlambat namun tidak ter-record pada sistem, kemudian menyerahkan analisisnya kepada atasan dan meminta kepada atasannya untuk menutupi identitasnya sebagai pelapor
- b. Mencari kebenaran dengan konfirmasi langsung ke yang bersangkutan dan apabila terdapat kecurangan, tetap akan melaporkan hal tersebut ke atasan
- c. Melaporkan sesuai data yang anda terima yaitu tidak ada record keterlambatan sama sekali dalam tim tersebut
- d. Memberitahukan fakta keterlambatan tersebut kepada atasan dan bersedia dikonfrontasi dengan yang bersangkutan
- b. Mencari kebenaran dengan konfirmasi langsung ke yang bersangkutan dan apabila terdapat kecurangan, tetap akan melaporkan hal tersebut ke atasan
Post a Comment for "Soal Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Versi 1 dengan Jawaban"
Silahkan berkomentar dengan sopan dan santun