Soal Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Versi 2 dengan Jawaban
Uji Kompetensi Jabatan Guru |
Soal Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Versi 2
Gurusd.id - Program Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) adalah program yang digunakan untuk melakukan pengukuran dan penilaian terhadap penguasaan kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural bagi pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka menduduki jenjang jabatan setingkat lebih tinggi.
Kunjungi juga:
Uji Kompetensi merupakan proses pengukuran dan penilaian terhadap kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural dari pegawai aparatur sipil negara pada JF Guru, JF Pamong Belajar, JF Pengawas Sekolah dan JF Penilik.
Berikut dibawah ini Soal Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Versi 2 yang kami kutip dari datadikdasmen.com, semoga bermanfaat.
SOAL KENAIKAN JABATAN VERSI 2
1. Secara semantic, pengawasan diartikan sebagai ….
- a. Pembinaan berupa bimbingan atau tuntunan kearah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya dan peningkatan mutu mengajar dan belajar dan belajar pada khususnya
- b. Suatu program in service education dan usaha memperkembangkan kelompok secara bersama-sama.
- c. Penglihatan dari atas yang merupakan arti kiasan yang menggambarkan suatu posisi yang melihat berkedudukan lebih tinggi daripada yang dilihat.
- d. Usaha dari petugas-petugas sekolah dalam upaya memimpin guru-guru dan petugas lain, dalam memperbaiki pengajaran, termasuk memberikan stimulus, menyeleksi, menumbuhkan jabatan, mengembangkan guru, memperbaiki tujuan pendidikan, bahan-bahan pengajaran, metode dan evaluasi pengajaran.
Jawaban yang benar
- a. Pembinaan berupa bimbingan atau tuntunan ke arah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya dan peningkatan mutu mengajar dan belajar dan belajar pada khususnya.
2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah / Madrasah yang harus dikuasai oleh seorang pengawas pada dimensi kompetensi supervisi manajerial dan akademik adalah ...
- Membina guru dalam pengelolaan pembelajaran (Akademik)
- Menguasai metode, teknik dan prinsip-prinsip supervisi, metode kerja
- Mendorong guru dan kepala sekolah dalam merefleksikan diri dalam melaksanakan tugasnya
- Menyusun Rencana Tindak lanjut
- Menyusun laporan hasil-hasil supervisi dan tindak lanjut
- Memantau pelaksanaan standar nasional pendidikan
- Menyusun program supervisi sekolah
- Menyusun laporan evaluasi pelaksanaan program pengawasan dan bimlat guru dan KS
- Membina kepala sekolah dalam pengelolaan satuan pendidikan (Manajerial)
Jawaban yang benar
- Menguasai metode, teknik dan prinsip-prinsip supervisi, metode kerja
- Menyusun program supervisi sekolah
- Menyusun laporan hasil-hasil supervisi dan tindak lanjut
- Membina kepala sekolah dalam pengelolaan satuan pendidikan (Manajerial)
- Membina guru dalam pengelolaan pembelajaran (Akademik)
- Mendorong guru dan kepala sekolah dalam merefleksikan diri dalam melaksanakan tugasnya
- Memantau pelaksanaan standar nasional pendidikan
- Menyusun laporan evaluasi pelaksanaan program pengawasan dan bimlat guru dan KS
- Menyusun Rencana Tindak lanjut
3. Salah satu ciri seorang guru memiliki kompetensi pedagogik adalah...
- a. guru tersebut menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, dan bangga menjadi guru
- b. guru tersebut menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu
- c. guru tersebut menguasai karakter peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, emosional, kultural dan intelektual
- d. guru tersebut mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun terhadap sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
- c. guru tersebut menguasai karakter peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, emosional, kultural dan intelektual
- a. Pengawasan akademik dan pengawasan manajerial meliputi merencanakan program pengawasan sekolah, menyusun program pembimbingan dan pelatihan profesional guru, menilai, serta melaksanakan kepengawasan pada daerah khusus.
- b. Merencanakan program pengawasan, melaksanakan program pengawasan, mengevaluasi hasil pelaksanaan program, dan melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional guru.
- c. Penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pemantauan pelaksanaan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan, penilaian kinerja, pembimbingan dan pelatihan profesional guru, evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan, dan pelaksanaan tugas kepengawasan di daerah khusus.
- d. Menyusun program pengawasan, melaksanakan program pengawasan, melaksakan evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan, membimbing dan melatih profesional guru, dan mengembangkan profesi.
- c. Penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pemantauan pelaksanaan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan, penilaian kinerja, pembimbingan dan pelatihan profesional guru, evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan, dan pelaksanaan tugas kepengawasan di daerah khusus.
- a. Guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
- b. Guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional
- c. Guru mengevaluasi kembali rancangan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran yang telah dilakukan guru melalui penerapan beberapa model pembelajaran
- d. Guru melakukan introspeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
- c. Guru mengevaluasi kembali rancangan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran yang telah dilakukan guru melalui penerapan beberapa model pembelajaran
- a. Menganalisis program, melaksanakan program, mengevaluasi program dan pelaporan program kepengawasan.
- b. Pelaksanaan program, evaluasi program dan pelaporan program kepengawasan.
- c. Menyusun program pengawasan, melaksanakan program, mengevaluasi program dan pelaporan program kepengawasan.
- d. Menyusun program, mengevaluasi program dan pelaporan program kepengawasan dan tindak lanjut.
- c. Menyusun program pengawasan, melaksanakan program, mengevaluasi program dan pelaporan program kepengawasan.
- a. Mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa
- b. Melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
- c. Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
- d. Memberikan contoh pentingnya bersikap toleran.
Jawaban yang benar
- b. Melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
- Menentukan kriteria keberhasilan belajar
- Mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
- Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
- Merencanakan pengajaran remedial
Jawaban yang benar
- 1. Menentukan kriteria keberhasilan belajar
- 2. Mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
- 4. Merencanakan pengajaran remedial
9. Supervisi adalah kegiatan profesional yang dilakukan oleh pengawas sekolah dalam rangka membantu kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya guna meningkatkan mutu dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Supervisi manajerial menitikberatkan pada pengamatan terhadap aspek-aspek pengelolaan dan administrasi sekolah yang berfungsi sebagai pendukung (supporting) terlaksananya pembelajaran. Dalam supervisi manajerial, pengawas sekolah berperan sebagai kolaborator, asesor, evaluator, dan narasumber secara bersamaan atau bergantian.
- a. Pengawas membina tenaga Tata Usaha dalam menyusun Inventaris barang
- b. Pengawas mendampingi tenaga Administrasi dalam pencatatan penulisan surat masuk dan keluar
- c. Pengawas mendampingi tenaga Perpustakaan dalam menyusun jurnal kegiatan harian di Perpustakaan
- d. Semuanya benar
Jawaban yang benar
- Semuanya benar
10. Karya tulis guru yang berisi ide/gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal yang ada di satuan pendidikannya, dipresentasikan dalam suatu forum ilmiah (di sekolah/ madrasahnya), disebut ...
- a. Artikel
- b. Tulisan ilmiah popular
- c. Makalah atau Makalah Ilmiah
- d. Penelitian tindakan Kelas
- c. Makalah atau Makalah Ilmiah
11. Karya tulis guru yang berisi ide/gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pembelajaran yang ada di kelasnya (di sekolah/ madrasahnya), ditulis dalam Laporan dan didokumentasikan serta disimpan di perpustakaan sekolah disebut ...
- a. Artikel
- b. Tulisan ilmiah popular
- c. Makalah
- d. Penelitian tindakan Kelas
Jawaban yang benar
- Penelitian tindakan Kelas
12. Hasil analisis kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat digunakan guru untuk ...
- a. Mempertahankan kebiasaan mengajar karena sudah lama dan banyak pengalaman
- b. Mengusulkan penyediaan media pembelajaran yang canggih untuk meningkatkan pembelajaran
- c. Merancang ulang rancangan pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti memiliki kelemahan
- d. Melakukan latihan tambahan berupa test untuk para siswa
Jawaban yang benar
- c. Merancang ulang rancangan pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti memiliki kelemahan
13. Perhatikan pernyataan berikut.
- Mengidentifikasi individu atau pihak-pihak yang memahami persoalan dan bisa dimintai pendapat mengenai pengembangan Kurikulum;
- Masing-masing pihak diminta mengajukan pendapat secara tertulis tanpa disertai nama/identitas;
- Mengumpulkan pendapat yang masuk, dan membuat daftar urutan sesuai dengan jumlah orang yang berpendapat yang sama.
- Menyampaikan kembali daftar rumusan pendapat dari berbagai pihak tersebut berdasarkan urutan prioritas.
- Mengumpulkan kembali urutan prioritas dan menyampaikan hasil akhir prioritas keputusan dari seluruh peserta yang dimintai pendapatnya.
Pernyataan di atas merupakan metode pengawasan manajerial yaitu ...
- a. Delphi
- b. Workshop
- c. Share and care
- d. Focus Group Discussion (FGD)
- a. Delphie
14. Berikut ini aspek-aspek yang harus ada dalam format Rencana Pengawasan Akademik untuk pembimbingan dan pelatihan professional guru adalah . . . .
- a. Uraian kegiatan supervisi, tujuan, indikator keberhasilan, metode/teknik, skenario kegiatan, sumber daya yang digunakan, penilaian dan instrumen, rencana tindak lanjut, keterangan.
- b. Uraian kegiatan supervisi, tujuan, indikator keberhasilan, metode/teknik, skenario kegiatan, sumber daya yang digunakan, penilaian dan instrumen, rencana tindak lanjut, nama guru/kepala sekolah
- c. Uraian kegiatan supervisi, tujuan, indikator keberhasilan, metode/teknik, skenario kegiatan, penilaian dan instrumen, rencana tindak lanjut, keterangan
- d. Uraian kegiatan supervisi, tujuan, indikator keberhasilan, metode/teknik, sumber daya yang digunakan, penilaian dan instrumen, rencana tindak lanjut, keterangan
Jawaban yang benar
- a. Uraian kegiatan supervisi, tujuan, indikator keberhasilan, metode/teknik, skenario kegiatan, sumber daya yang digunakan, penilaian dan instrumen, rencana tindak lanjut, keterangan
15. Sasaran dalam kegiatan supervisi manajerial adalah ... *
- a. pengelolaan sekolah meliputi perencanaan, pelaksanaan rencana kerja
- b. Pengawasan dan evaluasi
- c. kepemimpinan dan sistem informasi manajemen
- d. keterlaksanaan 8 Standar Nasional Pendidikan
Jawaban yang benar
- a. pengelolaan sekolah meliputi perencanaan, pelaksanaan rencana kerja
- b. Pengawasan dan evaluasi
- c. kepemimpinan dan sistem informasi manajemen
16. Berikut adalah beberapa tahapan menyusun RPA :
- Kegiatan mana yang belum dilakukan
- Menganalisis hasil evaluasi pelaksanaan program tahun sebelumnya
- temukan beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki bagi peningkatan kualitas
- Simpulkan rekomendasi untuk menyusun program tahun berikutnya
- Kegiatan mana yang sudah dilakukan dan seberapa jauh ketercapaiannya.
Tahapan penyusunan RPA atau RPBK yang benar adalah . .
- a. (2), (5), (1), (3), (4)
- b. (5), (1), (2), (3), (4)
- c. (1), (3), (4), (2), (5)
- d. (3), (4), (2), (5), (1)
Jawaban yang benar
- a. (2), (5), (1), (3), (4)
17. Guru mampu mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. Hal tersebut termasuk kompetensi guru dalam bidang …
- a. pedagogik
- b. sosial
- c. kepribadian
- d. professional
- d. Professional
18. Berikut adalah aktivitas pengawas sekolah dalam supervisi manajerial diantaranya, .... kecuali, ...
- a. membimbing penyusunan dan perumusan berbagai pedoman, panduan, kebijakan atau program sekolah
- b. memonitor, hal-hal yang sudah jelas aturannya
- c. membina, pelaksanaan hal-hal yang perlu inisiatif sekolah
- d. mengevaluasi ketersediaan perangkat keterlaksanaan program
- e. mendampingi penyusunan perangkat pembelajaran guru
Jawaban yang benar
- e. mendampingi penyusunan perangkat pembelajaran guru
19. Prinsip demokratis dalam supervisi manajerial ditunjukkan melalui hubungan kemanusiaan. Perilaku yang menggambarkan prinsip tersebut adalah ….
- a. mampu menciptakan suasana kerja yang menyenangkan, bukan cara-cara yang menakutkan
- b. dilaksanakan secara sistematis berencana dan kontinyu, untuk memperbaiki kinerja kepala sekolah
- c. memberikan support menstimulus guru dan kepala sekolah, sehingga mereka merasa tumbuh bersama
- d. membangun hubungan yang akrab sehingga guru dan kepala sekolah merasa nyaman dalam menjalankan tugasnya
Jawaban yang benar
- d. Membangun hubungan yang akrab sehngga guru dan kepala sekolah nyaman dala mejalankan tugasnya
20. Dalam melaksanakan supervisi manajerial terhadap kepala sekolah binaannya, pengawas harus mempunyai etika dalam berkomunikasi di antaranya ....
- a. mendengarkan pendapat dan menyetujui apa yang disampaikan dan menghormati yang mengajak bicara
- b. mendengarkan dengan sabar, merespons secara positif, mampu memberi solusi dengan tepat
- c. mendengarkan apa yang disampaikan dan menyampaikan pertanyaan untuk menguji pendapatnya
- d. mendengarkan pendapat, menyampaikan katakata penolakan secara tegas mempertimbangkan reaksi
Jawaban yang benar
- b. mendengarkan dengan sabar, merespons secara positif, mampu memberi solusi dengan tepat
SILAHKAN LANJUT KE SOAL VERSI 3 DISINI
Post a Comment for "Soal Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Versi 2 dengan Jawaban"
Silahkan berkomentar dengan sopan dan santun